Cara Scan Tanda Tangan di Word Dengan Mudah

Era digital telah mengubah banyak kebiasaan, salah satunya proses pengajuan proposal yang kini dilakukan secara online. Pengajuan proposal online ini tentunya membutuhkan pengesahan berupa tanda tangan virtual. Lantas, bagaimana cara scan tanda tangan di word tanpa mencetak dokumen tersebut terlebih dahulu?

Baca artikel ini hingga selesai untuk mengetahui cara scan dan mengedit tanda tangan di Microsoft Word.

Cara Scan Tanda Tangan di Word Tanpa Ribet

Ada dua cara membuat tanda tangan di word, yaitu menggunakan fitur Microsoft Word dan menggunakan aplikasi dari ponsel. Berikut penjelasannya:

Membuat Tanda Tangan Menggunakan Fitur Microsoft Word

Berikut langkah-langkah membuat tanda tangan di word menggunakan fitur dari Microsoft Word sendiri:

  1. Buat tanda tangan menggunakan tinta hitam di atas kertas putih. Sebaiknya gunakan bolpoin tebal dan buat tanda tangan dengan sedikit menekan. Dengan demikian, Anda mendapatkan tanda tangan yang jelas dan mempermudah pengeditan.
  2. Foto tanda tangan tersebut dengan kamera ponsel yang jelas. Pindahkan hasil foto ke komputer atau laptop. Anda bisa menggunakan kabel data, bluetooth, atau media lain. Untuk referensi, silakan baca Cara Memindahkan File dari Handphone ke Laptop.
  3. Buka dokumen Microsoft Word Anda dan tempatkan kursor pada bagian yang ingin diberi tanda tangan. Klik ribbon “Insert” yang berada di bagian atas, kemudian pilih “Picture”. Masukkan foto tanda tangan yang tadi sudah Anda tambahkan ke komputer. Cara Membuat Tanda Tangan di Word
  4. Setelah berhasil menambahkan foto tanda tangan pada dokumen, atur ukuran dan posisinya. Gunakan pengaturan pada Microsoft Word untuk memotong, membesarkan, atau mengecilkan gambar tanda tangan.
  5. Langkah selanjutnya adalah menghilangkan latar belakang tanda tangan agar warnanya sama dengan latar belakang dokumen Microsoft Word. Untuk mengedit gambar, lakukan klik kanan pada gambar dan pilih “Format Picture”.
  6. Anda akan menemukan empat ikon pada “Format Picture”. Pilih ikon gambar, kemudian klik “Picture Color” dan pilih “Recolor”.
  7. Pada pilihan warna yang ditampilkan, pilih warna “Black and White 50%”. Cara Scan Tanda Tangan di Word
  8. Langkah terakhir adalah menempatkan tanda tangan di atas teks agar tampak natural. Caranya, klik kanan pada gambar tanda tangan. Pada layar akan muncul pilihan “Wrap Text”. Anda bisa memilih “In Front of Text” untuk mengatur posisi tanda tangan agar terlihat natural. menempatkan tanda tangan di atas teks

Apabila langkah yang Anda lakukan sudah benar, background pada foto tanda tangan akan berubah menjadi putih seperti warna dokumen Microsoft Word. Dengan demikian, Anda berhasil menambahkan tanda tangan dan hasilnya pun terlihat lebih jelas.

Untuk menambah referensi mengenai tanda tangan, silakan baca tutorial Cara Membuat Tanda Tangan di Word.

Cara Scan Tanda Tangan Menggunakan Aplikasi Ponsel

Menambahkan foto tanda tangan terkadang memberikan hasil kurang maksimal ketika kamera ponsel tidak mendukung. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi scanner khusus ponsel yang bisa diunduh melalui play store.

Salah satu aplikasi scanner yang direkomendasikan adalah Microsoft Office Lens karena mudah dioperasikan. Setelah berhasil mengunduh aplikasi scanner, lakukan langkah berikut:

  1. Buat tanda tangan menggunakan tinta hitam di atas kertas putih. Sebaiknya gunakan bolpoin tebal dan buat tanda tangan dengan sedikit menekan. Dengan demikian, Anda mendapatkan tanda tangan yang jelas dan mempermudah pengeditan.
  2. Scan tanda tangan menggunakan Microsoft Office Lens. Caranya, pilih mode dokumen pada aplikasi Microsoft Office Lens. Arahkan kamera pada tanda tangan, kemudian pencet tombol “Foto”.
  3. Sebelum menyimpan tanda tangan dengan format gambar, pilih filter hitam putih. Tindakan ini membuat latar belakang tanda tangan otomatis menjadi bersih.
  4. Tambahkan hasil scan tanda tangan ke dokumen Microsoft Word dengan cara pilih ribbon “Insert > Picture > This Device”. Pilih gambar tanda tangan yang tadi sudah Anda scan.
  5. Setelah berhasil menambahkan foto tanda tangan pada dokumen, atur ukuran dan posisinya. Gunakan menu “Crop” yang ada di ribbon “Format”. Seret garis sesuai ukuran yang diinginkan atau tambahkan ukuran pada kolom yang tersedia..
  6. Langkah selanjutnya, Anda dapat menghilangkan background tanda tangan dengan cara klik gambar, pilih “Color > Transparent Color”. Tindakan ini akan membuat kursor berubah menjadi tanda panah. Klik kembali gambar tanda panah, maka latar belakangnya akan hilang. Apabila Anda tidak ingin menghilangkan latar belakang, langkah ini bisa dilewati.
  7. Langkah terakhir adalah menempatkan tanda tangan pada area yang diinginkan dan membuatnya tampak natural. Caranya, tap dua kali pada gambar tanda tangan. Pada layar akan muncul pilihan “Wrap Text”. Anda bisa memilih “In Front of Text” untuk mengatur posisi tanda tangan.

Cara Menyimpan Tanda Tangan

Tanda tangan yang telah Anda buat dengan langkah-langkah di atas, bisa jadi dibutuhkan kembali suatu hari nanti. Oleh karena itu, simpan tanda tangan agar Anda tidak perlu membuatnya lagi. Berikut caranya:

  1. Klik foto atau gambar tanda tangan yang ingin disimpan.
  2. Pilih “Explore Quick Part”, kemudian klik “Auto Text”.
  3. Langkah selanjutnya, pilih “Save Selection to Auto Text Gallery”.
  4. Masukkan nama file yang diinginkan pada kolom yang muncul dan klik “Ok”.
  5. Tanda tangan Anda sudah tersimpan.

Cara Menggunakan Tanda Tangan yang Tersimpan

Ada cara mudah untuk menggunakan tanda tangan yang telah Anda simpan. Caranya:

  1. Tempatkan kursor pada area yang Anda inginkan untuk meletakkan tanda tangan.
  2. Cari ribbon “Explore Quick Part” kemudian pilih “Auto Text”.
  3. Cari nama file yang sudah Anda simpan tadi, kemudian klik file tersebut.
  4. Tanda tangan akan muncul secara otomatis.

Demikian cara scan tanda tangan di word beserta informasi cara menyimpan dan menggunakannya kembali. Semoga membantu!