5 Cara Scan Barcode Google Map di Android, iPhone & Chrome

Dalam artikel ini saya akan menunjukkan cara scan barcode Google Map di Android, iPhone, dan browser Google Chrome.

Barcode atau kode QR yang berisi lokasi di Google Map saat ini banyak dijumpai di kartu undangan pernikahan. Bahkan undangan acara-acara resmi lainnya juga ada yang sudah menggunakan QR Code atau barcode Google Map.

Orang-orang memilih menampilkan barcode Google Map untuk menunjukkan lokasi acara atau alamat di Google Maps karena Google Maps bisa menunjukkan lokasi lebih akurat dan detil dibanding denah lokasi, bahkan bisa memandu pengguna sampai tiba di lokasi tujuan. Jadi tamu undangan tidak akan kesulitan mencari alamat.

Kalau ada yang baru pertama kali melihat barcode di kartu undangan cetak atau kartu undangan digital dan belum tahu bagaimana cara men-scan-nya, tidak perlu khawatir karena caranya cukup mudah.

Ada beberapa alternatif cara yang bisa digunakan untuk scan barcode atau QR Code. Tetapi sebelum ke detail tutorial, silakan simak apa saja yang akan saya bahas dalam daftar isi berikut ini.

Sekarang mari kita mulai dengan cara scan kode batang atau barcode yang pertama berikut ini.

A. Cara Scan Barcode Google Map di Android dengan Aplikasi Google Lens

Google Lens bisa digunakan untuk mengidentifikasi hewan dan tumbuhan, menjelejahi tempat di sekitar Anda, memindai dan menerjemahkan teks, memindai QR Code dan kode batang, dan masih banyak kegunaan yang lainnya.

Google Lens merupakan aplikasi bawaan Android. Jadi Anda tidak perlu install aplikasi lagi untuk bisa menggunakannya. Kecuali Anda menggunakan Android versi lama, kemungkinan fitur Google Lens belum ditanamkan.

Untuk membuka Google Lens, bisa melalui Google Assistant. Jika pada Google Assistant ikon Google Lens tidak muncul, berarti versi Android yang digunakan belum mendukung. Solusinya install Aplikasi Google Lens melalui Play Store dan gunakan sebagai aplikasi yang berdiri sendiri tanpa harus akses Google Assistant.

Untuk menggunakan Google Lens, smartphone Android Anda harus terkoneksi dengan internet. Aplikasi ini bisa scan Code QR ataupun barcode dalam bentuk fisik (hasil print) dan digital.

Adapun cara scan barcode Google Map di Android dengan Aplikasi Google Lens adalah sebagai berikut.

  1. Tekan tombol Home beberapa detik.
  2. Klik ikon Google Lens.
  3. Geser slider menu ke Telusuri.
  4. Arahkan kamera HP ke barcode, kemudian Tap atau ketuk link lokasi yang terpindai.
  5. Pilih Aplikasi Google Maps.
  6. Pilih hanya sekali. Mau pilih Selalu juga bisa.

Gambaran scan Code QR atau barcode maps dengan Aplikasi Google Lens sesuai langkah-langkah di atas seperti gambar di bawah ini.

Cara Scan Barcode Google Map pake Google Lens

B. Cara Scan Barcode di Android dengan QR Code Generator & Scanner

Aplikasi QR Code Generator & Scanner bisa digunakan untuk membuat QR Code atau barcode generator dan juga scan QR kode. Baik QR Code dalam bentuk fisik (hasil print) maupun digital bisa di scan dengan aplikasi di android ini.

Adapun contoh cara scan barcode Google Map dengan QR Code Generator & Scanner adalah sebagai berikut.

  1. Instal Aplikasi QR Code Generator & Scanner melalui Play Store.
  2. Buka Aplikasi QR Code Generator & Scanner.
  3. Tap tombol SCAN, kemudian arahkan kamera HP ke QR Code yang akan di scan.
  4. Hasil scan akan langsung ditampilkan. Selanjutnya tap tombol COPY dan lakukan paste di browser.

Gambaran melakukan scan dengan tangkapan kamera pada Aplikasi QR Code Generator & Scanner seperti gambar berikut.

scan qr code di android

Jika akan melakukan scan QR kode dalam bentuk gambar digital, pilih tombol UPLOAD QRCODE IMAGE.

C. Cara Scan Barcode di Android dengan QR & Barcode Scanner

Kelebihan yang menonjol dari Aplikasi QR & Barcode Scanner adalah bisa melakukan scan QR Code atau barcode lebih cepat dibandingankan dengan aplikasi barcode scanner lain.

Untuk fungsi juga cukup lengkap. Selain sebagai aplikasi barcode generator yang bisa digunakan untuk membuat barcode, dia juga bisa untuk scan QR kode baik dalam bentuk fisik maupun digital.

Untuk contoh cara menggunakannya seperti di bawah ini.

  1. Install Aplikasi QR & Barcode Scanner dari Gamma Play melalui Play Store.
  2. Buka Aplikasi, kalau ada permintaan Izinkan QR & Barcode Scanner mengambil gambar dan merekam video? Tap IZINKAN.
  3. Arahkan kamera pada barcode atau QR Code.
  4. Aplikasi akan melakukan scan dengan sangat cepat tanpa perlu menekan tombol apapun.
  5. Tap Buka browser, kemudian pilih mau membuka link lokasi dengan Google Maps atau Google Chrome.

