5 Cara Membuat Tabel di Microsoft Word untuk Pemula

Menambahkan tabel di Microsoft Word tidak sesulit yang Anda bayangkan. Berikut adalah lima cara membuat tabel di Microsoft Word untuk pemula.

Membuat tabel di Excel adalah hal yang mudah lantaran Anda hanya perlu mengikuti pola yang sudah tersedia. Namun, bagaimana cara membuat tabel di dokumen Microsoft Word untuk pemula? Kebanyakan orang kurang familiar dengan hal tersebut, karena biasanya, Microsoft Word dipakai untuk mengetik teks berbentuk narasi.

Berurusan dengan fitur Microsoft Word memang sedikit menyusahkan bagi para pemula, terutama yang berhubungan dengan garis dan bentuk. Hanya saja, jika Anda memahami langkah-langkahnya, Microsoft Word akan sangat bermanfaat dalam membantu berbagai jenis pekerjaan.

Ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk membuat tabel di Word. Yuk, segera buka komputer Anda dan mulai buat tabel yang rapi dan mudah untuk dioperasikan

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word dengan Template Otomatis

Anda bisa membuat tabel secara manual dengan bantuan garis, tetapi itu akan memakan waktu lama dan sedikit rumit bagi pemula. Jadi, Anda bisa mempelajari cara untuk membuat template otomatis terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

1. Klik Pada Menu Insert

Lihat bagian atas Microsoft Word Anda, temukan menu Insert yang letaknya berada di sebelah menu Home. Klik pada menu tersebut dan cari sub-menu Table.

2. Buka sub-menu Table

Setelah membuka sub menu dropdown, Anda akan melihat kotak-kotak yang berjejer secara horizontal dan vertikal. Arahkan kursor pada deretan kotak untuk menentukan jumlah kolom dan baris pada tabel.

Misalnya, jika Anda menginginkan sebuah tabel dengan tiga kolom dan empat baris, maka tarik kursor pada tiga kotak secara horizontal dan empat kotak secara vertikal. Tabel akan muncul secara otomatis di lembar kerja Anda.

cara membuat tabel di microsoft word

3. Pilih Desain Tabel

Usai membuat tabel, Anda akan melihat sub-menu Table Design di antara view dan layout. Pilih desain tabel atau gaya tabel sesuai dengan keinginan Anda. Ada berbagai macam warna tabel menarik yang akan membuat lembar kerja Anda menjadi semakin terlihat profesional.

pilihan design tabel word

Cobalah untuk mengubah warna dengan melakukan klik pada menu shading serta memilih pola garis pada tabel layaknya Microsoft Excel melalui sub-menu Borders. Warna pada tabel akan memberikan sentuhan yang menarik di lembar kerja Anda sehingga ia tidak terlihat membosankan.

4. Sesuaikan ukuran tabel

Anda bisa menyesuaikan ukuran tabel dengan menarik garis di pinggir tabel atau bagian ujung tabel. Anda juga bisa mengatur lebar baris dan kolom dengan menarik garis baris atau kolom yang akan dilebarkan.

Setelah itu, ketikkan data dengan klik pada setiap kotak yang berada pada baris dan kolom tabel.

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word Secara Manual

Anda juga bisa membuat tabel secara manual dengan menggambar garis. Proses ini sedikit lebih rumit, tetapi mempermudah Anda dalam menambahkan kolom atau baris baru.

Buka pada sub-menu Table, kemudian pilih Draw Table. Gambar persegi dan tarik garis untuk menyesuaikan ukuran kolom tabel.

draw tabel di microsoft word

Apabila Anda ingin menambahkan kolom baru, Anda bisa mulai menggambar dari garis kolom sebelumnya, membentuk persegi panjang yang baru. Sesuaikan warna kolom dengan klik pada tombol Pen yang ada di bagian kanan atas lembar kerja.

