3 Cara Menggabungkan Kolom di Word dengan Mudah

MS Word memang software “sejuta umat”, namun ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui cara menggabungkan kolom di word. Simak tips dan triknya di sini.

Sebagai sebuah software yang sudah dikenal khalayak ramai, Microsoft Office, khususnya Word, digunakan oleh banyak orang untuk berbagai keperluan. Dari mulai keperluan sekolah hingga bisnis, Word dapat membantunya. Namun, masih banyak pula yang belum mengetahui cara menggabungkan kolom di word dengan benar.

Tabel di Microsoft Word biasanya digunakan untuk membuat daftar nama dan alamat, jadwal kegiatan, laporan keuangan, rencana pengajaran, dan masih banyak lagi. Salah satu kendala dalam pembuatan tabel adalah kolom/baris tabel yang dibuat terlalu banyak sehingga perlu digabungkan.

Dalam sebagian kasus, penggabungan sel kolom atau sel tabel memang harus dilakukan untuk menyederhanakan tampilan sebuah tabel, menekankan konten yang sama, atau untuk judul maupun sub judul. Perintah Merge Cells menjadi solusinya, terutama jika tabel tersebut terdiri atas baris dan kolom tabel yang berlebihan jumlahnya, sehingga membuatnya terlihat sangat rumit.

Untuk menggabungkan dua buah kolom atau lebih menjadi satu pada sebuah tabel Word, Anda dapat menerapkan kiat-kiat yang akan dibahas dalam artikel ini.

1. Cara Menggabungkan Kolom di Word dengan Table Tools

Pada pembahasan kali ini, acuan yang digunakan adalah Word 2019. Jika MS Word pada komputer Anda belum diperbarui hingga versi tahun 2019, jangan khawatir. Pada dasarnya, prosedur yang dilakukan tetap sama.

Terdapat dua cara umum dan sederhana guna menggabungkan kolom tabel Word. Namun, sebelum mengikuti langkah-langkahnya, persiapkan dahulu sebuah tabel pada sebuah dokumen Word yang terbuka.

Perlu diketahui sebelumnya, untuk membuat sebuah tabel, Anda dapat memilih Insert (sisipkan) pada Toolbar > Tables (tabel) > Table > opsi Insert Table/Draw Table/Excel Spreadsheet/Quick Tables. Lalu, buatlah sebuah tabel berisikan beberapa kolom. Ikuti langkah berikut untuk menggabungkan kolom pada tabel Word.

cara menggabungkan kolom di word

  1. Blok columns (sel kolom) atau rows (sel baris) yang ingin digabung dengan kursor.
  2. Pilih menu Table Tools (alat tabel) yang seketika muncul pada Toolbar, lalu klik Layout (tata letak).
  3. Klik Merge Cells (gabungkan sel) dan saat itu juga beberapa sel dalam tabel yang telah diblok akan menyatu.
  4. Anda dapat memisahkan sel atau membagi sel kolom itu kembali dengan perintah Split Cells (pisahkan sel) yang terletak persis di bawah perintah Merge Cells.

Nah, caranya cukup mudah dan sederhana, bukan?

2. Cara Menggabungkan Sel Kolom Tabel di Word dengan Klik Kanan

Terdapat pula cara alternatif dalam menggabungkan sel kolom di Word. Cara berikut ini lebih mudah lagi! Simak langkah-langkahnya di bawah.

cara menggabungkan kolom tabel di word

  1. Seleksi keseluruhan sel kolom atau sel baris yang hendak digabungkan.
  2. Klik tetikus kanan pada kolom yang telah diblok. Seketika akan muncul sebuah dialog box (kotak dialog).
  3. Pilih Merge Cells. Saat itu juga kolom atau sel yang dipilih akan menyatu.
  4. Jika ingin mengembalikan kondisi kolom seperti semula (unmerge cells), atau memisahkannya kembali, seleksi kolom yang sudah menyatu. Lalu, klik kanan dan pilih Split Cells yang terletak di bawah perintah Delete Rows/Delete Cells pada kotak dialog.
  5. Kolom pada tabel pun kembali terbagi.

Sedikit pengingat, Merge Cells biasanya menyatukan dua kolom atau lebih. Sementara, Split Cells akan membagi cell atau sebuah kolom menjadi sejumlah kolom yang diinginkan (terdapat kotak dialog kecil dengan opsi jumlah kolom/baris yang hendak dibagi).

Jika akan membuat file PDF dari Word, gunakan cara di artikel ini Cara Mengubah Word ke PDF Tanpa Aplikasi Tambahan.

3. Cara Menggabungkan Kolom di Word pada Komputer Mac

Bila Anda menggunakan PC/laptop Mac, kolom pada Word dapat digabungkan ke dalam kolom/baris yang sama, menjadi satu sel. Contohnya, Anda dapat menggabungkan beberapa sel kolom secara horizontal guna membuat judul tabel yang meliputi sejumlah kolom.

  1. Seleksi kolom tabel yang ingin digabungkan.
  2. Jika tabel tak berbatas, sebaiknya munculkan garis kisi. Cukup klik di area mana saja dalam tabel. Kemudian, pada tab Layout (di sebelah tab Design Tables), pilih opsi menampilkan garis kisi.
  3. Lalu, masih pada tab Layout, klik Merge Cells.

Kesimpulan: Cara Mana yang Lebih Mudah?

Jika Anda masih bingung dengan cara menggabungkan kolom di word yang mana lebih praktis dan efisien, tentunya, cara yang kedua. Bagaimana bisa? Berikut ini penjelasannya.

Cara penggabungan sel kolom tabel Word dengan menu Table Tools terkesan lebih canggih dan lengkap. Hanya saja, bagi masyarakat awam hal ini akan sedikit menyulitkan, karena banyak fitur bertebaran pada Toolbar, khususnya Table Tools. Selain itu, fitur Merge Cells pada Table Tools juga akan memakan waktu lebih banyak.

Sementara itu, cara menggabungkan sel kolom tabel Word dengan mengeklik kanan terhadap sel kolom yang telah diseleksi akan lebih memudahkan penggunanya. Dengan klik kanan, kotak dialog akan muncul dengan beberapa opsi sederhana, di antaranya Merge Cells. Cara ini jelas lebih efisien, karena pekerjaan Anda menjadi lebih cepat selesai.

Semoga uraian di atas dapat dipahami dengan mudah dan bermanfaat bagi kita semua.