Cara Membuat Brosur di Word yang Menarik dan Mudah, Pemula pun Bisa Melakukannya

Ingin tahu bagaimana cara membuat brosur yang mudah karena Anda tak terlalu menguasai software desain, seperti Adobe Photoshop, Adobe InDesign, CorelDraw, dan software sejenis lainnya? Tak perlu khawatir, berikut terdapat informasi mengenai cara membuat brosur di Word yang menarik dan mudah.

Aplikasi Microsoft Word kini tak hanya bisa diandalkan untuk mengetik saja. Untuk kebutuhan desain, software satu ini juga terhitung mumpuni, termasuk dalam pembuatan brosur. Berikut, Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai cara mudah membuat brosur di Word yang menarik dan bagus.

Jika Anda memiliki keterbatasan waktu dan tidak sempat menyewa jasa desainer grafis, tak perlu ragu untuk menggunakan Microsoft Word. Selain cepat, Anda juga bisa menghemat bujet.

Lantas, seperti bagaimana membuatnya? Ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti. Caranya tidaklah rumit, terlebih bagi pemula sekalipun.

Cara Membuat Brosur di Word dengan Template

Brosur merupakan alat promosi yang di dalamnya terdapat informasi penawaran produk atau jasa yang disusun secara sistematis. Agar dapat mendapatkan atensi, brosur harus dibuat semenarik mungkin.

Banyak pilihan software yang bisa diandalkan untuk mendesain sebuah brosur, tak terkecuali Aplikasi Microsoft Word. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat brosur dengan Word.

1. Buka Microsoft Word, kemudian klik menu “FIle”

Pertama, bukalah software Microsoft Word pada komputer Anda. Setelah muncul dokumen kosong, klik menu File yang terdapat di pojok kiri atas, kemudian klik New. Setelah diklik, Anda akan mendapati kotak pencarian online templates.

kotak pencarian template brosur word

2. Gunakan template

Hubungkan laptop atau komputer dengan internet. Selanjutnya pada kotak pencarian yang bertuliskan “Search for online templates” tuliskan kata pencarian brosur atau brochure, kemudian enter. Maka akan keluar berbagai macam template brosur yang bisa Anda pilih.

cara membuat brosur di word

Apabila menurut Anda koleksi templat yang tersedia tidak ada yang sesuai dengan keinginan, Anda bisa mendownload template lainnya melalui Office Online atau kunjungi situs web resminya di https://templates.office.com/. Kemudian pada bagian Popular categories, pilih Brochures.

3. Pilih templat desain brosur yang sesuai

Dari beragam pilihan yang ada, tentukan satu template yang sekiranya paling sesuai kemudian klik desainnya. Setelah itu, Anda akan mendapati tampilan halaman pratinjau brosur dan klik “Create”. Tunggu beberapa saat, kemudian Anda pun bisa langsung eksekusi.

Untuk contoh saya memilih template Travel brochure dengan cara mengkliknya. Kemudian muncul pop-up yang berisi informasi deskripsi template dan ukuran file download. Jika yakin akan mendownload template, maka klik tombol Create dan biarkan proses downloading template berjalan.

template travel brosur word

4. Masukkan informasi yang diperlukan

Template brosur yang tersedia biasanya telah didesain sedemikian rupa untuk menampilkan format yang rapi, menarik, dan sistematis. Anda tinggal mengganti teks bawaan dengan informasi yang ingin dicantumkan.

Di dalamnya juga sudah terdapat format peletakan gambar. Anda bisa mengubah gambar tersebut dengan gambar yang telah disiapkan dan pastinya relevan dengan informasi yang ingin disampaikan.

Cara untuk menggantinya adalah dengan klik tab “Format” kemudian pilih “Change Picture”, lalu klik “From a File” untuk memilih berkas gambar atau foto dari komputer Anda.

Cara Membuat Brosur di Word Tanpa Template

Jika tak tertarik menggunakan template yang telah disediakan, tak ada salahnya untuk membuat formatnya sendiri. Hal ini masih bisa dilakukan dengan Aplikasi Microsoft Word.

Kira-kira bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Buat dokumen Microsoft Word baru dan klik tab Layout

Setelah membuka MS Word dan membuat blank document, langkah selanjutnya adalah klik tab menu Layout. Setelah diklik, akan ada beberapa menu lain di bawahnya. Anda bisa memilih Margins yang berada di sebelah kiri.

2. Tentukan margins

Setelah memilih menu “Margins”. maka akan muncul menu drop-down. Klik “Custom Margins” yang berada di bawah menu drop-down. Di situ, Anda bisa menentukan sendiri setiap margin yang diinginkan.

Tentukan juga orientation-nya, ingin portrait atau landscape. Setelah semua sudah diatur sesuai kebutuhan, kemudian klik “OK” yang berada di bagian bawah jendela.

3. Menggunakan Columns

Untuk mengatur tampilan, Anda juga bisa membuat teks dengan format kolom. Cara membuatnya masih dari menu “Page Layout”, kemudian pilih Columns dan pilih jumlah kolom yang diinginkan pada menu drop-down.

Jika ingin menambahkan pemisah kolom untuk informasi yang berbeda, Anda juga bisa membuatnya. Caranya, dari menu “Page Layout”, pilih “Page Breaks”, kemudian klik “Column” pada menu drop-down.

4. Masukkan Informasi berupa teks dan gambar yang relevan.

Dalam brosur, setidaknya ada dua elemen penting yang harus dicantumkan, yaitu informasi berupa teks dan gambar. Untuk memasukkan teks, Anda dapat mengetikkannya dengan klik tab “Home”: dan tentukan pilihan jenis font yang ingin dipakai.

Untuk memasukkan gambar, pilih menu “Insert” dan klik “Pictures”. Pilih gambar yang diinginkan, lalu klik “Insert” atau “Open”.

5. Selesai, saatnya simpan brosur Anda

Jika semua informasi sudah dimasukkan dan format sudah diatur sesuai keinginan, kini saatnya untuk menyimpan proyek Anda. Cara menyimpannya adalah klik menu “File” kemudian pilih menu “Save As”.

Pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan kemudian beri nama pada proyek brosur Anda dan klik “Save”.

Ada sedikit tips yang bisa membuat brosur Anda tidak membosankan untuk dilihat dan dibaca. Dalam memasukkan informasi berupa teks, tulislah secara singkat, padat, dan jelas. Untuk gambar, pilihlah gambar yang menarik dan relevan dengan informasi yang ingin disampaikan.

Kunci untuk membuat brosur yang menarik tanpa template adalah kreativitas. Jadi bagaimana seni Anda memadukan teks dan gambar dalam sebuah dokumen Microsoft Word agar terlihat bagus dan menarik.

Jika Anda kurang mempunyai jiwa seni, saran saya gunakan saja template atau modifikasi template brosur yang sudah tersedia.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat brosur di Microsoft Word yang menarik dan mudah. Caranya tidaklah rumit dan Anda bisa langsung mempraktikkannya sendiri.