Anda juga bisa mengatur ketebalan pen dengan klik pada gambar garis yang ada di dekat fitur Pen. Begitu mudah bukan berkreasi dengan Microsoft Word?

Dibandingkan dengan tabel otomatis, tabel manual ini memberikan Anda ruang untuk berkreasi. Anda bisa mengatur ukuran kolom atau lebar kolom sesuai keinginan dalam bentuk satuan. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan sistem manual ini sebagai cara untuk menambahkan kolom satuan dari tabel otomatis yang sudah dibuat sebelumnya.

Cara Membuat Tabel di Word Dengan Insert Table

  1. Klik menu Insert, kemudian klik Table dan pilih Insert Table. Lihat pada gambar di bawah, Insert Table terletak di atas Draw Table.

draw tabel di microsoft word

  1. Pada kotak dialog insert table yang muncul, tentukan jumlah kolom dan baris yang diinginkan. Kemudian klik tombol OK.

Untuk contoh, saya ingin jumlah kolomnya 4 dan jumlah barisnya 10, maka saya isi seperti gambar di bawah ini.

kotak dialog insert tabel word

  1. Atur gaya tabel, lebar kolom dan baris seperti yang sudah diuraikan di atas.

Cara Mengubah Teks Menjadi Tabel

Apakah ada data berupa teks naratif yang ingin Anda masukkan ke dalam tabel? Ketimbang menyalin satu per satu, akan lebih menghemat waktu jika Anda menggunakan cara otomatis.

Blok teks yang ingin Anda masukkan ke dalam tabel. Kemudian, klik pada sub-menu tabel dan pilih Convert Text to Table. Atur ukuran tabel, pilih sistem autofit to contents, dan bagaimana teks dipisahkan. Nah, teks naratif pun kini berubah menjadi format tabel.

tool convert text to tabel word

Memasukkan Tabel Excel ke Word Sebagai Objek

Jika Anda sudah telanjur membuat data di tabel Excel, Anda tidak perlu repot-repot membuat tabel baru di Word. Anda bisa mengintegrasikan tabel Excel ke Word dengan cara yang begitu mudah. Seperti ini caranya:

1. Buka File Excel

Buka lembar kerja Excel Anda, kemudian cek data-data yang sudah ditulis di sana. Pastikan bahwa Anda telah memilih frame tabel sesuai keinginan, karena Anda tidak bisa mengubahnya lagi ketika ia sudah masuk ke Microsoft Word. Klik kanan, kemudian pilih Copy.

2. Masuk ke Microsoft Word

Setelah selesai menyalin tabel di Microsoft Excel, kini buka lembar kerja Microsoft Word. Arahkan kursor ke area yang diinginkan, kemudian klik kanan dan pilih Paste. Tabel akan terlihat di lembar kerja Microsoft Word.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu repot-repot membuat tabel manual. Untuk data yang membutuhkan rumus rumit, cara terakhir sangat direkomendasikan karena tabel Microsoft Word tidak dapat memberikan perhitungan dengan rumus rumit layaknya Excel.

Namun, pastikan tabel yang disalin tidak akan direvisi lagi. Anda memang bisa menyunting tulisan yang ada di tabel salinan Microsoft Excel, tetapi Anda tidak bisa menyunting frame dan elemen lainnya.

Tambahan : Cara Menghapus Tabel di Word

  1. Arahkan kursor ke tabel yang mau dihapus sampai muncul tanda + di pojok kiri atas tabel. Agar lebih jelas lihat yang saya beri tanda panah pada gambar di bawah ini.

cara menghapus tabel di word

  1. Lakukan klik kanan persis pada tanda + tersebut. Kemudian pilih Cut.

tool cut tabel di word

Sekarang, Anda sudah tahu bagaimana cara membuat tabel di Microsoft Word untuk pemula. Langkah-langkahnya begitu mudah untuk dipelajari dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Kini, pekerjaan Anda di Microsoft Word pun akan semakin rapi dengan data-data yang lengkap.