2 Cara Menghapus Garis Tabel di Word Dengan Mudah

Bagaimana cara menghapus garis tabel di Word? Sebelum mencari tahu, mari kita simak dulu alasan banyak orang menggunakan tabel di halaman Microsoft Word.

Tabel banyak digunakan di Microsoft Word saat kita ingin merinci suatu data. Dengan tabel, batasan-batasan garisnya dapat memperjelas tiap detail data yang ditampilkan. Namun, ada juga yang memilih untuk membuat tabel tanpa garis yang jelas. Untuk itu, kita tetap membutuhkan cell dan bentuk alami tabel itu, meski tanpa garis.

Alasan pengguna Microsoft Word dalam menggunakan tabel tertentu macam-macam. Ada yang ingin agar data yang terpampang di halaman lebih jelas, sehingga kehadiran garis-garis pembatas pada tabel sangat penting. Selain itu, kebijakan perusahaan yang bersangkutan mungkin menginginkan format tabel yang demikian.

Sementara itu, ada yang memilih memakai tabel tanpa garis dengan alasan estetika. Tidak hanya agar tulisan tidak terlihat terlalu penuh dan kaku, fokus pembaca dapat langsung ke tulisan yang ada di dalam tabel. Dengan kata lain, tabel bayangan dirasakan lebih efektif agar data dapat dibaca lebih baik.

Tidak ada yang benar atau salah dalam pemilihan penggunaan tabel. Bila memang lebih nyaman menggunakan tabel dengan garis-garis yang tampak, silakan. Bila memilih tabel tanpa garis-garis pembatas yang terlihat, boleh juga. Pada akhirnya, yang penting adalah data yang dapat terbaca dengan baik.

Dua Cara Menghapus Garis Tabel di Word

Bisakah garis-garis pembatas untuk membuat tabel dihilangkan? Selain itu, menyalin (copy-paste) tabel dari sumber data lain biasanya juga membuat tabel sulit dihapus. Inilah yang membuat banyak orang akhirnya memilih menggunakan tabel tanpa garis pembatas yang tampak sejak awal.

Ternyata, ada cara menghapus garis tabel di Word. Dengan kedua cara di bawah ini, tabel tetap tertata rapi tanpa terkesan terlalu penuh oleh tampaknya garis-garis pembatas.

1. Cara Menghapus Garis Tabel di Word Dengan Memakai Toolbar Borders

Cara ini termasuk yang paling banyak dipakai karena ringkas dan tidak ribet. Cukup gunakan fitur menu yang ada dan mudah dilihat. Pilihan garis yang bisa dihilangkan juga banyak.

Beberapa langkah di bawah ini bisa kita coba untuk menghilangkan garis pembatas tabel:

  1. Tekan dan blok bagian tabel yang ingin dihilangkan. Jika ingin menghilangkan semua garis tabel, blok semua tabel yang ada di halaman Word tersebut.
  2. Tekan menu Design.
  3. Di menu Borders, tekan tanda panah bawah. Muncullah ragam pilihan garis yang dapat diperlihatkan maupun yang dihapus. Garis yang tampil dan tidak dapat terlihat. Misalnya: Bottom Borders atau garis bagian bawah, Top Border atau garis bagian atas, Left Borders untuk garis bagian kiri, dan lain-lain.
  4. Tekan pilihan garis yang ingin kita hilangkan. Contoh: jika ingin melenyapkan garis bagian bawah, maka kita harus klik Bottom Borders. Jika garis bagian kiri yang ingin kita hilangkan, maka tekan Left Borders. Jika garis bagian dalam yang ingin kita hapus, maka klik Inside Borders. Pada contoh gambar di bawah, saya menghilangkan semua garis tabel dengan cara memilih No Border. Cara Menghapus Garis Tabel di Word
  5. Dengan cara ini, kita juga dapat klik kanan untuk bagian tabel yang sudah diblok.
  6. Kemudian klik pilihan Borders. Kita akan melihat banyak pilihan seperti yang sudah disebutkan di nomor tiga.

Silakan baca juga tutorial Cara Menghapus Watermark di Word.

2. Cara Menghapus Garis Tabel di Microsoft Word Dengan Memakai Borders and Shading

Fitur Borders and Shading tidak hanya bisa digunakan untuk menghapus garis tabel di Microsoft Word. Cara ini juga kerap dipakai untuk membentuk format atau melakukan modifikasi pada tabel. Untuk mengaksesnya, silakan klik kanan untuk bagian tabel yang ingin kita ubah. Pilihan garis tabel yang bisa diubah juga sama.

Beginilah caranya:

  1. Sama seperti cara pertama di bagian pertama, tekan dan blok bagian tabel yang ingin dihilangkan. Jika ingin menghilangkan semua garis tabel, blok semua tabel yang ada di halaman Word tersebut.
  2. Klik kanan pada tabel yang diblok, pilih Table Properties, kemudian tekan tombol Borders and Shading.
  3. Untuk memunculkan Borders and Shading bisa juga klik tab Design, kemudian klik tanda panah kebawah pada bagian Borders.
  4. Pilih borders (batasan) yang sesuai dengan settings. Jika ingin menghapus semua garis tabel, tekan pilihan None. Bila bagian dalam tabel yang ingin kita hilangkan, maka klik Box. Namun jika berubah pikiran dan ingin memunculkan kembali semua garis tabel, maka tekan pilihan All. pengaturan tabel melalui border and shading
  5. Bila hanya ingin menghapus garis tertentu pada tabel tersebut, tekan garis yang ada pada bagian preview di samping kanan.
  6. Tekan OK dan perubahan pun akan tersimpan.
  7. Jika tadi melakukan klik kanan untuk membuka Borders and Shading, untuk sekalian menutup kotak dialog, klik OK sekali lagi dan proses perubahan selesai.

Silakan baca juga tutorial Cara Menghapus Halaman di Word.

Nah, inilah dua (2) cara menghapus garis tabel di Word. Keduanya sama-sama tidak ribet dan tidak memakan waktu lama. Sekali lagi, pada akhirnya, semua tergantung kebutuhan kita masing-masing. Bagi yang ingin menghilangkan garis-garis pembatas pada tabel, silakan coba kedua cara di atas. Manakah yang lebih mudah bagi kalian?