3 Cara Membuat Tanda Tangan di Word dengan Rapi

Membubuhkan tanda tangan pada surat atau dokumen berfungsi untuk menunjukkan kepemilikan dokumen tersebut. Biasanya kita akan menandatanganinya langsung di atas kertas, namun bagaimana cara membuat tanda tangan di Word sebagai dokumen digital?

Di jaman modern yang serba digital ini, membubuhkan tanda tangan tidak hanya di di media kertas saja. Tapi seringkali kita diminta untuk menandatangani dokumen digital seperti di Microsoft Word sebagai bukti keaslian suatu surat atau dokumen tertentu.

Untuk membuat tanda tangan di dokumen digital tersebut, kita tidak perlu repot-repot mencetak dokumen tersebut kemudian menandatangani dan memindainya kembali untuk menjadikannya dokumen digital lagi. Cara tersebut memang bisa digunakan, tapi dianggap kurang praktis terlebih untuk mereka yang tidak memiliki mesin printer.

Maka dari itu, alangkah lebih mudah dan praktisnya apabila kita bisa langsung memasukkan tanda tangan kita ke dalam dokumen Microsoft Word tersebut tanpa perlu mencetaknya terlebih dahulu.

Sayangnya, Microsoft Word belum menyediakan fitur untuk membuat tanda tangan yang bisa langsung dibubuhkan ke dalam file. Sampai kini, fitur yang disediakan oleh Microsoft Word hanyalah membuat baris dan kolom tanda tangan saja.

Anda tak perlu khawatir, melalui artikel ini Anda dapat mengetahui seperti apa cara membuat tanda tangan di Word dengan mudah dan praktis. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Cara Membuat Tanda Tangan di Word Menggunakan Foto

Salah satu cara yang mudah dan praktis untuk membubuhkan tanda tangan di Microsoft Word adalah dengan memindahkan foto tanda tangan Anda ke dalam dokumen Word. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah tanda tangan di atas kertas putih.
  2. Foto tanda tangan Anda menggunakan HP, kemudian pindahkan foto tersebut ke laptop atau komputer. Anda dapat menggunakan kabel data, bluetooth, atau dengan mengirim foto tanda tangan ke email pribadi (Untuk menambah referensi, silakan baca Cara Memindahkan File dari Handphone ke Laptop).
  3. Buka dokumen Word yang akan ditandatangani, kemudian letakkan kursor ke area yang akan diletakkan tanda tangan Anda.
  4. Pilih tab ‘Insert’ yang ada di bagian atas, kemudian pilih ‘Pictures’ dan ‘This Device’. Cara Membuat Tanda Tangan di Word
  5. Lakukan crop untuk membuang bagian foto tanda tangan yang tidak diperlukan, contohnya seperti gambar di bawah ini. cara crop tanda tangan di word
  6. Jika ukuran tanda tangan masih terlalu besar, perkecil ukuran foto tanda tangan dengan cara klik kanan pada foto tanda tangan, kemudian pilih Size and Position.
  7. Pada kotak dialog Layout, klik tab Size. Kemudian pada bagian Scale kecilkan angkanya, misalnya menjadi 70%. cara merubah ukuran foto tanda tangan
  8. Klik pada foto tanda tangan yang akan digunakan, kemudian pilih menu ‘Color’ yang ada pada tab Format.
  9. Pada submenu ‘Recolor’, pilih fitur ‘Black and White’ untuk menyamakan warna latar belakang foto tanda tangan dengan warna dokumen Word Anda. cara mengubah warna tanda tangan
  10. Langkah terakhir yakni mengatur posisi dan ukuran tanda tangan Anda. Caranya adalah dengan klik kanan gambar tanda tangan, kemudian pada submenu ‘Wrap Text’, pilih opsi ‘Behind Text’. Jika ukuran masih terlalu besar, sesuaikan ukurannya dengan menarik sudut pada foto tanda tangan Anda. cara meletekan foto dibelakang teks

Menggunakan Remove Background

Cara yang kedua ini hampir mirip dengan cara yang pertama, yaitu dengan foto tanda tangan Anda di atas selembar kertas. Namun perbedaannya saat menggunakan Remove Background, kita dapat menghilangkan latar belakang sehingga tanda tangan akan menjadi file gambar transparan dan mudah diaplikasikan pada dokumen Word. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Remove.bg melalui browser. Anda juga dapat mengunduh aplikasinya di smartphone Anda untuk mempermudah proses menghilangkan background foto tanda tangan Anda. cara membuat tanda tangan dengan remove bg
  2. Pilih ‘Upload’ dan klik foto tanda tangan yang akan dihapus background-nya, kemudian klik ‘Download’. download tanda tangan dari remove bg
  3. Buka dokumen Word yang akan ditandatangani. Kemudian langkah ke-4 dst hampir sama dengan bagian yang sudah dicontohkan di atas.
  4. Pilih ‘Insert’, kemudian pilih menu ‘Pictures’. Lalu pada drop-down menu, pilih ‘This Device’.
  5. Cari file foto tanda tangan yang sudah dihapus background-nya di website Remove.bg pada folder Download, lalu tekan ‘Insert’.
  6. Tanda tangan akan muncul pada dokumen Word.
  7. Atur ukuran tanda tangan sesuai keinginan Anda dengan cara menarik sudut-sudut gambar tanda tangan.
  8. Langkah terakhir, yaitu atur posisi tanda tangan pada dokumen Word. Klik kanan pada gambar tanda tangan, kemudian pilih menu ‘Wrap Text’ disusul dengan pilihan ‘Behind Text’. Hal ini penting dilakukan agar posisi gambar tanda tangan berada di belakang teks.
  9. Bila ingin memindahkan tanda tangan, tahan dan geser (drag and drop) gambar tanda tangan ke posisi yang diinginkan.
  10. Jika ingin merubah warna tanda tangan menjadi hitam dan tebal, klik foto tanda tangan > Format > Correction > kemudian pilih yang warna hitam. cara merubah warna tanda tangan di word

Cara Membuat Tanda Tangan di Word Menggunakan SignWell

Anda dapat mencoba cara berikut ini apabila tidak ada alat tulis di sekitar Anda. Dengan menggunakan SignWell, Anda dapat membuat tanda tangan digital melalui website dengan cara yang sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka SignWell.com melalui browser pada laptop, komputer, atau smartphone.
  2. Sign up menggunakan akun Google Anda. cara membuat tanda tangan dengan signwell
  3. Upload dokumen Word yang akan ditandatangani. Kemudian ceklis I’m the only person signing dan tekan tombol Continue.
  4. Pilih fitur ‘Signature’, kemudian drag and drop pada posisi yang akan diletakkan tanda tangan tersebut.
  5. Pilih ‘Draw’, lalu buatlah tanda tangan sesuai keinginan. Apabila belum sesuai, Anda dapat mengulang tanda tangan tersebut dengan mengklik ‘Clear’. draw tanda tangan di signwell
  6. Apabila sudah selesai, Anda dapat menyimpan dokumen tersebut dengan mengklik tombol ‘Share’ dan pilih opsi ‘PDF Download’. download tanda tangan format pdf

Berikut tadi merupakan 3 cara membuat tanda tangan di Word dengan mudah dan praktis. Dengan ketiga cara itulah Anda bisa menggunakan dokumen digital yang sudah dibubuhi tanda tangan tersebut tanpa harus mencetaknya terlebih dahulu. Sangat praktis bukan? Selamat mencoba!