3 Cara Membuat Mind Map di Word yang Menarik dan Simpel

Tidak perlu mengunduh software khusus untuk memetakan ide atau konsep karena kita akan membagikan cara membuat mind map di Word yang cukup menarik dan sederhana.

Dewasa ini cukup banyak program atau software yang memberi kemudahan untuk menciptakan visual mind map. Namun, tanpa mengunduh software-software tadi, kita bisa menggunakan salah satu program Microsoft Office yakni Microsoft Word. Berikut ini cara membuat mind map di Word yang bisa dengan mudah kita aplikasikan.

Apa Itu Mind Map

Sebelum kita mempelajari cara membuat mind map di Microsoft Word, ada baiknya kita tahu apa itu mind map. Kebanyakan dari kita pastinya sudah paham bagaimana sulitnya mengembangkan suatu ide dan menghubungkan konsep-konsep kunci dari ide yang kita punya. Disinilah mind map berperan penting.

Selain digunakan untuk memetakan konsep, mind map juga sering kali digunakan pengajar atau pelajar guna memahami dan mengingat lebih mudah sebuah materi. Mind map membantu kita untuk memahami dan memikirkan konsep karena sistem ini memaksa otak kanan dan otak kiri saling bekerja sama.

Mind map sendiri divisualisasikan dalam bentuk cabang-cabang dari beberapa bagan. Cabang-cabang ini adalah pengembangan dari satu kata kunci/keyword.

4 Manfaat Mind Map

Untuk lebih memahami metode yang dipopulerkan oleh Tony Buzan ini, berikut adalah empat manfaat mind map:

  1. Memudahkan kita mencari dan mengumpulkan hal-hal penting dari sebuah gagasan maupun ide.
  2. Melatih otak menyusun, memilah, dan mengelompokkan informasi. Karena mind map melibatkan visualisasi dan imajinasi, gambaran ini akan bertahan lebih lama di otak kita.
  3. Sebagai metode yang unik, mind map membuat proses belajar atau pemetaan konsep menjadi lebih menyenangkan.
  4. Memudahkan kita memahami dan menguasai suatu materi atau ide.

Cara Membuat Mind Map di Word Dengan Mendesain Sendiri

Kita bisa memanfaatkan Word untuk menciptakan mind map. Berikut langkah-langkah mudah cara membuat mind map di Word:

  1. Buka halaman kosong di Word.
  2. Saat pertama kali membuka Word, blank document yang muncul pasti berbentuk portrait. Karenanya, ubah terlebih dahulu tampilan menjadi landscape di ikon Orientation.
  3. Buatlah ide pokok di tengah dokumen dengan cara insert shape. Klik ikon Insert diikuti dengan Shape. Disana akan banyak pilihan bentuk dari persegi, oval, hingga lingkaran untuk kita gunakan.
  4. Pilih shape. Setelah memilih shape sesuai kebutuhan, misalkan lingkaran, lingkaran ini secara otomatis akan mengisi halaman dokumen kita. Kita bisa menggerakkan dan mengubah ukuran lingkaran tadi dengan menggunakan mouse dan mengaturnya secara manual.
  5. Jika shape atau lingkaran untuk ide pokok kita sudah tepat berada di tengah dokumen, klik kanan gambar tadi dan pilih Add text.
  6. Ketik kata kunci/keyword pada gambar .
  7. Selanjutnya, buatlah lingkaran baru di samping lingkaran yang pertama dan hubungkan keduanya dengan garis. Garis penghubung kita ambil di menu insert shape juga. Pilih Line.
  8. Buat beberapa shape atau lingkaran baru sesuai dengan kebutuhan ide atau konsep pendukung yang muncul.
  9. Jangan lupa untuk menghubungkan kata kunci dan ide pendukung dengan garis.
  10. Agar mind map tampak lebih kreatif dan menarik, kita juga bisa menambahkan icon. Icon yang tersedia ada pada menu Insert kemudian Icon.
  11. Langkah terakhir, jangan lupa untuk save mind map tadi pada menu File >> Save as.

Langkah-langkah di atas hanyalah contoh, tidak harus seperti itu, karena mendesain template sendiri pada dasarnya bebas sesuai keinginan.

Perlu disadari kalau mendesain template Mind Map sendiri sangat membutuhkan kreativitas dan kesabaran. Tetapi kelebihannya, tentu bebas berkreasi membuat mind map dengan bentuk apapun.

