Cara Membuat Bagan di Word Dengan Rapi dan Menarik

Menggunakan aplikasi pengolah data (word processor) seperti Microsoft Word, Anda tak hanya mampu untuk membuat dokumen seperti laporan, makalah, tabel, namun bisa juga untuk membuat bagan tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Bagaimana cara membuat bagan di Word dengan mudah?

Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara menempatkan bagan dalam dokumen Microsoft Word, ada baiknya untuk mengenal dan memahami macam-macam bagan terlebih dahulu.

Apa Itu Bagan dan Apa Saja Bentuknya?

Bagi Anda yang belum familiar dengan istilah bagan, bagan merupakan representasi grafis dari data yang menunjukkan hubungan dan informasi tertentu. Tujuan dibuatnya bagan yakni untuk menyajikan data dalam bentuk visual agar lebih mudah dipahami.

Terdapat berbagai macam bentuk bagan, seperti diagram pohon, batang, lingkaran, garis, piramida. Namun salah satu jenis bagan yang paling sering dibuat adalah bagan pohon yang dibuat untuk menggambarkan sebuah struktur secara hierarki. Bagan ini disebut dengan bagan pohon karena bentuknya yang menyerupai batang pohon, dengan akarnya berada di paling atas.

Penggunaan bagan pohon ini biasanya dipakai untuk menggambarkan sebuah struktur organisasi seperti OSIS, perusahaan, bahkan dapat digunakan untuk membuat pohon keluarga untuk menampilkan hubungan keluarga berdasarkan garis keturunan.

Maka dari itu, pada artikel ini akan dipaparkan mengenai langkah-langkah untuk membuat bagan untuk struktur organisasi.

Cara Membuat Bagan di Word

Untuk membuat bagan seperti untuk menjelaskan mengenai struktur organisasi atau perusahaan, Anda tidak memerlukan aplikasi ketiga seperti aplikasi desain grafis. Hanya menggunakan Microsoft Word, Anda dapat memanfaatkan sebuah fitur bernama ‘SmartArt’.

Fitur ‘SmartArt’ yang ada pada Microsoft Word merupakan sebuah fitur untuk menyisipkan atau menampilkan bagan atau diagram ke dalam dokumen Word. Bagi Anda yang ingin membuat bagan struktur organisasi, Anda dapat membuatnya menggunakan fitur ‘SmartArt’ ini.

Namun untuk memudahkan Anda membuatnya, Anda dapat menyusun terlebih dahulu seperti apa struktur organisasi yang ingin dibuat, kemudian Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah Membuat Bagan di Word

  1. Buka aplikasi pengolah kata Microsoft Word di laptop atau komputer Anda.
  2. Buka dokumen yang ingin disisipkan bagan. Bila Anda ingin membuatnya di halaman baru, pilih ‘New’ kemudian ‘Blank document’.
  3. Pada bagian menu di atas / Ribbon, klik tab ‘Insert’.
  4. Pada tab ‘Insert’, pilih fitur ‘SmartArt’.
  5. Secara otomatis, jendela fitur ‘SmartArt’ akan terbuka. Pada jendela ini, Anda akan melihat bermacam-macam desain bagan yang bisa pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun karena kali ini akan membuat bagan struktur organisasi, maka pilih ‘Hierarchy’ yang ada di sisi sebelah kiri.
  6. Anda dapat memilih model bagan yang diinginkan, yakni model struktur hirarki yang menurun dari atas ke bawah, atau menyamping yang bisa Anda gunakan untuk memetakan konsep dan ide-ide. Cara Membuat Bagan di Word
  7. Klik ‘OK’ apabila bagan yang dipilih sudah sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.
  8. Bagan akan otomatis muncul di halaman lembar kerja Word Anda.
  9. Pada kotak bertuliskan ‘[Text]’, klik satu kali untuk menuliskan nama atau jabatan dalam struktur organisasi. cara mengganti tulisan text di bagan

Mengedit dan Menambahkan Kotak Dalam Bagan

  1. Untuk menambahkan kotak, Anda dapat memilih tab ‘Design’ yang terletak pada baris menu di atas / Ribbon ‘SmartArt Tools’, kemudian klik ‘Add Shape’. Anda juga dapat mengatur di mana akan menempatkan kotak tersebut. menambah shape setelah bagan
    • Add Shape After: untuk menambahkan kotak baru, yang diletakkan di sebelah kanan kolom.
    • Add Shape Before: untuk menambahkan kotak baru, yang diletakkan di sebelah kiri kolom.
    • Add Shape Above: untuk menambah kolom baru, yang diletakkan di atas kolom.
    • Add Shape Below: untuk menambah kolom baru, yang diletakkan di bawah kolom.
  1. Untuk memberi nama pada kotak yang baru ditambahkan, bisa lakukan klik kanan pada kotak tersebut, kemudian pilih Edit Text.
  2. Untuk mengatur dan memindahkan kotak-kotak tersebut, Anda dapat meng-highlight kursor Anda hingga muncul tanda panah, kemudian drag and drop di kotak tersebut di tempat yang diinginkan.
  3. Anda juga dapat mengganti warna kotak bagan tersebut menjadi warna yang baru. Pada tab ‘Design’ pada baris menu di atas yang bertuliskan ‘Smart Tools’, klik ‘Change Colors’ dan ganti ke warna yang Anda inginkan. Cara Memilih Warna Bagan di Word
  4. Anda juga dapat mengganti font, ukuran font, dan ukuran bagan ke model yang Anda inginkan agar semakin informatif dan menarik. ganti ukuran font bagan word

Membuat Garis Putus-putus Dalam Bagan

Pada bagan struktur organisasi, tak semua garis yang digunakan adalah garis lurus. Garis lurus digunakan apabila posisi seseorang dalam organisasi tersebut dapat memberikan komando / perintah kepada posisi orang yang berada di bawahnya.

Sedangkan garis lainnya yang biasa digunakan dalam bagan struktur organisasi adalah garis putus-putus, yang menandakan bahwa posisi orang yang berada di atasnya artinya tidak langsung memberikan perintah / komando orang yang berada di bawah atau di sampingnya, melainkan hanya memberikan koordinasi saja.

Untuk membuat garis putus-putus dalam bagan yaitu dengan cara:

  1. Klik garis yang ingin Anda ubah menjadi putus-putus. cara membuat garis putus-putus di bagan
  2. Kemudian klik tab ‘Format’ yang terletak pada baris di atas bertuliskan ‘SmartArt Tools’, kemudian pilih garis putus-putus.

Berikut tadi merupakan cara membuat bagan di Word dengan mudah. Anda pun dapat membuat bagan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, baik untuk keperluan perusahaan, perkuliahan, organisasi, dan lain sebagainya. Semoga tulisan ini bermanfaat.