4 Cara Membuat Curriculum Vitae di Word Yang Menarik

Bagi Anda yang sedang mencari kerja atau mungkin fresh graduate, membuat Curriculum Vitae yang menarik adalah sebuah keharusan. Tak perlu pusing, di sini Anda akan mengetahui bagaimana cara membuat Curriculum Vitae di Word.

Tak jago desain, tetapi ingin membuat Curriculum Vitae yang menarik agar bisa dilirik oleh perusahaan yang akan dilamar? Tenang saja, Anda masih dapat membuatnya hanya dengan Microsoft Word. Simak artikel ini sampai habis untuk mendapatkan informasi mengenai cara membuat Curriculum Vitae di Word.

Jika Anda tidak memiliki keterampilan mengoperasikan software desain, Microsoft Word akan membantu Anda melakukannya. Anda dapat membuatnya sendiri dan tak perlu membayar jasa desainer untuk membuatkan Curriculum Vitae (CV) yang menarik.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat CV kreatif lewat Microsoft Word. Simak penjelasan lengkapnya berikut.

Cara Membuat Curriculum Vitae di Word Menggunakan Template Bawaan

Anda dapat membuat CV di Word menggunakan template bawaan yang dimiliki oleh Microsoft Word. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengisi informasi dengan tata letak sesuai dengan template yang telah dipilih.

1. Buka Microsoft Word, pilih menu “File” kemudian klik “New”

Pertama, Anda perlu membuat dokumen baru. Klik menu File, kemudian pilih submenu New. Anda akan menemukan bermacam-macam template contoh CV yang tersedia, tetapi tampilannya akan berbeda-beda tergantung versi Microsoft Word yang dipakai.

Pada Microsoft Word 2007, template dapat ditemukan ketika Anda klik installed template, untuk versi 2010, klik menu sample templates, di versi 2011, pilih new from template. Sedangkan pada versi 2013, begitu mengklik New, Anda akan langsung mendapati tempate yang tersedia.

Sebagai contoh saya memilih template yang bernama Timeless resume. Untuk gambaran pemilihan template, lihat gambar di bawah ini.

timless resume template word

2. Edit teks yang ada pada template dengan data-data Anda.

Semua teks yang ada pada template ini bisa diedit, jadi bisa diganti teksnya, bisa ditambahkan bagiannya, dan juga bisa dihilangkan bagian tertentu yang kurang relevan dengan Anda.

cara membuat curriculum vitae di word

Cara Membuat Curriculum Vitae di Word dengan Tool Search Template Online

Tidak ada template yang diinginkan? Unduh saja secara Online.

Meskipun template CV di Word ada beragam, mungkin tak ada satu pun yang menurut Anda menarik untuk digunakan. Tak perlu khawatir, Anda masih bisa menemukan template lain dengan cara mengunduhnya melalui Office Online.

Mengunduhnya juga tidaklah rumit, cukup buka dokumen Word baru dan cari pilihan resumes. Khusus Microsoft Word 2013 dan versi di atasnya, Anda akan menemukan pilihan search for online templates. Ketik tema template pada pilihan tersebut dan klik search. Setelah itu akan muncul beberapa template CV nya yang terkait dengan kata kunci pencarian Anda.

Untuk langkah-langkah detailnya sebagai berikut.

  1. Hubungkan komputer atau laptop Anda dengan internet.
  1. Klik menu File, kemudian klik New. Pada kotak pencarian Search for online templates, ketikkan kata kunci pencarian. Misalnya resume atau best resume.

search for online template word

  1. Untuk contoh saya mengetikkan resume, kemudian melakukan enter pada keyboard. Maka Word melakukan proses pencarian secara online dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.

hasil pencarian resume online template

  1. Untuk contoh saya memilih Blue spheres resume dengan cara mengkliknya. Maka akan ditampilkan informasi ukuran file download dan deskripsi template. Kalau sudah yakin akan didownload, maka klik tombol Create dan tunggu proses download CV berjalan.

download blue sphere resume template

  1. Ganti foto dan data-data yang lain dengan data Anda. Jika ingin menambahkan atau menghapus bagian tertentu juga bisa dilakukan.