Cara Membuat Mind Map di Word dengan SmartArt

Selain memanfaatkan fitur shape, kita juga bisa memakai SmartArt di menu Insert. Langkahnya pun cukup simple.

  1. Klik menu Insert kemudian SmartArt.
  1. Anda bebas memilih bentuk SmartArt Graphic sesuai keinginan. Untuk contoh, saya memilih Relationship, lalu memilih Radial Cluster dan klik tombol Ok.

cara membuat mind map di word

  1. Bagan atau peta konsep kita akan secara otomatis muncul di halaman Word.
  1. Untuk menambahkan text, klik bagan langsung ketik text yang dikehendaki.
  1. Apabila bagan pada template dirasa kurang untuk ide pendukung, kita bisa menambahkan dengan cara klik “Add Shape” pada tab “SmartArt Tools Design”. Kemudian pilih letak kolom tambahan tersebut.
  1. Untuk memberi warna shape dengan beberapa warna berbeda, masuk ke menu Change Colors.

Contoh hasil edit template Radial Cluster yang saya lakukan, tampak seperti gambar di bawah ini.

mind map di word dengan smart art

Untuk menambah referensi penggunaan tools SmartArt di Word, silahkan baca juga tutorial Cara Membuat Struktur Organisasi di Word.

Cara Membuat Mind Map di Word dengan Template Hasil Download

Di internet ada beberapa situs yang menyediakan template mind map dengan format Microsoft Word. Sebagian ada yang berbayar dan sebagian lagi ada yang gratis.

Saya sudah mencoba membuka beberapa situs dan memutuskan memilih situs template.net karena menyediakan template gratis dan template-template nya terlihat menarik.

Berikut ini saya contohkan cara mendapatkan template mind map gratis dari situs template.net.

  1. Buka situs https://www.template.net/. Kemudian buat akun sesuai prosedur dari situs template.net.
  1. Kalau akunnya sudah jadi, login ke situs template.net. Kemudian pada kotak pencarian situs ketikkan Free Mind Map, kemudian enter. Pilih salah satu dengan cara mengklik template yang diinginkan.

download template mind map

  1. Klik tombol Download Now, kemudian klik tombol Free Download. Pilih opsi Download in MS Word dan klik tombol Continue Dwonloading.
  1. File hasil download dalam format zip, jadi extract dulu file hasil download menggunakan software WinRAR atau WinZIP atau jika menggunakan Windows 10, bisa langsung klik kanan, pilih Extract All.
  1. Buka file template dengan Microsoft Word. Kemudian edit teks, gambar, dan elemen lain sesuai kebutuhan.

Berikut ini contoh template Book Summary Mind Map yang sudah dibuka di Microsoft Word.

template mind map ringkasan buku

Dan di bawah adalah contoh template Marketing Mind Map yang juga sudah di dibuka di Word.

template marketing mind map dalam word

Jika ingin mengubah hasil mind map menjadi file PDF, gunakan cara di artikel ini Cara Mengubah Word ke PDF Langsung dari Microsoft Word.

Tips Membuat Mind Map Tampak Menarik

Karena pada dasarnya mind map terdiri dari beberapa bentuk dengan tulisan di dalamnya dan garis sebagai penghubung, pastinya tampak cukup membosankan. Dengan menambahkan beberapa warna dan ikon, mind map bisa lebih mudah dipahami dan diingat.

Terutama bagi yang mendisain template sendiri, berikut ini beberapa tips cara membuat mind mapping di Microsoft Word tampak lebih menarik.

  1. Pastikan keyword atau ide utama berada di center atau pusat.
  2. Beri warna pada bentuk dan garis yang kita buat dan kelompokkan konsep yang berkaitan dengan warna yang sama.
  3. Tambahkan warna atau ikon pada menu Insert Picture atau Clip Art agar mind map tampak lebih menyenangkan.
  4. Akan lebih baik jika kita memetakan konsep terlebih dahulu di kertas buram sebelum membuatnya dengan cantik di Microsoft Word.

Itu tadi penjelasan tentang mind map dan beberapa manfaat menggunakan metode mind mapping ini serta cara membuat mind map di Word yang tentunya menarik dan simple. Libatkan kreativitas kita untuk menciptakan mind map yang unik.