6 Cara Membuat Garis di Word dengan Mudah dan Cepat

Penting bagi kita memahami cara membuat garis di Word supaya kita bisa bereksplorasi dengan desain Microsoft Word. Berikut tipsnya.

Microsoft Word tidak hanya menyediakan lembar kerja untuk membuat teks naratif. Di dalam MS Word, Anda bisa membuat tabel, font judul menarik, dan juga garis serta bentuk. Mempelajari cara membuat garis di Word sangat efektif untuk mengasah kemampuan desain di Word.

Garis  bisa menjadi frame untuk judul dan segmen tulisan lain sehingga lembar kerja Anda pun akan terlihat lebih menarik dan tidak monoton.

Selain itu, garis bisa dipakai untuk memisahkan bab demi bab atau menutup halaman. Berbagai surat resmi selalu memberikan aksen garis baik sebagai frame atau sebagai pembatas antara judul dan isi.

Mari kita pelajari bagaimana membuat berbagai macam garis di Microsoft Word.

Cara Membuat Garis di Word Secara Otomatis

Pada dasarnya, membuat garis di lembar kerja Word tidak sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini:

1. Pilih Insert

Pada bagian menu bar, pilih Insert. Di sana, Anda bisa memilih Shapes untuk mulai membuat garis yang ingin Anda pilih. Ada banyak garis yang bisa dipilih, misalnya garis lurus biasa (shape line), garis lengkung (shape arc), garis dengan panah satu (shape line arrow), atau garis dengan dua panah (shape line arrow double).

Untuk contoh, saya akan memilih garis lurus biasa seperti gambar di bawah ini.

cara membuat garis di word

2. Klik Pada Bentuk yang Diinginkan

Pilih bentuk yang ingin dihadirkan di dalam lembar kerja dengan cara melakukan klik pada area kosong lembar kerja. Bentuk akan muncul pada lembar kerja.

garis lurus yang terbentuk di word

3. Sesuaikan Ukuran dan Arah Garis

Ukuran bentuk dan garis dapat disesuaikan dengan cara menarik ujung-ujung bentuk dari garis tersebut. Tarik ke luar untuk memperbesar keduanya dan tarik ke bagian dalam untuk mengecilkan.

Untuk membuat garis horizontal, Anda bisa menarik garis ke kiri atau ke kanan. Sementara itu, garis vertikal dapat dibuat dengan menarik garis ke bawah.

4. Perhatikan Arah Garis

Terkadang, jika Anda tidak teliti, garis bisa saja menjadi miring. Untuk menghindari hal semacam ini terjadi, Anda bisa memperhatikan arah garis. Bandingkan dengan batas pada lembar kerja untuk melihat apakah garis tersebut sudah lurus atau belum.

5. Tips Ampuh untuk Membuat Garis 100% Lurus

Perhatikan pada bagian Size, Height isi dengan 0 dan Widht isi dengan panjang garis yang diinginkan, misalnya 15. Maka akan terbentuk garis horisontal yang benar-benar lurus dengan panjang 15 cm.

Agar lebih jelas lihat yang saya beri tanda kotak merah pada gambar di bawah ini.

cara membuat garis lurus 100 persen

Jika ingin membentuk garis vertikal yang benar-benar lurus, pada bagian Size pengisiannya dibalik, Height isi dengan panjang garis yang diinginkan dan Widht isi dengan 0.

6. Pilih Warna dan Ketebalan Garis

Untuk mewarnai garis, Anda bisa menggunakan Shape Outline. Garis, baik yang berdiri tunggal maupun sebagai tepian bentuk akan menjadi berwarna.

Untuk menentukan ketebalan garis, pada Shape Outline, pilih Weight. Kemudian pilih ketebalan garis yang diinginkan.

memilih warna dan ketebalan garis

Jika Anda ingin menghilangkan garis atau menghapus garis yang sudah dibuat caranya klik garis yang akan dihapus, kemudian tekan tombol delete pada keyboard. Atau bisa juga klik garis, kemudian klik kanan pilih Cut.

Cara Membuat Garis di Word Secara Manual

Dalam novel misalnya, ada garis yang bertujuan sebagai aksen pemisah. Cara untuk membuat garis di MS Word secara manual ini sangat mudah.

Anda hanya perlu mengetikkan beberapa karakter minus untuk membuat garis putus-putus. Sementara itu, untuk membuat garis yang lurus dan tidak putus-putus, gunakan karakter underscore. Tekan karakter itu di keyboard dan lepaskan jika panjang garis sudah sesuai.

Cara ini bisa membuat Anda lebih mudah mendapatkan garis yang lebih lurus daripada menggunakan fitur Shape. Hanya saja, Anda tidak bisa membuat garis vertikal atau lengkung melalui metode ini.

