5 Cara Memasukkan Gambar ke Word dari Komputer atau Internet

Bila Anda mengerjakan proyek tulisan yang harus disertai gambar, tentunya perlu mengetahui cara memasukkan gambar ke word dari komputer ataupun dari internet. Berikut infonya.

Gambar merupakan sebuah cara yang baik untuk mendeskripsikan hasil tulisan yang telah kita buat. Hal ini penting, terutama untuk sebuah karya ilmiah atau jenis-jenis tulisan penting lainnya, demi mengedukasi masyarakat yang belum mengetahui topik pembahasan pada tulisan. Oleh karena itu, Anda, terutama para pelajar dan mahasiswa, perlu tahu cara memasukkan gambar ke word.

Sebenarnya, memasukkan gambar pada sebuah dokumen Microsoft Word sederhana saja. Semua aplikasi Microsoft Office telah dilengkapi fitur yang akan memudahkan penggunanya untuk memasukkan gambar apa pun ke dalam lembar kerja Microsoft Word. Terdapat tiga buah cara yang paling umum dan akan diuraikan pada sub topik: Insert (menyisipkan), Copy + Paste (salin dan tempel), serta Drag and Drop (seret dan letakkan).

1. Cara Memasukkan Gambar ke Word dengan Fitur Bawaan

MS Word telah dilengkapi fitur bawaan yang memudahkan Anda untuk memasukan gambar. Berikut ini tutorialnya:

  1. Buka sebuah dokumen Microsoft Word dahulu sebelum disisipkan gambar.
  2. Pada menu bar, pilih tab Insert (sisipkan) pada Toolbar.
  3. Setelah mengeklik Insert, pilihlah menu Illustrations di mana Anda akan melihat beberapa opsi seperti Pictures, Online Pictures, SmartArt, Shapes, Chart, Screenshots, Icons, serta Clip art (tergantung versi Microsoft Office Word). Klik Pictures saja untuk menyisipkan gambar.
  4. Pada kotak dialog Insert Picture, pilihlah lokasi yang memuat gambar/foto pada kotak direktori (katalog dokumen) di disk komputer.

Jika Anda menggunakan Microsoft Word versi terbaru, setelah klik Pictures, klik This Device atau klik From File… (tergantung versi Word) untuk memilih fail gambar atau pilih Online Pictures… jika Anda akan memerintahkan Word mencari fail gambar di internet.

cara memasukkan gambar ke word

  1. Pada kotak direktori, terdapat ikon tanda panah ke arah bawah, bersebelahan persis tombol Insert, yang bila diklik akan tampil tiga pilihan menu, yaitu:
  • Insert: memasukkan salinan fail gambar ke dokumen Word.
  • Link to File: memasukkan tautan yang menghubungkan dokumen Word pada berkas gambar pilihan Anda. Jika Anda menyunting file gambar tersebut, Anda dapat memperbarui dokumen Microsoft Word guna menampilkan gambar terbaru.
  • Insert and Link: memasukkan salinan gambar ke dalam dokumen Word dan menghubungkan ke gambar asli. Opsi ini merupakan gabungan dari dua opsi di atas, namun bedanya, Anda dapat berbagi fail dokumen dengan orang lain tanpa akan merusak tautan ke fail aslinya.
  1. Selanjutnya, pilih gambar/foto pada kotak direktori untuk dimasukkan ke dalam dokumen Word.

cara insert file gambar ke word

  1. Pilih Insert atau Link to File atau Insert and Link (sesuaikan dengan kebutuhan). Untuk contoh (sering saya gunakan), saya klik tombol Insert dan gambar pun telah berhasil disisipkan. Saat gambar telah berada pada dokumen Microsoft Word, seret dan letakkan gambar di area yang diinginkan.
  2. Gambar ini juga dapat disunting/diedit dengan fitur Word lainnya. Misalnya jika ingin merubah ukuran foto atau gambar tersebut, lakukan klik kanan, pilih Size.

Untuk memunculkan tool edit gambar lainnya, bisa lakukan dobel klik pada gambar, nanti akan muncul menu Format pada Toolbar.

2. Cara Memasukkan Gambar ke Word dengan Copy Paste

Tanpa fitur bawaan Word, terdapat pula alternatif cara memasukkan gambar ke word dari komputer atau internet. Berikut uraiannya.

