Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Word dengan Rapi

Menambahkan kolom tanda tangan terkadang akan membuat dokumen word berantakan. Berikut adalah cara membuat kolom tanda tangan di word dengan rapi.

Dalam surat menyurat ada banyak komponen yang harus dipahami, seperti kop surat, tembusan, nomor surat dan juga ada kolom tanda tangan. Kolom tanda tangan digunakan untuk menempatkan tanda tangan seseorang yang berwenang sebagai tanda bahwa surat tersebut sudah legal dan disetujui.

Hal tersebut membuat kolom tanda tangan sebagai salah satu komponen penting dalam membuat surat resmi dan perjanjian. Membuat kolom tanda tangan melalui aplikasi pengolah kata seperti MS Word memang terlihat merepotkan. Namun, ada cara yang mudah untuk melakukan hal tersebut.

Artikel ini menggunakan fitur tabel sebagai pembantu untuk membuat kolom tanda tangan pada Microsoft Word. Jika anda belum mengetahui cara membuat tabel, artikel ini juga akan membahasnya secara singkat. Sehingga anda tidak perlu lagi mencari artikel lain untuk mengetahui cara membuat tabel di Microsoft Word. Berikut adalah cara membuat kolom tanda tangan di word.

Langkah-Langkah Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Word

1. Tentukan Format Tanda Tangan

Untuk contoh saya akan menunjukkan 3 format tanda tangan yang sering digunakan seperti gambar di bawah ini.

jenis format kolom tanda tangan

2. Membuat Tabel

Adapun Langkah kedua dalam membuat kolom tanda tangan adalah dengan membuat tabel pada Microsoft Word. Untuk menggunakan fitur tabelnya, anda harus pilih menu Insert pada bagian atas dokumen Microsoft Word anda, kemudian  klik Table dan Insert Table.

Setelah menekan Insert Table anda akan diminta untuk mengisi jumlah kolom dan baris. Sesuaikan hal in dengan kebutuhan anda. Kolom akan menambahkan tabel secara vertikal sedangkan baris akan menambahkan tabel secara horizontal.

Jika Anda akan membuat kolom tanda tangan seperti Format 1, maka buat 2 kolom dan 4 baris. Caranya seperti gambar berikut.

membuat tabel word 2 kolom 4 baris

Jika Anda akan membuat kolom tanda tangan seperti Format 2, maka buat 2 kolom dan 3 baris. Jika akan membuat kolom tanda tangan seperti Format 3, maka buat 3 kolom dan 3 baris.

Mari kita lanjut ke langkah kedua yakni merapikan tabel yang sudah dibuat.

3. Tulis Informasi yang Diperlukan dan Rapikan

Sebagai contoh, saya memasukkan tulisan-tulisan ke dalam tabel seperti gambar di bawah. Anda bebas memasukkan tulisan sesuai kebutuhan.

Jika ingin menebalkan tulisan nama dan memberi underline, Anda bisa melakukannya seperti memformat teks pada paragraph. Jadi blok tulisannya, kemudian pada tab menu Home, klik ikon B (Bold) dan klik ikon U (Underline).

Hasil pengaturan sementara, terlihat seperti gambar di bawah ini.

buat tulisan di kolom tanda tangan

Setelah anda selesai mengisi informasi yang dibutuhkan, anda bisa merapikan format tulisannya. Jika anda ingin tulisan pada kolom menjadi rata tengah, hal tersebut bisa dilakukan dengan memblok tabel tersebut dengan menekan tanda “+” yang umumnya terletak pada pojok kiri atas tabel yang sedang anda kerjakan.

Setelah berhasil diblok tabelnya, Anda harus menekan tombol Layout yang ada pada menu Table Tools yang hanya akan muncul saat anda mengerjakan tabel. Kemudian pilih rata tengah atau align center. Hal tersebut mengakibatkan semua tulisan yang ada di dalam tabel menjadi rata tengah.

Untuk gambaran agar lebih jelas, lihat gambar di bawah ini.

cara membuat kolom tanda tangan di word

4. Rapikan Tabel

Jika teks yang berada di dalam kolom tabel sudah rapi dan proporsional, langkah ke-4 ini bisa dilewati.

Setelah anda merapikan isi tabel, pada langkah ini anda akan merapikan tabelnya. Sesuai dengan contoh format yang sudah diberikan pada langkah pertama. Anda dapat merapikan kolom tanda tangan dengan menggeser garis yang membagi kolom – kolom tersebut ke kanan atau ke kiri.

Arahkan cursor anda mendekati garis di antara kolom pertama dan kedua hingga cursor anda berubah menjadi simbol panah dengan dua arah, lalu geser garisnya untuk mengecilkan atau membesarkan kolom. Sesuaikan ukuran tabel dengan tulisan yang ada di dalamnya agar terlihat rapi.

5. Posisikan Kolom Tanda Tangan

Dalam mengatur posisi kolom tanda tangan terdapat dua cara:

Cara pertama adalah dengan menempatkan atau letakkan kursor di baris kedua tabel, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard. Tekanlah sampai jaraknya sesuai dengan yang anda inginkan.

Cara kedua adalah dengan menggeser garis antara baris tabel kedua dan ketiga menggunakan Mouse atau Track Pad laptop anda. Caranya arahkan cursor menuju garis antara baris tabel kedua dan ketiga sampai muncul tanda panah ke atas dan kebawah. Kemudian tekan tombol kiri pada Mouse anda dan jangan dilepas dan geser ke posisi yang diinginkan.

Hasil pengaturan yang saya lakukan, terlihat seperti gambar di bawah ini.

mengatur jarak kolom tanda tangan

6. Hapus Garis Tabel atau Hilangkan Garis Tabel

Langkah terakhir dalam cara membuat kolom tanda tangan di word adalah menghapus garis tabel atau menghilangkan garis tabel. Untuk menghapus garis tabel, anda harus blok tabel seperti yang sudah dijelaskan pada langkah – langkah sebelumnya.

Tekan tombol Design yang ada pada menu Table Tools yang hanya akan muncul saat anda mengerjakan tabel. Kemudian, pada sub-menu anda dapat memilih borders dan pilih no border untuk menghlangkan garis pada tabel yang sudah anda buat. Sehingga garis tabelnya akan hilang, namun tabelnya tetap ada.

menghilangkan garis kolom tanda tangan

Hasil akhir pembuatan dan pengaturan langkah-langkah di atas, tampak seperti gambar berikut.

hasil pembuatan kolom tanda tangan di word

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, anda dapat dengan mudah dan rapi menambahkan kolom tanda tangan pada dokumen lembar kerja Microsoft Word. Demikian pembahasan artikel mengenai cara membuat kolom tanda tangan di word ini. Semoga dapat bermafaat untuk anda.