Gambaran scan QR Code Google Maps di HP dan hasilnya tampak seperti gambar di bawah ini.

cara scan dengan qr dan barcode scanner

D. Cara Scan Barcode Google Maps di iPhone

Sebagian besar perangkat iOS termasuk iPhone, kamera bawaannya sudah bisa melakukan scan Code QR ataupun barcode.

Silakan coba arahkan kamera iPhone Anda ke barcode Google Maps selama beberapa detik. Jika bisa terbaca, maka versi iOS di iPhone Anda berarti memang sudah bisa men-scan QR Code.

Untuk iOS versi lama, kemungkinan aplikasi kamera bawaannya belum bisa digunakan untuk scan kode QR ataupun barcode. Tetapi jangan khawatir di App Store banyak aplikasi untuk scan QR Code atau barcode yang bisa digunakan.

Beberapa aplikasi di App Store yang bisa digunakan untuk scan Code QR ataupun barcode diantaranya adalah QR Reader for iPhone, QR Code & Barcode Scanner -PRO, Quick Scan – QR Code Reader, dan QR Code Scanner – QrScan.

E. Cara Scan Barcode di Chrome atau Browser Lain

Jika Anda ingin scan QR Code ataupun barcode dengan browser Google Chrome ataupun browser lain, hal tersebut bisa dilakukan. Banyak situs yang menyediakan aplikasi secara online untuk scan Code QR atau barcode.

Diantara beberapa situs yang sudah saya coba, saya tertarik dan memilih situs webqr.com. Karena selain cara penggunaannya mudah, dia bisa digunakan untuk scan kode QR dalam bentuk fisik dan juga digital.

Adapun contoh cara scan barcode di chrome dengan webqr.com adalah sebagai berikut.

  1. Buka situs https://webqr.com/.
  1. Jika Anda akan men-scan QR Code dalam format digital, klik ikon kamera (1). Kemudian klik tombol Choose File (2) dan upload gambar QR Code. Setelah diupload, hasil QR Code akan otomatis ditampilkan (3).

Cara Scan Barcode di Chrome

Catatan:

Link lokasi hasil scan QR Code bisa langsung anda klik atau jika tidak bisa diklik, lakukan blok link lokasi dan copy, kemudian paste pada tab baru Google Chrome.

  1. Jika Anda akan men-scan QR Code dalam format fisik, klik ikon video (1). Apabila muncul permintaan untuk menggunakan kamera laptop, klik tombol Allow atau Ijinkan (2). Kemudian arahkan QR Code ke kamera laptop (3), maka hasil scan akan langsung ditampilkan di bagian bawah (4).

scan barcode dengan webqr com

Catatan:

Jika hasil scan link lokasi seperti gambar di atas (4) yang terdiri dari alamat lengkap dan alamat link, copy hanya alamat link-nya saja. Kemudian paste link pada tab baru Google Chrome.

Cara Scan Kode QR atau Barcode Pada Google Map, Apakah Bisa?

Sampai saat ini, di Aplikasi Google Maps belum ada fitur yang berfungsi untuk scan kode QR ataupun barcode. Baik itu Google Map untuk versi PC maupun smartphone.

Jadi Anda tidak bisa scan barcode lokasi Google Map dengan Aplikasi Google Maps.

Google punya aplikasi lain yang bernama Google Lens. Seperti yang sudah saya uraikan di bagian atas, Google Lens sangat bisa digunakan untuk scan berbagai jenis barcode ataupun QR Code.

Jika Anda bertanya ke tim support produk Google, bagaimana cara scan QR Code dengan Aplikasi Google Maps? Kemungkinan jawabannya tidak bisa dan Anda akan direkomendasikan untuk menggunakan Google Lens.

Cara Scan Kode QR atau Barcode Google Maps Tanpa Aplikasi Tambahan, Apakah bisa?

Seperti yang saya sampaikan di atas, saat ini Google Maps tidak bisa digunakan untuk scan kode QR. Jadi kita membutuhkan aplikasi lain untuk bisa scan Code QR.

Tetapi bagi Anda pengguna smartphone tertentu, masih bisa scan Code QR ataupun barcode lokasi tanpa install aplikasi tambahan.

Sebagian smartphone Android dan iOS sudah ada yang dilengkapi dengan kemampuan untuk scan Code QR ataupun barcode pada aplikasi kamera bawaannya.

Atau bagi Anda pengguna Android yang tidak ingin install aplikasi tambahan untuk scan QR Code, bisa menggunakan aplikasi bawaan dari Android. Yaitu Google Lens yang cara penggunaannya untuk scan kode QR ataupun barcode sudah saya contohkan di atas.

Jika ingin membuat barcode lokasi atau kode QR, ikuti tutorialnya di artikel Cara Membuat QR Code Google Map.

Demikian artikel cara scan barcode lokasi di Google Map yang bisa saya bagikan kali ini. Silakan dicoba salah satu atau semua tutorial di atas dan semoga bermanfaat untuk mencari lokasi yang Anda tuju.