6 Cara Membuka Word yang Terkunci Agar Bisa Diedit

Tidak perlu lagi bingung untuk mengedit atau menyalin dokumen MS Word yang diproteksi. Berikut ini kita bagi enam cara membuka word yang terkunci.

Beberapa dari kita mungkin sudah pernah mengalami issue di mana kita mendownload suatu file MS Word untuk keperluan makalah atau skripsi namun terkendala dengan format proteksi “Read Only”. Proteksi tersebut membatasi kita hanya bisa membaca isi tulisan pada Microsoft word. Namun ada beberapa cara membuka word yang terkunci dan pastinya cukup mudah dilakukan.

Karena proteksi “Read Only” tidak memungkinkan kita untuk merubah, menambah, atau bahkan mencopy isi dokumen word, kebanyakan mungkin akan memilih untuk mengetik ulang saat hendak mengutip teks. Tapi bagaimana jika isi tulisan yang akan kita kutip cukup panjang? Akan sangat membuang waktu untuk menulis ulang. Karenanya, ada enam trik jitu bagaimana cara membuka word yang terkunci agar bisa diedit yang akan kita bagi di bawah. Semoga bermanfaat.

1. Mengubah Properti File

Cara pertama yang bisa kita gunakan bisa dibilang merupakan langkah paling sederhana yaitu mengubah property file dari dokumen yang terkunci. Carilah file dokumen terkait kemudian klik kanan. Pilih Properties dari beberapa menu yag muncul.

Setelahnya, pada tab General, klik kotak Read-Only untuk menghilangkan centang. Kemudian pilih tombol Apply dan kita pun sudah bisa melakukan perubahan pada dokumen word tadi.

2. Menonaktifkan “Protected View”

Apabila kita mendapatkan file word yang terkunci dari hasil unduhan, langkah pertama yakni membuka dokumen yang dimaksud. Saat membuka file Microsoft Word tadi, akan muncul pop-up dengan keterangan Protected View. Hal ini untuk menghindari segala macam pengeditan serta menjaga komputer kita dari kemungkinan file yang mengandung virus.

Kita hanya perlu menekan tombol Enable Editing di bar kuning yang terletak di bagian atas dokumen. Setelah mengklik tombol tadi, kita bisa mulai melakukan perubahan atau menyalin isi dokumen.

enable editing dokumen word

3. Menggunakan Notepad atau Wordpad

Cara membuka word yang terkunci kedua ini bisa digunakan untuk MS Word versi berapa saja, dari 2007, 2010, 2013, hingga 2016. Dengan memanfaatkan Aplikasi Wordpad, sebagai software dengan fungsi menulis dan membuat teks, cara ini sangat mudah untuk diaplikasikan.

Buka file Word yang sudah kita unduh dan pilih menu save as. Di bagian bawah File name, ada beberapa pilihan format. Pilih Rich Text Format (.rtf). Setelah memastikan file sudah tersimpan dalam format .rtf, buka kembali dokumen word yang sudah kita simpan tadi lalu klik kanan dan pilih open with wordpad.

cara membuka word yang terkunci

Setelahnya, buka kembali file dengan menggunakan Microsoft word. Secara otomatis kita sudah bisa melakukan perubahan pada dokumen tadi.

4. Menggunakan Google Drive

Untuk bisa menggunakan cara membuka word yang terkunci agar bisa diedit yang satu ini, kita harus memiliki akun gmail untuk login ke google drive. Yang perlu kita lakukan juga cukup sederhana. Pertama, login ke situs Google drive dan pilih upload file di sebelah kiri situs.

Kemudian cari dokumen MS Word yang terkunci tadi dan klik. Setelahnya, tunggu hingga dokumen kita tersimpan secara otomatis pada google drive. Buka kembali file tadi, klik kanan, dan pilih buka dengan google document. Terakhir, unduh kembali file tersebut dengan pilihan download as microsoft word (docx).

cara upload file ke google drive

5. Mengambil Alih Kepemilikan File Pada Windows 7

Mengklaim izin atas suatu file juga bisa kita gunakan sebagai salah satu cara membuka word terkunci. Pertama, cari dokumen yang sudah tersimpan di folder komputer kita, kemudian klik kanan dan pilih Properties. Pilih Tab Security lalu klik Advanced.

Setelahnya, masuk ke tab Owner, lalu klik Edit dan klik OK. Buka kembali Tab “Security” pada “Properties” dan pilih “Edit”. Setelah itu, pilih pengguna yang memerlukan akses penuh pada dokumen dan klik centang kotak “Allow” di sebelah “Full Control”. Langkah terakhir adalah memilih menu “Add” dan ketik nama pengguna. Nanti file word akan bisa terbuka dan bisa diedit.

6. Mengambil Alih Kepemilikan File Pada Windows 8

Pada Windows 8, untuk menonaktifkan proteksi “Read Only” gunakan langkah awal yang sama pada cara di atas. Bedanya, setelah memilih menu “Advanced”, kita langsung ke link “Edit” di sebelah atas. Pilih pengguna yang membutuhkan akses penuh dokumen dan tick mark kotak Replace owner on subcontainers and objects.

Setelah mencetang kotak tersebut, klik “Apply” dan pilih Yes.  Pilih “Change permissions” kemudian “Enable inheritance” lalu “Add”. Berikutnya, klik link “Select a principal” dan ketik nama pengguna yang kita kehendaki. Yang terakhir, pilih “Show advanced permissions” kemudian centang kotak “Full control”.

Untuk menambah referensi, silahkan baca juga artikel Cara Mengubah Word ke PDF Tanpa Aplikasi Tambahan dan Cara Membuat Garis di Word Dengan Cepat.

Cukup mudah bukan mengaplikasikan enam cara membuka word yang terkunci di atas? Dengan langkah-langkah sederhana tadi, file MS Word yang semula hanya bisa kita baca, sudah bisa kita gunakan, kita lakukan perubahan, atau copy. Selamat mencoba!