Cara Menghapus Halaman di Word dengan Mudah dan Cepat

Beberapa pengguna Microsoft Word mungkin pernah mengalami kesulitan ketika harus menghapus halaman dokumen. Terutama, jika dokumen tersebut memiliki ratusan halaman. Padahal, sebenarnya cara menghapus halaman di Word cukup mudah jika Anda tahu jalan pintasnya.

Untuk membantu Anda merapikan dokumen dengan lebih cepat dan efisien, berikut ini beberapa cara praktis untuk menghapus halaman dalam dokumen Word yang dapat Anda coba.

1. Cara Menghapus Halaman di Word

Cara pertama ini adalah yang paling umum dilakukan oleh pengguna Microsoft Word ketika ingin menghapus halaman tertentu. Jika Anda sudah tahu halaman yang ingin Anda hilangkan, berikut ini langkah yang dapat Anda ikuti untuk menghapusnya.

  1. Buka dokumen Microsoft Word Anda, kemudian klik pada bagian halaman yang ingin Anda hapus.
  2. Jika halaman yang Anda maksud berada jauh di bawah, tekan tombol Ctrl + F, kemudian pilih tab “Pages” untuk memudahkan Anda menemukan halaman yang Anda inginkan. cara mencari halaman di word
  3. Setelah menemukan halaman yang ingin Anda hapus, klik pada bagian/badan teks dalam halaman tersebut, kemudian tekan “Ctrl + G” pada keyboard komputer Anda untuk memunculkan kotak dialog “Find and Replace”.
  4. Pada tab “Go To”, dalam kolom “Go to what”, pilih menu “Page”.
  5. Ketik “\page” pada kolom “Enter page number”.
  6. Tekan tombol “Go To”. Cara Menghapus Halaman di Word
  7. Tutup kotak dialog tersebut dengan cara klik tombol Close.
  8. Periksa kembali apakah halaman yang Anda inginkan telah terpilih.
  9. Tekan tombol “Delete” pada keyboard Anda.

Untuk membuat nomor halaman dan cara menghapusnya, silakan baca tutorialnya di Cara Membuat Halaman di Word.

2. Cara Menghapus Halaman Kosong Menggunakan Navigation Pane

Tidak jarang, terselip halaman kosong di tengah dokumen Anda. Jika menghapusnya secara manual, tentu membutuhkan waktu yang lama. Terutama, apabila dokumen Anda memiliki banyak halaman.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menghapusnya menggunakan fitur Navigation Pane. Adapun cara menghapus halaman di word menggunakan Navigation Pane adalah sebagai berikut:

  1. Klik tab “View” pada toolbar Microsoft Word Anda.
  2. Arahkan kursor pada bagian “Show”.
  3. Beri tanda centang pada kotak “Navigation Pane”.
  4. Pada bilah sisi kiri kemudian akan muncul menu “Navigation” yang menampilkan thumbnail semua halaman.
  5. Klik tab “Page”.
  6. Temukan halaman kosong menggunakan slider.
  7. Klik halaman kosong yang Anda temukan di tengah-tengah dokumen. tool navigation pane di word
  8. Tekan tombol “Delete” pada keyboard komputer Anda untuk menghapus halaman kosong tersebut.

Silakan baca juga Cara Menghilangkan Garis Merah di Word.

3. Cara Menghapus Page Break di Halaman Word

Fitur “Page Break” pada Microsoft Word berfungsi memisahkan bagian tulisan dengan halaman sebelumnya. Dengan demikian, tulisan Anda akan secara otomatis muncul di halaman baru dan tidak naik ke halaman sebelumnya jika di tengah penulisan Anda melakukan penyuntingan.

Sebenarnya, “Page Break” merupakan karakter yang tidak tercetak atau disebut juga non-printing character. Namun, jika Anda merasa terganggu dan ingin menghapusnya, Anda dapat menggunakan ikon “Paragraph Mark” yang tersedia pada menu “Home” MS Word Anda. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih tab “Home” pada Microsoft Word.
  2. Arahkan kursor ke bagian “Paragraph”.
  3. Klik ikon “Paragraph Mark” untuk memunculkan tanda “Page Break”.
  4. Hapus “Page Break” dengan klik ganda pada bagian yang bertanda “Page Break”, kemudian tekan tombol “Delete” pada keyboard. Cara Menghapus Page Break di Word
  5. Gunakan fitur “Find and Replace” untuk menemukan “Page Break” lain dalam file Anda.
  6. Gunakan pintasan “Ctrl + H” untuk memunculkan kotak dialog “Find and Replace”.
  7. Pilih tab “Replace”.
  8. Ketik ^m pada kolom “Find what”.
  9. Biarkan kolom “Replace with” kosong.
  10. Klik tombol “Replace All” untuk menghapus semua “Page Break” dalam file Microsoft Word Anda. menghapus page break dengan find and replace

4. Cara Menghapus Halaman Kosong di Bagian Akhir Dokumen Word

Pada kondisi tertentu, Anda mungkin menemukan halaman kosong pada bagian akhir dokumen Microsoft Word Anda. Halaman kosong di Word tersebut biasanya berisi karakter tidak tercetak (non-printing character) akibat menekan tombol Enter terlalu banyak.

Berikut ini cara menghapus halaman kosong di bagian akhir dokumen Microsoft Word Anda:

  1. Tampilkan karakter tidak tercetak menggunakan fitur “Paragraph Mark” seperti yang telah kita bahas sebelumnya.
  2. Perhatikan tanda yang muncul pada semua karakter tidak tercetak yang muncul.
  3. Sorot semua karakter tidak tercetak yang ingin Anda hapus, kemudian tekan Delete atau Backspace pada keyboard komputer Anda. Menghapus Halaman Kosong di Bagian Akhir Word

Demikian beberapa cara menghapus halaman di Word dengan mudah yang dapat Anda coba terapkan. Ada kalanya, kendala-kendala seperti di atas memang mengganggu proses penyuntingan dokumen. Oleh sebab itu, penting bagi pengguna Microsoft Word untuk mengetahui langkah-langkah praktis menghapus halaman agar dapat lebih efisien dalam bekerja.

Untuk referensi, silakan baca juga Cara Menghapus Watermark di Word.

Lebih lanjut, selain berfungsi membantu Anda menghapus halaman, fitur “Paragraph Mark” juga dapat memudahkan Anda menemukan karakter tidak tercetak lain. Misalnya, untuk merapikan kolom kosong di bawah tabel, Anda dapat menggunakan fitur ”Paragraph Mark” untuk memudahkan Anda menyorot dan menghapus bagian tersebut.