Cara Mengatur Margin di Word Untuk Skripsi, Makalah, Buku, dll

Bagaimana cara mengatur margin di Word? Berikut adalah tutorial Microsoft Word yang akan menguraikan beberapa cara praktis mengatur margin dan elemen lain hanya dalam waktu singkat.

Memahami pengaturan margin sangat diperlukan agar dokumen di lembar kerja Microsoft Word terlihat lebih rapi dan sesuai dengan keperluan. Namun, sudahkah Anda tahu bagaimana cara mengatur margin di Word? Langkah-langkahnya ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

Mengapa Anda Harus Mengatur Margin?

Margin default Microsoft Word sendiri sebetulnya sudah rapi, tetapi tidak semua pihak mengikuti aturan default dari MS Word.

Setiap dokumen memiliki standar yang berbeda-beda. Makalah atau skripsi, misalnya, biasanya dibuat di halaman kertas A4 dengan jarak sekitar tiga sentimeter ke garis tepi kertas. Sementara itu, novel, biasanya diterbitkan dengan halaman kertas A5.

Pengaturan margin akan memberikan karakteristik khusus terhadap tulisan Anda di Word. Ia akan sangat memudahkan Anda dalam proses cetak kelak.

Selain itu, mengatur margin akan membuat tulisan di Microsoft Word lebih tertata dan enak untuk dibaca.

Jika Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengatur margin di Microsoft Word, pekerjaan Anda pun akan terlihat lebih profesional. Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatur margin di lembar kerja Microsoft Word.

Cara Mengatur Margin di Word dengan Otomatis

Ada dua cara untuk mengatur margin pada Microsoft Word. Pertama adalah cara manual, dan yang kedua adalah cara otomatis. Kita akan membahas cara otomatis terlebih dahulu, karena ia notabene lebih mudah untuk diaplikasikan.

Pertama-tama, klik menu Layout atau Tata Letak. Setelah itu, Anda akan melihat sub-menu Margins. Klik pada sub-menu tersebut dan pop-up pengaturan halaman akan muncul.

cara mengatur margin di word

Microsoft Word memberikan pilihan margin yang tersedia, yaitu default dalam ukuran normal, mirrored, wide untuk margin yang besar, moderate untuk margin standar, dan narrow untuk margin yang sempit.

Anda bisa memilih margin dari beberapa pilihan yang tersedia tersebut untuk halaman Anda, tetapi jika Anda menginginkan margin dengan ukuran tertentu, Anda bisa melakukan kustomisasi margin.

Cara Melakukan Kustomisasi Margin di Word Sesuai Keinginan

Menu custom margin berada di bawah deretan margin default dari MS Word. Anda hanya perlu melakukan klik pada menu tersebut dan akan muncul halaman pengaturan margin custom.

cara mengatur kustom margin di word

Ketikkan lebar margin atau jarak margin sesuai dengan yang Anda inginkan di kolom-kolom Top, Bottom, dan sebagainya. Kolom-kolom itu menentukan margin pada bagian mana yang akan diubah, baik margin atas, bawah, kanan, atau pun kiri.

Satuan ukuran default yang diberikan oleh Microsoft Word adalah sentimeter. Anda bisa mengubah satuan itu dengan mengetikkan satuan lainnya setelah angka, seperti misalnya inci atau milimeter.

Pada halaman pop up tersebut, Anda juga bisa mengatur orientasi halaman. Pilih apakah Anda ingin halaman berbentuk vertikal (portrait) atau horisontal (landscape). Memperhatikan pengaturan orientasi halaman sangat penting untuk menentukan ukuran margin yang tepat.

Berikut ini contoh bagaimana mengatur margin skripsi melalui Custom margins. Margin skripsi biasanya Top 4 cm, Left 4 cm, Bottom 3 cm, Right 3 cm (4-4-3-3) dan ada juga yang Top 4 cm, Left 3 cm, Bottom 3 cm, Right 3 cm (4-3-3-3). Untuk ukuran kertas biasanya A4 dan Orientasi Portrait. Lihat gambar di bawah untuk contoh pengisiannya.

cara mengatur margin skripsi di word

Mengatur Ukuran Lembar Kerja di Word

Pengaturan ukuran lembar kerja adalah elemen yang tidak bisa dilepaskan dalam proses modifikasi margin. Ada berbagai macam ukuran lembar kerja yang disediakan oleh Microsoft Word, seperti ukuran A5, A4, A3, dan juga wide. Semakin kecil angka pada ukuran lembar kerja, maka lembar kerja pun akan semakin besar.

Sebelum mencetak sebuah dokumen, penting untuk menyesuaikan ukuran kertas dan lembar kerja. Pastikan kertas yang digunakan sama ukurannya dengan lembar kerja pada Microsoft Word, agar tidak terjadi kesalahan dalam mencetak seperti misalnya huruf yang hilang pada bagian tepi.

Selain melalui custom margins, untuk menyesuaikan ukuran kertas pada lembar kerja, bisa juga dengan cara klik menu layout. Setelah itu, pilih Size. Anda akan menemukan pop-up berbagai lembar kerja beserta ukurannya dalam sentimeter atau milimeter.

mengatur ukuran kertas di halaman word

Beberapa Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Mengatur Margin

Mengoperasikan Microsoft Word memang terkadang membutuhkan ketelitian. Sayangnya, banyak orang yang kerap melakukan kesalahan minor dalam pengaturan margin yang pada akhirnya berakibat pada lembar kerja yang berantakan. Hindari kesalahan-kesalahan ini dalam melakukan pengaturan atau settings margin Microsoft Word.

Tidak Memperhatikan Penataan Halaman

Setelah mengubah margin, penataan halaman pun menjadi berubah. Ada paragraf yang terlempar ke halaman selanjutnya atau malah naik ke halaman sebelumnya. Agar penataan halaman tidak menjadi janggal, lihat kembali halaman demi halaman dan atur paragraf sesuai dengan kebutuhan.

Kesalahan dalam Menentukan Halaman

Tanpa sengaja, halaman-halaman kerja pada Microsoft Word terbagi ke dalam beberapa bagian alias section. Jika Anda menemui kasus seperti ini, pengaturan margin biasanya hanya berlaku pada section tertentu saja.

Untuk menghilangkan banyak section di dalam file, Anda bisa mengubah tampilan halaman menjadi draft di dalam menu File. Kemudian, temukan garis-garis yang merupakan pemisah alias section break. Hapus garis-garis section break tersebut dengan cara mengarahkan kursor ke sana, kemudian tekan delete.

Silahkan baca juga tutorial Word yang lain mengenai Cara Mengubah Word ke PDF Langsung dari Microsoft Word dan Cara Membuat Curriculum Vitae di Word.

Cara mengatur margin di Word sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama, bukan? Dengan memahami pengaturan margin, maka halaman lembar kerja pun akan menjadi lebih rapi dan lebih mudah dicetak.