Cara Membuat Garis Bingkai di Word

Selain garis lurus di dalam lembar kerja, Anda bisa membuat bingkai atau garis kotak yang membuat tulisan Anda semakin manis. Caranya pun mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Mari kita simak di sini.

  • Pilih menu Home, kemudian klik Borders
  • Pilih Border and Shading, atau Anda bisa memilih apakah bingkai yang mau Anda buat hanya terlihat di atas (top border), bawah (bottom border), dan sebagainya

border and shading word

  • Ada banyak gaya bingkai yang bisa dipilih dan juga ketebalan serta seni dari bingkai. Untuk contoh saya melakukan pengaturan seperti gambar di bawah ini

kotak dialog border and shadings

  • Sesuaikan semua pengaturan bingkai dengan kebutuhan. Kalau sudah, Anda bisa menekan tombol atau klik tombol OK. Maka Word akan langsung menampilkan garis bingkai, jadi Anda tak perlu lagi membuat garis manual untuk bingkai dengan cara itu.

Membuat Garis Double atau Ganda

Ada beberapa dokumen dengan garis double, misalnya skripsi atau dokumen perjanjian kerja. Bagaimana cara membuatnya? Berikut cara mudah untuk membuatnya:

  • Pertama-tama, masuk ke sub-menu Shapes, kemudian pilih garis lurus biasa
  • Buat garis lurus sesuai dengan ukuran yang diinginkan dengan cara menarik ke kiri atau ke kanan
  • Klik kanan pada garis yang sudah Anda buat dan Anda akan menemukan beberapa pilihan
  • Klik pada Format Shape, kotak dialog akan keluar
  • Di kotak dialog tersebut Anda bisa memilih Tab Line Style. Jika Anda menggunakan Word versi terbaru, maka langsung lakukan pengaturan pada kotak dialog Format Shape
  • Pada Compound Type, Anda bisa memilih garis ganda sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian pada bagian Widht naikkan angkanya, misalnya menjadi 1,25 pt

cara membuat garis dobel di word

  • Setelah selesai, tutup kotak dialog dan garis ganda pun sudah jadi.

Membuat Garis Pembatas Untuk Kop Surat

Selain sebagai hiasan, fitur shape juga dapat berfungsi dalam membantu proses layouting lembar kerja, salah satunya untuk kop surat.

Garis untuk kop surat harus rapi dan menampilkan kesan profesional. Selain menggunakan cara-cara yang sudah ditunjukkan di atas, Inilah langkah-langkah alternatif membuat garis lurus untuk kop surat:

  • Pilih garis lurus pada sub-menu Shapes
  • Tekan shift, kemudian tarik garis lurus di sepanjang bagian kertas yang diinginkan
  • Luruskan garis dan lepaskan. Garis akan terlihat ideal dan tidak miring.

Trik Cepat Membuat Garis Lurus Horisontal Dengan Keyboard

Untuk membuat garis lurus horisontal dengan cepat, Anda juga bisa tekan tombol keyboard atau mengetik karakter khusus yang ada pada tombol keyboard. Untuk mencobanya, Anda bisa ikuti cara berikut ini.

Pada area kosong Word ketikkan karakter – (karakter min atau minus) sebanyak 3 kali — kemudian enter. Maka akan terbentuk garis tipis horizontal.

Pada area kosong Word ketikkan karakter _ (karakter underscore) sebanyak 3 kali ___ kemudian enter. Maka akan terbentuk garis tebal horizontal.

Pada area kosong Word ketikan karakter = (karakter equal atau sama dengan) sebanyak 3 kali === kemudian enter. Maka akan terbentuk garis dobel horizontal.

Pada area kosong Word ketikkan karakter ~ (karakter tilde) sebanyak 3 kali ~~~ kemudian enter. Maka akan terbentuk garis bergerigi horisontal.

Pada area kosong Word ketikan karakter * (karakter bintang atau asterisk) sebanyak 3 kali *** kemudian enter. Maka akan terbentuk garis putus-putus horisontal.

Pada area kosong Word ketikkan karakter # (karakter sharp) sebanyak 3 kali ### kemudian enter. Maka akan terbentuk garis dobel tebal horisontal.

Bentuk garis yang dihasilkan dengan langkah di atas akan tampak seperti gambar di bawah ini.

membuat garis di word dengan karakter khusus

Untuk menambah referensi, silahkan baca juga tutorial Cara Membuat Tabel di Word dan Cara Mengubah Word ke PDF.

Dengan memahami cara menyisipkan garis atau cara membuat garis di Word, Anda bisa lebih bereksplorasi dalam membuat desain-desain menarik di Microsoft Word. Ini tentu akan sangat berguna dalam pembuatan CV, brosur, buku yang akan diterbitkan, karya ilmiah, dan juga bahan ajar yang menarik.