Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Android

Terjebak situasi harus mengirim foto dalam bentuk PDF? Jangan khawatir, dengan smartphone Android saja! Simak Cara Mengubah Foto ke PDF dengan mudah!

Terkadang saat kita sedang bepergian atau jauh dari PC, kita diharuskan untuk mengirimkan foto dalam bentuk file PDF. Alasannya bisa berbagai macam, tapi biasanya untuk mengurus administrasi, contohnya untuk mengikuti tes CPNS. Tak perlu khawatir karena Anda hanya perlu tahu cara mengubah foto ke PDF di HP Android.

Spesial artikel untuk Anda yang terjebak situasi di atas, berikut Cara Merubah Foto ke PDF hanya dengan menggunakan Handphone Android.

Cara Mengubah Foto ke PDF

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk merubah foto ke PDF. Namun di dalam artikel ini, kami sediakan 3 metode paling efektif. Anda bisa memilih salah satu cara terbaik yang cocok.

1. Cara Mengubah Foto ke PDF Secara Online

Cara Merubah Foto ke PDF ini merupakan yang paling cepat jika Anda membutuhkan pengubah foto ke PDF. Yang Anda butuhkan hanyalah HP Android dan browser di dalamnya. Kemudian ikuti langkah berikut ini:

Cara Mengubah Foto ke PDF

  • buka software browser di Handphone Android Anda seperti Google Chrome
  • Kemudian buka situs pengubah foto ke PDF seperti smallpdf (https://smallpdf.com/id)
  • Dalam situs smallpdf terdapat berbagai cara untuk mengubah pdf menjadi file format lainnya, seperti word, ppt, dan lainnya. Pilih JPG ke PDF.
  • Selanjutnya, unggah foto berbentuk file JPG. Caranya dengan mengklik tombol “Taruh Gambar di sini” dan pilih file.
  • Anda juga bisa mengunggah file foto jpg melalui Google Drive maupun Dropbox. Menariknya, smallpdf ini tidak membatasi batasan ukuran, jadi berapa pun ukuran foto Anda bisa diproses menjadi PDF.
  • Setelah foto terunggah, Anda bisa mengatur ukuran kertas, orientasi pdf dan ukuran margin.
  • Setelah itu, tekan tombol “Buat PDF Anda sekarang” dan tunggu prosesnya.
  • Pilih opsi “Unduh File” untuk menyimpan hasil PDF atau pilih opsi lain seperti “mengirim email” untuk langsung mengirimkan hasil PDF tersebut

 2. Cara Mengubah Foto ke PDF Menggunakan Aplikasi PDF Reader Android

Banyak aplikasi yang tersedia di Play Store untuk mengkonversi foto menjadi PDF. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa merubah foto menjadi PDF hanya dengan beberapa klik saja. Berikut Aplikasi Android yang bisa membantu Anda.

  • JPG to PDF Converter

Aplikasi dari developer Weeny Software ini cukup mudah digunakan. Anda hanya perlu memilih foto dan memilih proses convert. Mudah bukan?

  • Image to PDF Converter

Aplikasi ini cukup sederhana, tampilannya juga mudah dimengerti. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Anda hanya perlu memilih foto yang akan dijadikan pdf dan pencet tombol convert.

  • Convert to JPG to PDF & Scanner

Aplikasi yang ini sedikit berbeda, Anda bisa memilih foto yang akan dijadikan pdf dan mengubahnya secara langsung. Anda juga bisa mengambil foto dokumen menggunakan kamera bawaan HP Android dan langsung mengubahnya menjadi PDF. Ada fitur lain yang bisa dicoba, yaitu menyimpan hasil PDF ke cloud storage.

  • JPG to PDF Converter Free

Aplikasi ini mampu merubah foto menjadi PDF sekaligus mengatur ukuran PDF tersebut. JPG to PDF Converter Free juga mampu mengubah format gambar PNG, GIF, BMP, dan lainnya.

  • JPG To PDF Converter – The AppGuru

Dari developer The AppGuru, aplikasi ini sangat sederhana dan langsung membimbing Anda untuk mengubah format foto JPG, PNG, BMP dan lainnya menjadi format PDF. Anda juga bisa langsung mengubah ukuran serta mengumpulkan beberapa foto sekaligus menjadi 1 PDF.

 3. Cara Mengubah File JPG Menjadi PDF Menggunakan Aplikasi Scanner Android

Cara ini menggunakan aplikasi yang digunakan untuk scan foto menjadi pdf di HP. Beberapa aplikasi scanner android yang bisa digunakan untuk mengubah hasil jepretan foto langsung menjadi PDF adalah camscanner, tiny scan, dan Convert to JPG to PDF & Scanner.

Berikut contoh penggunaan TinyScan:PDF Document scanner untuk membuat hasil jepretan menjadi PDF.

Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Android

  • Pertama, Unduh aplikasi TinyScan:PDF dari Play Store dan jalankan.
  • Kemudian tentukan objek foto yang ingin dijadikan PDF. Misalnya Anda ingin scan ijazah menjadi PDF, Anda bisa langsung menggunakan kamera HP dengan memilih ikon kamera.
  • Selanjutnya, dengan menggunakan kamera HP, foto ijazah Anda. Aplikasi ini akan secara otomatis merubah foto yang Anda ambil menjadi PDF.
  • Anda juga bisa merubah foto yang ada di galeri hp dengan menekan ikon gambar. Selanjutnya pilih foto yang ingin Anda ubah menjadi PDF.
  • Setelah itu, Anda bisa mengubah ukuran kertas, memotong foto agar sesuai dan memberikan nama pada PDF.

Menggunakan 3 metode di atas, Anda bisa merubah foto yang ada di galeri HP Android maupun foto yang Anda ambil menggunakan kamera bawaan menjadi PDF.  Jika Anda sudah yakin dengan salah satu metode, silahkan dicoba Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Android yang Anda miliki. Semoga berhasil dan semoga tutorialnya bermanfaat!