Cara Membuat Curriculum Vitae di Word dengan Download Template di Office.com

Anda juga dapat mengunduh template dari Office Online secara langsung tanpa membuka Word terlebih dulu. Caranya, kunjungi situs web resmi di https://templates.office.com/, kemudian pilih segmen Resumes and cover letters.

download curriculum vitae di situs microsoft office

Dari beragam template yang tersedia, pilihlah satu yang sekiranya paling terlihat profesional sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar. Isi data diri Anda sesuai dengan informasi yang ada di template tersebut dengan menghapus teks bawaan dan editlah pada yang memang perlu diubah.

Template CV yang tersedia tersebut memang sebagian besar telah memerhatikan hal-hal yang merupakan aspek pembuatan CV  yang baik dan menarik. Namun, pastikan gunakan tata bahasa yang baik saat mengisinya.

Cara Membuat Curriculum Vitae Tanpa Template Bawaan Word

Menggunakan template memang memudahkan Anda dalam membuat CV karena hanya perlu mengisi dan mengubah bagian-bagian yang memang perlu diubah lantaran template tersebut telah didesain dengan format sesuai kebutuhan pengguna. Namun, tak ada salahnya jika Anda ingin membuatnya dengan format sendiri.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda tiru ketika ingin membuat CV yang menarik tanpa template.

Cari tahu informasi apa saja yang perlu ditulis

Tanpa template, Anda benar-benar harus mengatur format CV sendiri dan harus tahu betul hal-hal apa saja yang perlu dicantumkan di dalamnya. Jika masih bingung, cobalah cari beberapa referensi informasi yang perlu ditulis di dalam CV dengan mengandalkan internet.

Akan ada banyak sekali informasi yang bisa Anda temukan mengenai cara mengisi CV yang baik. Namun, secara umum isi CV atau informasi dalam CV meliputi beberapa hal sebagai berikut.

  1. Identitas diri, seperti nama lengkap, alamat. nomor telepon yang bisa dihubungi, dan alamat email.
  2. Riwayat pendidikan, Anda tak perlu mencantumkan riwayat pendidikan dari TK, cukup dua pendidikan terakhir dan jurusan, serta cantumkan pula IPK atau nilai akhir.
  3. Deskripsi singkat tentang diri Anda.
  4. Keterampilan yang dimiliki (relevan dengan posisi pekerjaan yang akan dilamar).
  5. Pengalaman kerja, yaitu pekerjaan yang pernah diselesaikan di profesi Anda sebelumnya. Akan lebih baik lagi jika mencantumkan penghargaan yang pernah didapatkan apabila ada.
  6. Referensi, ceritakan bagaimana Anda bisa menemukan lowongan pekerjaan tersebut dan tambahkan informasi mengenai referensi atau seseorang yang memberi rekomendasi terkait kinerja Anda.
  7. Akun media sosial, cantumkan username Instagram, Twitter, atau Facebook.

Tulis semua informasi secara singkat

Meskipun informasi yang perlu dicantumkan cukup beragam, Anda tak perlu menjabarkannya secara panjang lebar. Tulis informasi sesingkat mungkin dan yang penting sudah cukup menjelaskan tentang gambaran diri Anda.

Sebisa mungkin buatlah CV Anda secara kronologis. Hal ini bertujuan agar informasi yang telah Anda cantumkan menjadi runtut dan lebih enak dibaca.

Desain Semua Informasi Yang Sudah Dicantumkan

Untuk mendesain template yang wow, tentu Anda harus bisa menggunakan semua tool desain di Word. Bagaimana memasukkan foto di Word dan mengatur tampilannya, bagaimana membuat garis, bagaimana memasukkan grafik, dll.

Dan yang lebih penting, Anda harus punya jiwa seni. Karena hanya menguasai bagaimana menggunakan tool-tool desain tidak akan bisa menghasilkan desain template yang keren. Ini yang saya alami, sudah mencoba otak atik lama, tetapi hasilnya biasa saja.

Jika ingin membuat desain template sendiri karena ingin unik dan berbeda dengan template-template yang sudah ada, tetapi tidak punya jiwa seni, saran saya modifikasi desain template yang sudah disediakan Word. Jadi Anda tidak benar-benar harus mendesainnya dari nol.

Demikian beberapa cara membuat Curriculum Vitae di Word yang bisa Anda coba. Langkah-langkahnya cukup mudah, bukan? Kini, Anda dapat membuat CV sendiri tanpa mengandalkan orang lain yang jago desain.