Cara Mengubah Word ke PDF di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Sedang membutuhkan panduan untuk mengkonversi dokumen Word menjadi PDF? Berikut ini adalah tutorial praktis cara mengubah word ke PDF di laptop tanpa aplikasi tambahan yang bisa anda coba.

Saya akan menunjukkan cara membuat PDF langsung dari Microsoft Word-nya dan juga menyediakan alternatif jika Aplikasi Microsoft Word yang anda gunakan belum mendukung fitur konversi ke PDF.

Dalam pembuatan tutorial ini, saya menggunakan Microsoft Word 2010 dan 2019. Fitur untuk membuat PDF sudah ada di kedua versi word ini tanpa saya harus menginstall aplikasi atau add on tambahan.

Jika anda menggunakan MS Word versi 2010 ke bawah, kemungkinan belum ada fitur bawaan untuk membuat PDF. Kecuali sudah terinstall aplikasi atau add on tambahan yang berfungsi untuk membuat file PDF.

Cara Mengubah Word ke PDF di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan (Langsung dari Microsoft Word)

Dengan MS Word versi 2010 ke atas, kita bisa membuat PDF setidaknya dengan 3 cara. Yaitu bisa dengan cara Save As, Export, dan Print.

Sebelum mengubah file word menjadi PDF, pastikan di laptop anda sudah terinstall PDF reader agar bisa langsung mengecek hasilnya.

Karena pengaturan default-nya MS Word, setelah berhasil konversi, file PDF nya akan terbuka otomatis di Aplikasi PDF reader. Untuk PDF reader anda bisa menggunakan Adobe Reader atau yang lain. Tetapi kalau tidak ada juga tidak apa-apa, proses konversi akan tetap berhasil.

Mengubah Word ke PDF Melalui Save As

  1. Buka Microsoft Word.
  1. Buka file word yang akan dirubah menjadi pdf.
  1. Klik menu File, pilih Save As. Kemudian klik Browse jika di versi Word yang anda gunakan tidak langsung muncul kotak dialog Save As.
  1. Pada kotak dialog Save As, Save as type pilih PDF. Supaya lebih jelas, lihat gambar di bawah ini.

cara mengubah word ke pdf di laptop 5

  1. Tentukan nama file dan pilih folder yang akan jadi tempat menyimpan hasil file PDF nya. Kalau sudah klik tombol Save.

Mengubah Word ke PDF Melalui Export

  1. Buka Microsoft Word.
  1. Buka file word yang akan dirubah menjadi pdf.
  1. Klik menu File, pilih Export. Kemudian klik Create PDF/XPS Document, dan klik Create PDF/XPS. Supaya lebih jelas lihat gambar berikut.

mengubah word ke pdf dengan tool export

Jika di versi Word yang anda gunakan tidak ada pilihan Export, maka bisa memilih Save & Send > Create PDF/XPS Document > klik tombol Create PDF/XPS seperti di versi Microsoft Word 2010 berikut ini.

membuat pdf dengan word 2010

  1. Tentukan nama file dan pilih folder yang akan jadi tempat menyimpan hasil file PDF nya. Kalau sudah klik tombol Publish.

Mengubah Word ke PDF Melalui Print

  1. Buka Microsoft Word.
  1. Buka file word yang akan dirubah menjadi pdf.
  1. Klik menu File, pilih Print. Kemudian nama printer diganti dengan memilih Microsoft Print to PDF. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

membuat pdf dengan tool print word

  1. Klik tombol Print. Tentukan folder tempat menyimpan hasil pdf nya dan beri nama file, kemudian klik Save.

Cara Mengubah Word ke PDF di Laptop Secara Online

Saat ini banyak sekali situs yang menyediakan layanan atau tool online untuk mengubah file word ke pdf secara gratis. Baik situs-situs yang berbahasa Inggris maupun yang berbahasa Indonesia.

