Cara Membuat Kartu Ucapan di Word yang Bagus dan Menarik

Bosan dengan kartu ucapan yang tersedia di pasaran? Buatlah kreasi kartu ucapan Anda sendiri untuk setiap hari istimewa dengan Microsoft Word di komputer, selembar kartu, dan printer. Artikel ini akan membahas cara membuat kartu ucapan di word yang menarik.

Kini, kartu ucapan selamat dapat dengan mudah dibuat di rumah menggunakan template yang termasuk dalam MS Word di versi-versi terbaru. Templat dasar serbaguna ini dapat ditambahkan foto/gambar apapun sesuai kebutuhan Anda, hanya dalam hitungan menit.

Bahkan, anak-anak pun dapat mudah membuat kartu ucapan ulang tahun buatan mereka sendiri. Ini akan menghemat uang sekaligus sebagai kegiatan bermanfaat selama masa pandemi bagi anak-anak Anda. Berikut ini informasinya.

Cara Membuat Kartu Ucapan di Word dengan Sedikit Memodifikasi Template

  1. Hubungkan laptop atau komputer dengan internet.
  2. Buka Microsoft Word. Klik menu File > New.
  3. Pada kotak pencarian ketikkan kata kunci pencarian, misalnya “Cards” atau “Birthday Cards” atau “Anniversary Cards“, kemudian enter.

Untuk contoh, saya mengetikkan “cards” pada kolom pencarian, kemudian menekan tombol enter pada keyboard. Dari banyak template yang muncul, saya pilih templat Pretty in pink Mother’s Day seperti gambar di bawah ini.

cara membuat kartu ucapan di word

  1. Baca mengenai informasi template dan ukuran file-nya. Jika yakin akan menggunakannya, klik tombol Create.

template kartu ucapan mother day

  1. Setelah template terdownload dan terbuka di lembar kerja Word, Anda bisa langsung mencetaknya. Atau jika ingin mengedit tulisan dan background sebelum di print, juga bisa dilakukan.

template kartu ucapan selamat hari ibu

Cara Membuat Kartu Ucapan di Word dengan Banyak Memodifikasi Template

Berikut ini beberapa langkah dalam memodifikasi template kartu ucapan dengan MS Word.

Langkah 1

Sama seperti langkah ke 1,2,3 tutorial di atas. Hanya saja pada kotak pencarian saya mengetikkan Thank You Cards. Kemudian memilih template Thank you cards.

template thank you cards word

Langkah 2

Klik “Create” (buat), maka templat pun akan terbuka sebagai dokumen baru. Perhatikan, grafik SmartArt bagi templat Thank You Cards berada di sebelah kanan dan dapat digandakan, sehingga Anda dapat mencetaknya pada kertas berukuran letter untuk dibagi dua.

Langkah 3

Temukan gambar yang ingin Anda gunakan sebagai sampul kartu ucapan dalam File Explorer. Guna mendapatkan hasil terbaik, pilih gambar berukuran portrait dari pada landscape. Klik kanan fail tersebut dan pilih “Copy” (salin). Klik kanan gambar pada bidang kartu, kemudian pilih “Paste” (tempel).

Karena Anda menempelkan gambar pada Smart Object, gambar baru pun secara otomatis akan mengisi ruang yang digunakan oleh gambar asli. Anda dapat mengubah ukuran gambar dengan menyeret tanda jangkar yang muncul pada margin dengan kursor atau dengan mengeklik gambar, lalu pilih tabFormat” di bawah bagian Picture Tools.

Opsi Format adalah termasuk memotong gambar, menambahkan margin, atau efek gambar.

Langkah 4

Klik dua kali pada teks templat di bawah gambar serta ketik ucapan Anda sendiri. Untuk mengubah format teks, sorot teks dan pilih tab “Format” di bagian SmartArt Tools. Opsi termasuk ukuran fon, gaya, maupun warna.

Langkah 5

Gulirkan ke bawah, ke grafik SmartArt kedua pada halaman tersebut. Seret kursor melintasi seluruh grafik dan pilih “Delete” (hapus) untuk menghapus gambar, teks, dan tabel di sana. Jika Anda hanya mencetak sebuah kartu, biarkan bagian bawah halaman kosong untuk menghemat tinta printer.

Jika Anda mencetak lebih dari satu, tekan tombol “Ctrl+A” dan salin dengan menekan “Ctrl+C.” Klik di mana saja di bagian bawah halaman dan tekan tombol “Ctrl+V” guna menempelkan salinan gambar di bawah yang asli.

Menambahkan Pesan pada Kartu

Selanjutnya, pada pembahasan cara membuat kartu ucapan di word adalah menambahkan pesan pada kartu templat yang telah dimodifikasi.

Langkah 1

Klik area kosong pada bagian bawah halaman kartu. Klik pada tab “Insert” (sisipkan), pilih “Pages” (halaman), lalu “Blank Page” (halaman kosong). Gunakan halaman kedua ini untuk menulis pesan dalam kartu.

Langkah 2

Pilih “Text Box” (kotak teks) dari tabInsert” (sisipkan). Perhatikan gaya kotak teks yang tersedia serta pilih gaya apa pun yang diinginkan. Pindahkan kotak teks dengan kursor sehingga berada di sisi kanan halaman, sejajar dengan grafik di halaman pertama.

Untuk menyelaraskan kotak teks dengan lebih mudah, munculkan fitur penggaris Word dengan cara mengeklik menu “View” (lihat), kemudian mengeklik kotak centang “Ruler” (penggaris).

Langkah 3

Hapus batas dari kotak teks kosong dengan mengeklik tab “Format” di bawah Drawing Tools (alat menggambar), pilih “Shape Outline” (kerangka bentuk), lalu klik warna garis “White” (putih). Saat tab Format terbuka, ubah gaya dengan memilih “Quick Styles” (gaya cepat).

Langkah 4

Sorot teks dalam kotak teks dan ketik teks Anda sendiri. Agar sesuai format, sorot teks, lantas klik kanan. Dari menu konteks yang terbuka, Anda dapat mengubah jenis fon maupun warna dan ukuran sesuai keinginan.

Langkah 5

Tarik penggeser “Zoom” (perbesar) ke kiri untuk memperhatikan tata letak kartu. Kotak teks harus berada di bawah tengah grafik sampul, namun tak harus benar-benar sempurna, secara vertikal. Bahkan, meletakkannya sedikit di tengah atas akan memberi ruang ekstra guna menambahkan pesan tulisan tangan sekaligus tanda tangan, setelah kartu dicetak nanti.

Setelah semua langkah dilakukan, Anda dapat mencetak kartu ucapan hasil modifikasi tersebut via printer Anda. Demikian pembahasan mengenai cara membuat kartu ucapan di word yang bagus dan menarik. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya bagi Anda yang sedang belajar Microsoft Word.