  1. Temukan gambar yang ingin disalin dari browser, Libraries (pustaka gambar/foto) atau dokumen lainnya.
  2. Klik kanan pada gambar yang hendak disalin, lalu pilih Copy (salin).

Untuk contoh, saya akan mengcopy gambar melalui Windows Explorer seperti gambar di bawah ini.

cara copy paste gambar ke word

Jika akan mengcopy gambar dari internet, Anda bisa langsung melakukan klik kanan pada gambar tersebut, kemudian pilih Copy image seperti gambar di bawah ini.

copy gambar dari internet ke word

  1. Bagi pengguna komputer PC/laptop Mac, tekanlah tombol Control sembari mengeklik gambar, atau klik gambar dengan dua jari pada area track pad
  2. Klik kanan pada area dokumen Word. Klik titik pada dokumen di mana hendak ditambahkan gambar tersebut.
  3. Klik Paste (tempel), kemudian gambar/foto yang disalin akan segera ditambahkan ke dokumen Word, tepat pada titik/area yang Anda klik sebelumnya.

paste gambar di word dari internet

  1. Untuk cara cepat, Anda juga dapat mengambil jalan pintas dengan mengeklik gambar, tahan, lalu tekan Ctrl + C (salin) pada papan tombol dan tekan Ctrl + V (tempel) pada area dokumen Word. Perintah yang digunakan untuk komputer Mac: Command + C (salin) dan Command + V (tempel).

3. Cara Memasukkan Gambar ke Word dengan Drag

memasukan gambar dengan klik tahan geser

  1. Carilah gambar yang hendak ditambahkan ke dokumen Word dalam diska komputer. Bisa melalui Windows Explorer.
  2. Klik dan tahan fail gambar itu.
  3. Seret gambar dan letakkan pada area dokumen Word. Setelah itu, secara otomatis gambar akan ditambahkan tepat pada area dokumen yang diklik.

4. Cara Memasukan Gambar ke Dokumen Word di Perangkat Android

Anda juga dapat menggunakan gawai lainnya (seperti ponsel atau tablet) untuk menyisipkan gambar pada dokumen Word, Excel, atau PowerPoint.

  1. Buka dokumen Word pada gawai Anda.
  2. Ketuk lokasi Anda hendak menambahkan gambar.
  3. Pada tablet Android, ketuk sisipkan, sementara pada ponsel Android, ketuk ikon Edit (sunting), ketuk Home (beranda), kemudian ketuk Insert (sisipkan).
  4. Pada tab Insert, ketuk opsi gambar, dan ketuk foto untuk memilih foto.
  5. Ambil foto itu, lalu tambahkan pada dokumen Word yang terbuka.

5. Cara Memasukan Gambar ke Dokumen Word di Perangkat iOS (iPad dan iPhone)

Sebelum dapat ditambahkan gambar, fail harus dalam kondisi tersimpan di Gallery (galeri) iPad maupun iPhone. Pengguna juga harus mengizinkan akses ke aplikasi Office dari Gallery.

  1. Buka dokumen Word pada gawai, lalu ketuk lokasi di mana Anda ingin menambahkan gambar.
  2. Pada iPad, ketuk Insert (sisipkan), sedangkan pada iPhone, ketuk ikon Edit (sunting), ketuk Home (beranda), lantas ketuk Insert.
  3. Pada tab Insert, ketuk gambar, kemudian arahkan ke lokasi gambar yang dipilih.
  4. Ketuk gambar guna ditambahkan. Tab gambar pun akan muncul.
  5. Ambil foto, kemudian tambahkan pada dokumen Word yang telah terbuka dengan mengetuk area pada dokumen serta mengetuk opsi Insert.

Jika ingin menyimpan dokumen dengan memberi password pada file Word, gunakan cara di artikel Cara Password Dokumen MS Word.

Demikian pembahasan tutorial Microsoft Office mengenai cara memasukkan gambar ke word dari laptop/PC serta perangkat seluler. Silahkan pilih salah satu diantara beberapa cara di atas dan semoga informasi ini dapat bermanfaat serta membantu dalam pengolahan tugas Anda.