Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word dengan Mudah

Mengatur ukuran kertas dalam word sebaiknya dilakukan sebelum anda mulai mengerjakan berkas atau mengetik dokumen. Berikut adalah cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word dengan mudah.

Microsoft Word adalah aplikasi pilihan utama bagi pelajar, karyawan dan lapisan masyarakat lainnya apabila ingin mengolah kata secara digital. Aplikasi pengolah kata ini dapat digunakan untuk berbagai aktifitas seperti membuat surat, berkas resmi, dan yang lainnya.

Dalam membuat suatu berkas, tidak jarang dalam pengerjaannya ada ketentuan-ketentuan untuk mengerjakannya pada ukuran kertas tertentu. Seperti dalam pembuatan skripsi harus menggunakan kertas A4 dengan margin berkas atas 4 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm, dan bawah 3 cm. Dalam mengatur ukuran kertas lembar kerja Microsoft Word, lebih baik dilakukan pertama kali sebelum mengerjakan berkas karena akan mempengaruhi hasil cetaknya.

Artikel ini akan membahas tentang cara mengatur ukuran kertas Microsoft Word. Hal ini mungkin terlihat kurang penting. Namun sebenarnya krusial, karena apabila tidak dilakukan maka anda akan kesulitan pada saat mencetak dokumen atau berkas anda ditolak karena tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Berikut adalah cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word.

Langkah-Langkah Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word

1. Buat Berkas (Jika belum)

Pertama, buatlah sebuah berkas dengan Microsoft Word. Tekan CTRL + S untuk langsung menyimpan dan menamai berkas tersebut. Saat menyimpan berkas tersebut, pada kolom “Save as Type” pilihlah Word 97 – 2003 Document. Jenis berkas ini dapat dibuka oleh semua versi Microsoft Word tanpa ada kerusakan atau error terhadap isi berkasnya.

Contoh kerusakan yang biasa terjadi adalah isi berkas yang berubah dengan sendirinya menjadi tidak rapi. Hal ini biasa terjadi saat anda ingin mencetak berkas anda di warung internet, dan disana versi Microsoft Word-nya berbeda dengan yang anda miliki. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi jika sudah save as Word 97-2003.

2. Mengatur Ukuran Kertas

Kedua, ada beberapa cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word tergantung versi Microsoft Word yang anda miliki. Jika anda menggunakan versi 2016 atau 2019, klik menu Layout pada menu bar yang terletak diatas. Jika menggunakan versi 2010, klik menu Page Layout. Jika menggunakan versi 2007, klik pada tulisan Page Setup. Pada kolom tersebut anda bisa klik Size.

Setelah itu selebihnya sama, muncullah berbagai plihan ukuran kertas di MS Word seperti, letter, tabloid, statement, legal, executive, A3, A4 dan ukuran lainnya yang secara umum digunakan. Untuk contoh, pada gambar di bawah saya memilih ukuran A4.

cara mengatur ukuran kertas di microsoft word

3. Mengatur Ukuran Kertas Custom

Jika ukuran kertas yang dicari tidak ada, anda dapat klik pada pilihan More Paper Sizes… (Lihat gambar di atas, letaknya paling bawah) sehingga dapat mengatur sendiri berapa ukuran kertas yang diperlukan.

Setelah klik More Paper Sizes, akan muncul kotak dialog Page Setup. Selanjutnya pada tab Paper, tentukan sendiri Width (Lebar) dan Height (Panjang) kertas. Agar lebih jelas, lihat gambar di bawah ini.

mengatur ukuran kertas sesuai keinginan

Dalam mengatur atau mengubah ukuran kertas, bukan berarti anda sudah mengatur dimana dokumen tersebut bisa mulai untuk diketik. Untuk mengatur hal tersebut, dapat mengikuti metode berikutnya.

Langkah-Langkah Mengatur Margin Kertas di Microsoft Word

Dalam metode ini, anda dianggap sudah melakukan save as Word 97-2003. Sehingga tidak akan dijelaskan kembali.

Pertama, pilih menu Layout dan klik Margins. Ketika anda klik Margins maka akan muncul beberapa pilihan kebawah. Pilihan – pilihan tersebut adalah pengaturan margin di Microsoft Word yang umum digunakan, seperti normal, narrow, moderate, wide, mirrored dan yang lainnya.

mengatur margin kertas word

Last Custom Setting merupakan pengaturan margin yang ada setelah anda mengaturnya secara manual. Untuk mengatur ukuran margin secara manual, anda dapat memilih Custom margins… (Lihat gambar di atas, letaknya paling bawah), setelah itu akan muncul jendela berjudul Page Setup.

Kedua, pada jendela Page Setup anda dapat mengatur margins, paper, dan layout secara bersamaan. Selain itu, ada juga preview atau pratinjau saat anda mengatur setiap hal yang ada pada jendela page setup tersebut.

Pada menu margins terdapat pengaturan margin top, left, bottom, right, gutter dan gutter position. Untuk mengatur dimana teks dokumen akan tercetak, anda bisa mengisnya pada kolom top, left, bottom, dan right. Dalam pengisiannya tidak harus menggunakan satuan inch, tapi bisa menggunakan satuan sentimeter dengan menulis “cm” setelah angkanya (Contoh, 3cm).

Untuk kolom gutter, fungsinya adalah untuk membuat jarak sebagai tempat untuk menjepit berkas tersebut saat dicetak, atau sebagai tempat jika anda ingin menjilidnya. Sedangkan gutter position adalah penentu lokasi dimana anda menginginkan gutter-nya.

Berikut ini contoh gambar pengaturan ukuran kertas dan margin untuk skripsi melalui Page Setup.

cara mengatur margin skripsi di word

Penutup

Demikian cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word sekaligus dengan mengatur margin. Ada sebuah jalan pintas jika anda ingin langsung mengakses jendela Page Setup tanpa harus klik menu Layout kemudian Margins dan pilih Custom Margins. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara klik dua kali pada ruler atau penggaris yang ada pada sisi kiri MS Word.

Jika Microsoft Word anda tidak ada ruler atau penggarisnya, anda dapat memunculkannya dengan klik menu View jika tidak dalam keadaan fullscreen anda kemudian harus klik pilihan Show dibawah menu View. Dengan begitu, akan muncul pilihan untuk mencentang ruler, gridlines dan navigation pane. Centang kotak yang ada disebelah tulisan “ruler” maka penggarisnya akan muncul.

Cara lain untuk memunculkan ruler atau penggaris adalah dengan menekan tombol ALT + V, setelah itu tekan L pada keyboard anda. Semoga bermanfaat.