6 Cara Membuat Background di Word 2010/2013/2016/2019 Dengan Cepat

Temukan enam cara membuat background di Word 2010, 2013, 2016, dan 2019 dengan langkah yang cukup mudah dan simpel. Mulai dari watermark, warna, pola, hingga foto.

Banyak dari kita tentunya sudah cukup familiar dengan Microsoft Word. Aplikasi pengolah kata (word processor) ini menampilkan halaman putih kosong untuk menciptakan dokumen atau tulisan. Nah, untuk membuat halaman polos ini tampak lebih menarik tentunya bisa dilakukan. Setidaknya ada enam cara membuat background di Word yang tersedia.

Mulai dari watermark, warna, hingga gambar custom, bisa menghiasi halaman Word kita. Tertarik untuk mencoba? Simak terus artikel di bawah guna menciptakan dokumen Microsoft Word dengan berbagai background menarik sesuai kebutuhan dan selera kita. Selamat mencoba!

1. Cara Membuat Background di Word Dengan Tulisan atau Watermark

Watermark adalah teks yang muncul di belakang teks MS Word kita. Opsi Watermark pada dokumen bermanfaat sebagai penegasan jenis dokumen, tamper-proofing, penanda sumber atau asal dokumen, dan label hak cipta.

Cara membuat background di Word dalam bentuk tulisan ini cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

cara membuat background di Word dengan watermark

  1. Buka halaman atau dokumen kita di Microsoft Word
  2. Pilih tab menu Design di bagian atas yang terletak di antara Insert dan Layout
  3. Pada bagian kanan atas, ada menu Watermark (ditandai oleh ikon huruf A). Kemudian Klik
  4. Setelah memilih menu Watermark, akan muncul beberapa pilihan
  5. Klik satu dari beberapa pilihan watermark yang tersedia
  6. Setelah memilih, watermark akan secara otomatis muncul di dokumen kita

Watermark yang tersedia di Microsoft Word adalah Confidental, Disclaimer, Urgent/ASAP, dan Do Not Copy (Tergantung versi Word). Masing-masing dari tipe ini memiliki dua hingga empat model yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan dan keinginan. Pilih salah satu dari tipe yang ada.

Jika tidak menemukan fitur Watermark di tab menu Design, coba cek di tab menu Page Layout seperti versi Microsoft Word 2010 berikut ini.

fitur watermark di word 2010

2. Cara Membuat Background di Word Dengan Watermark Tipe Custom

Apabila dari empat tipe di atas tidak ada yang sesuai dengan keinginan, Microsoft Word memberi kita pilihan untuk bisa memasukkan watermark dengan tulisan sesuai dengan yang kita mau.

cara membuat background dengan tulisan sendiri

Ikuti langkah satu hingga empat di atas. Kemudian, klik pada bagian Custom watermark. Pilih bagian Text Watermark dan tulis text di bagian Text sesuai yang kita inginkan. Di kolom Font, kita bisa mengganti jenis huruf. Sedangkan bagian Size memungkinkan kita untuk merubah ukuran huruf.

Kita juga bisa memilih apakah ingin watermark tadi terlihat jelas atau semitransparent. Apabila kita menghendaki watermark yang semitransparent, pilih kotak di bagian samping Semitransparent lalu klik OK.

kotak dialog printed watermark word

3. Cara Membuat Background Warna di Word

Selain menambahkan watermark, kita juga bisa menggunakan warna sebagai latar belakang dokumen kita. Jadi kita bisa mengubah warna background putih bawaan Word dengan warna lain. Caranya pun cukup sederhana. Berikut langkah-langkah untuk memilih warna latar:

cara mewarnai background word

  1. Buka Microsoft Word atau dokumen yang hendak diberi background
  2. Pilih menu Design atau menu Page Layout (tergantung versi Word)
  3. Setelahnya, tekan menu Page Color pada Page Background
  4. Setelah muncul beberapa pilihan warna solid, pilih salah satu. Kita juga bisa menekan opsi More Color untuk menampilkan lebih banyak pilihan warna. Pada contoh gambar di atas, saya memilih latar belakang biru.
  5. Geser kursor hingga mendapatkan warna background yang sesuai. Kemudian klik OK
  6. Halaman putih akan secara otomatis berubah warna sesuai pilihan kita tadi. Selanjutnya tinggal tambahkan teks ke dokumen.

4. Cara Membuat Background Gradasi Dua Warna

Jika cara nomor tiga kita gunakan untuk memberikan background satu warna solid, cara ke empat ini menyajikan latar belakang gradasi dua warna. Untuk mendapatkan efek two colors, ikuti langkah di atas namun pada menu saat memilih warna, klik Fill Effects.

membuat gradasi 2 warna

Begitu muncul kotak dialog Fill Effect, pilih Two Color. Selanjutnya, tentukan dua warna yang akan dipakai pada opsi Color 1 dan Color 2. Kita juga bisa mengatur pattern/pola gradasi dari Horizontal, Vertical, Diagonal up, Diagonal down, From corner dan From center. Terakhir, klik OK.

5. Cara Membuat Background Texture dan Pattern

Untuk menggunakan tekstur sebagai background Word, pilih tab Texture pada kotak dialog Fill Effect. Di menu ini kita bisa memilih beberapa tekstur yang tersedia. Beberapa tekstur yang ada antara lain Papyrus, Canvas, Denim, White Marble, Water Droplet (seperti tanda air), Granite, hingga Recycled paper.

Background Texture dan Pattern Word

Atau, kita bisa memilih ikon Pattern pada kotak dialog Fill Effect untuk pilihan efek pola. Pola yang tersedia pun cukup banyak, dari Plaid, Weave, Solid diamond, Dotted diamond, Small grid, dan Large grid.

6. Cara Membuat Background di Word Dengan Gambar atau Foto

Selain menggunakan beberapa opsi yang disediakan oleh Microsoft Word, cara membuat background di Microsoft Word yang terakhir ini memungkinkan kita untuk menggunakan gambar atau foto.

Langkah yang digunakan pun hampir sama. Pada kotak dialog Fill Effect, klik tab Picture kemudian tekan Select Picture di bagian bawah. Pilih ikon From a File dan buka folder dengan gambar yang akan kita gunakan. Setelahnya, klik Insert dan gambar atau foto tadi otomatis akan menjadi background Word kita.

membuat background di word dengan gambar

Untuk menambah pengetahuan, silahkan baca juga tutorial Cara Membuat Curriculum Vitae di Word dan Cara Membuat PDF dari File Word Tanpa Aplikasi Tambahan.

Demikian tadi enam cara membuat background di Word pada komputer atau laptop. Mulai dari berbagai pilihan watermark, warna, pattern, texture, hingga gambar pribadi bisa menjadikan dokumen kita lebih menarik dan memenuhi kebutuhan kita.