Cara Membuat Label Pengiriman Online Shop di Word dengan Cepat

Bagi Anda yang memiliki toko online, tentu menjadi suatu keharusan untuk menyertakan label pengiriman pada paket barang yang sudah dibeli konsumen. Label stiker pengiriman ini banyak dijual di toko-toko ATK (Alat Tulis Kantor), namun Anda dapat pula berkreasi sendiri. Artikel ini akan membahas cara membuat label pengiriman online shop di word dengan cepat.

Urusan desain grafis memang biasanya dilakukan pada software semacam Adobe Photoshop, Adobe InDesign, atau Corel Draw. Hanya saja, bila Anda tidak menguasai teknik dalam menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, selalu ada Microsoft Word sebagai solusinya. Dengan MS Word, membuat label pengiriman pun menjadi mudah dan hemat.

Bahkan, dengan bantuan MS Word, Anda juga dapat membuka lahan usaha baru, yaitu jasa pembuatan label atau sticker pengiriman toko online. Masa pandemi COVID-19 ini juga memberikan dampak positif, yaitu semakin maraknya bisnis-bisnis online baru. Oleh karena itu, jangan biarkan kesempatan berbisnis itu lewat begitu saja!

Cara Membuat Label Pengiriman Online Shop di Word

Bagi Anda yang baru saja memulai bisnis online shop, label pengiriman adalah salah satu faktor penting yang akan menunjukkan keprofesionalan usaha Anda di mata konsumen. Semakin terlihat rapi dan menarik, semakin meningkat pula kredibilitas toko online Anda. Untuk itu, buatlah label pengiriman paket sebaik mungkin dengan cara berikut.

Langkah 1

Carilah gambar latar belakang yang menarik, seperti bunga-bunga, pantai, dan lainnya. Website seperti Freepik, PicsArt, Pexels, dan Unsplash menyediakan foto-foto maupun gambar vektor yang menarik. Sebagian gambar tersebut dapat diunduh secara gratis.

Untuk contoh saya membuka https://www.freepik.com/. Kemudian pada kotak pencarian mengetikkan background, menceklis free pada bagian Licence dan mendownload satu gambar.

download background dari freepik

Langkah 2

Bukalah MS Word, lalu buka dokumen baru. Pilih menu Insert (sisipkan), lalu pilih ikon Text Box (kotak teks). Setelah itu, klik Draw Text Box (gambar kotak teks) pada dokumen kosong tersebut. Sesuaikan ukuran kotak teks dengan kebutuhan Anda.

cara membuat label pengiriman online shop di word

Sebagai contoh ukuran, Anda dapat mencoba tinggi 6 cm dengan lebar 9 cm. Ukuran itu dapat menghasilkan delapan buah label pengiriman dalam selembar kertas A4 yang dibagi delapan. Jika kotak teks telah dibuat, buat sebuah kotak teks lagi di dalamnya dengan cara yang sama, ukurannya bisa panjang 7,5 cm dan tinggi 5 cm.

cara membuat textbox di word

Langkah 3

Dalam kotak teks bagian dalam, ketiklah tulisan untuk form yang akan diisikan data konsumen setelah label dicetak, seperti nomor ponsel, nama dan alamat rumah (atau kantor). Tambahkan pula data pengirim yaitu nama online shop Anda, alamat pengirim (jika akan dicantumkan), dan nomor yang dapat dihubungi. Ubahlah jenis fon sesuai dengan kreativitas Anda.

Untuk contoh, saya memilih font Curlz MT dengan Size 12. Untuk sementara, label alamat pengiriman terlihat seperti ini.

form label penerima online shop

Langkah 4

Kini saatnya membuat background. Letakkan kursor pada area kotak teks, kemudian klik Format pada bagian atas, di mana terdapat fitur Drawing Tools (alat menggambar). Pilih opsi Shape Fill (isian bentuk), pilih Pictures (gambar), dan temukan gambar latar belakang yang telah diunduh dan disimpan sebelumnya.

cara memasukkan gambar ke textbox word

Langkah 5

Akhirnya, jadilah label pengiriman paket Anda dalam sekejap saja. Setelahnya, Anda dapat memodifikasi tampilan label sesuai keinginan, seperti mengganti warna fon, menghilangkan garis kotak teks, menambahkan logo toko online Anda, dan masih banyak lagi terserah kreativitas Anda.

Untuk contoh, kotak teks bagian dalam, saya mengubah Shape Effects > Soft Edges > 10 Point seperti gambar di bawah ini.

cara merubah shape effect word

Contoh hasil akhir pembuatan label yang saya lakukan, tampak seperti gambar berikut.

hasil pembuatan label pengiriman online shop di word

Alternatif Cara Membuat Label Pengiriman Online Shop di Word

Cara yang berikut ini agak lebih rumit karena harus menggunakan beberapa fitur Word yang tidak semua orang ketahui. Namun, tak ada salahnya Anda mengetahui cara-cara tersebut, seperti berikut.

Langkah 1

Unduh templat label dari situs web seperti www.onlinelabels.com. Templat-templat ini biasanya hadir dalam berbagai ukuran cetak seperti ukuran A4 (standar), amplop, kertas legal, serta sampul CD. Pilih ukuran label sesuai dengan keperluan Anda.

Langkah 2

Bukalah dokumen Word baru, lalu klik tab Mailings. Pilih fitur Labels (label) yang terletak di bagian menu Create (buat). Klik OK agar Word dapat mengakses daftar alamat di komputer Anda.

Untuk menambah referensi, silahkan baca juga Cara Membuat Mail Merge di Word.

Langkah 3

Ketik teks ke dalam label yang berisi alamat maupun nama penerima (konsumen), pilihan ukuran label, dan lainnya. Sementara, dalam kolom Delivery Address (alamat pengiriman) pada tab Envelopes (amplop), klik ikon daftar alamat, pilih nama serta alamat penerima, lalu tekan Insert atau sisipkan.

Langkah 4

Lalu, masih di tab Labels, pilih menu Options (opsi) untuk pengaturan printer, memilih Label Vendors (perusahaan penyedia label), dan Product Number (nomor produk label). Nomor label ini dapat dilihat pada kemasan printer.

Langkah 5

Pilihlah jumlah label yang hendak dicetak, kemudian masukkan lembaran label kosong ke dalam mesin printer. Letakkan lembaran secara presisi dan pastikan print preview atau tampilan cetak label Anda terlihat sesuai keinginan. Setelah mencetak label, klik Save (simpan) bila menginginkan templat label tersimpan untuk kebutuhan selanjutnya.

Itulah beberapa cara membuat label pengiriman online shop di word baik secara cepat, maupun dengan fitur standar Word yang lebih rumit. Semoga informasi ini bermanfaat serta dapat turut mendukung kesuksesan toko online Anda.