Hampir semua situs yang sudah saya coba, cara penggunaannya cukup mudah. Hanya saja hasil file pdf-nya berbeda-beda kualitasnya. Ada yang kualitasnya bagus dengan ukuran file pdf yang cukup besar dan ada juga yang kualitas hasil pdf nya kurang bagus dengan ukuran file pdf yang kecil.

Dari semua situs yang sudah dicoba, saya lebih suka menggunakan situs ilovepdf.com. Karena hasilnya bagus, penggunaan cukup mudah, iklannya tidak mengganggu, prosesnya cepat, dan selebihnya merasa sreg aja.

Dan berikut ini saya akan mendemokan cara mengubah word ke pdf menggunakan situs ilovepdf.com.

  1. Buka situs https://www.ilovepdf.com/id/word-ke-pdf
  1. Upload file word (Bisa file doc atau docx) dengan cara klik tombol Pilih file Word. Kemudian cari file word di komputer kita dan klik Open.

konversi word ke pdf dengan ilovepdf

  1. Klik tombol Konversi ke PDF di bagian kanan bawah, kemudian tunggu proses konversi sampai selesai.
  1. Jika file PDF hasil konversi tidak otomatis terdownload, klik tombol Unduh PDF.

unduh pdf hasil konversi

Langkah tambahan, jika anda merasa file anda sangat penting dan khawatir tersebar di internet maka bisa langsung menghapus file pdf hasil konversi dengan cara klik ikon tong sampah (lihat gambar di atas). Kemudian klik tombol Hapus filenya sekarang.

Ukuran file PDF hasil konversi word 261 Kb dengan ilovepdf ini adalah 679 Kb. Kualitas teks dan gambar cukup baik.

Alternatif Situs Untuk Konversi Word ke PDF

Selain ilovepdf.com, saya juga sudah mencoba beberapa situs dengan hasil kualitas pdf yang berbeda-beda.

Saya melakukan tes untuk mengubah 1 file word yang sama dengan ukuran 261 Kb. Di dalam file word ini ada teks dan juga gambar. Dan berikut ini adalah hasil convert file word tersebut.

  1. https://smallpdf.com/id/word-ke-pdf. Ukuran file PDF hasil konversi adalah 356 Kb. Kualitas teks dan gambar cukup baik.
  1. https://www.freepdfconvert.com/id/word-ke-pdf. Ukuran file PDF hasil konversi adalah 517 Kb. Kualitas teks dan gambar cukup baik.
  1. https://www.pdf2go.com/id/word-ke-pdf. Cara penggunaan kurang mudah. Bagi yang pertama kali, mungkin akan meraba-raba. Ukuran file PDF hasil konversi adalah 715 Kb. Kualitas teks dan gambar cukup baik.
  1. https://pdfcandy.com/id/word-to-pdf.html. Ukuran file PDF hasil konversi adalah 285 Kb. Kualitas teks dan gambar kurang baik dibandingkan situs lainnya. Tetapi masih ok jika anda membutuhkan ukuran file yang kecil.
  1. https://www.sodapdf.com/id/word-to-pdf/. Ukuran file PDF hasil konversi adalah 541 Kb. Kualitas teks dan gambar cukup baik.
  1. https://pdf.io/id/doc2pdf/. Ukuran file PDF hasil konversi adalah 268 Kb. Kualitas teks dan gambar kurang baik dibandingkan situs lainnya. Tetapi masih ok jika anda membutuhkan ukuran file yang kecil.

Penutup

Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengubah dokumen word ke pdf. Setiap cara tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi silahkan disesuaikan saja dengan kebutuhan dan sumber daya yang anda miliki.

Kalau saya, karena di laptop menggunakan Microsoft Word 2019, jadi kalau ada keperluan untuk mengubah word ke pdf, ya langsung saja dari MS Word-nya. Karena lebih praktis dan aman.

Demikian artikel tutorial kali ini, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.