4 Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dengan Mudah

Garis merah yang kerap muncul saat kita mengetik pada lembar kerja di Word terkadang cukup mengganggu konsentrasi. Anda tidak perlu bingung mencari cara menghilangkan garis merah di Word. Silakan simak sampai tuntas artikel ini karena akan kita kupas caranya satu persatu.

Beberapa Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Beberapa cara berikut dapat kita gunakan untuk menghilangkan garis merah ketika menggunakan Word.

1. Menghilangkan Garis Merah Melalui Pengaturan

Sebenarnya jika tulisan yang kita buat di Word merupakan tulisan berbahasa Inggris, garis merah yang muncul menjadi penanda bahwa ada kesalahan dalam penulisan atau typo. Sayangnya alih-alih merasa terbantu, kita justru merasa terganggu karena tulisan yang kita buat memang bukan dalam bahasa Inggris melainkan bahasa Indonesia.

Pada cara pertama, kita akan menghilangkan garis merah melalui pengaturan di Word. Ikuti langkah mudah di bawah ini:

  1. Untuk versi Microsoft Word 2010, klik logo Mirosoft Office yang berada di ujung kiri atas, lalu pilih “Word Option” yang terletak di bagian bawah.
  2. Untuk hilangkan garis merah, klik “Proofing” lalu hapus tanda centang yang ada pada kolom “Check Spelling as you type”.

2. Mengganti Bahasa Proofing Lewat Menu Review

Proofing adalah fitur yang dimiliki Word untuk mengoreksi kesalahan pada penulisan kata atau susunan kalimat yang tidak tepat. Fitur tersebut tentu sangat berguna asalkan bahasa yang dipilih sesuai dengan tulisan kita, jadi untuk menghilangkan garis merah tinggal diganti bahasanya. Seperti ini caranya:

  1. Sorot kalimat yang ada garis merahnya dan ingin dihilangkan.
  2. Klik menu “Review”, pilih submenu “Language”, lalu klik “Set Proofing Language”, kemudian pilih bahasa yang sama dengan tulisan kita. Cara Menghilangkan Garis Merah di Word
  3. Bisa juga dengan menghilangkan tanda centang di opsi “Do not check spelling or grammar”. Do not check spelling or grammar di word
  4. Untuk mengecek hasilnya apakah garis merahnya masih ada atau sudah hilang, bisa kita lakukan dengan mengubah tampilan review-nya pada “Final Showing Markup” menjadi “Final”.

Untuk referensi, silakan baca juga tutorial Cara Membuat Garis di Word.

3. Cara Menghilangkan Garis Merah di Word pada Mac dan Windows

Tidak jauh berbeda dengan cara-cara sebelumnya, menghapus garis merah di Word pada Mac dan Windows juga sangat mudah. Hanya dengan langkah-langkah sederhana berikut ini:

  1. Buka aplikasi Word.
  2. Klik “File” hingga muncul profil Microsoft Office kita dalam bentuk pop-up screen.
  3. Terus scroll ke bawah sampai menemukan opsi “More” yang berada di pojok kiri bawah Windows Word.
  4. Klik “More”, lalu pilih opsi Options.
  5. Klik panel “Word Option”.
  6. Klik “Proofing”.
  7. Hilangkan centang pada kotak ”Check Spelling as you type” juga “Frequently confused words”.
  8. Jika ingin sekalian menghilangkan garis hijau di Word, hapus juga centang di kotak “Mark grammar errors as you type” lalu di kotak “Check grammar with spelling”. pengaturan menghilangkan garis merah
  9. Klik “Ok” untuk menyimpan perubahan pengaturan.

Untuk menghapus garis pada tabel, silakan baca tutorial Cara Menghapus Garis Tabel di Word.

4. Cara Menghilangkan Garis Merah di Word saat Menulis Menggunakan HP

Sekarang ini menulis di Word tidak hanya dapat dilakukan menggunakan laptop atau PC, kita juga dapat menulis kapan pun di mana pun menggunakan HP. Garis merah yang muncul terus menerus saat kita menulis, ada kalanya membuat risih. Untuk  masalah garis merah yang sering muncul saat menulis di HP, bisa diatasi dengan set language dan caranya seperti ini:

  1. Buka dokumen di Word, pilih ikon pensil pada bagian atas untuk masuk ke mode pengeditan.
  2. Ketuk segitiga kecil di sudut kanan bawah.
  3. Masuk ke menu “Review”.
  4. Pada menu “Proofing and Language”, pilih bahasa yang digunakan.
  5. Beri centang pada kolom “Hide All Proofing Marks”.

Kegunaan Garis Merah pada Fitur Word

Microsoft Word hadir dengan berbagai fitur penunjang yang dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan tulis-menulis atau pengolahan kata.

Seperti telah disinggung di atas, garis merah yang muncul merupakan penanda dari fitur proofread yang memberi tahu bahwa telah terjadi kesalahan penulisan. Hal itu akan efektif dan sangat membantu jika bahasa yang digunakan dalam tulisan sama dengan bahasa di pengaturan. Sayangnya garis merah di Microsoft Word yang muncul dan dikeluhkan banyak pengguna lebih disebabkan pengaturan awal yang belum disesuaikan.

Bagaimana tidak akan muncul garis merah jika pengaturan di perangkat kita masih memakai bahasa Inggris sedangkan tulisan kita berbahasa Indonesia. Permasalahan garis merah ini tidak lalu selesai setelah dilakukan penyesuaian bahasa di pengaturan.

Ketika sudah disesuaikan ke bahasa Indonesia, garis-garis merah tetap sering muncul karena masih banyak kata dalam bahasa Indonesia yang belum tercatat di sistem Microsoft Office, padahal kata-kata tersebut telah masuk di KBBI. Tidak salah juga jika sebagian pengguna menganggap garis merah tersebut adalah gangguan yang perlu dihilangkan.

Jika yang ingin dihapus adalah gambar garis, gunakan tutorial ini Cara Menghilangkan Garis di Word.

Itulah beberapa cara menghilangkan garis merah di Word untuk berbagai perangkat. Jadi, setelah tahu cara kerja fitur ini, apakah pengaturan spell check di Word Anda tetap dinonaktifkan atau akan dihidupkan kembali?