6 Cara Merapikan Tulisan di Word Dengan Cepat

Sentuhan akhir setiap tulisan dibutuhkan karena untuk tujuan yang lebih baik. Lazim bersifat visual, sentuhan akhir akan menentukan kualitas tulisan tersebut di mata pembaca. Bila pembaca merasa nyaman melihatnya, maka mereka akan bertahan membaca tulisan sampai habis.

Di era digital, tulisan lebih banyak tersaji di layar komputer. Microsoft Word merupakan yang paling sering digunakan untuk menulis banyak hal. Agar tulisan semakin enak dilihat, ada baiknya kita mengetahui cara merapikan tulisan di Word.

Agar tulisan kita terlihat lebih rapi dan profesional, inilah enam (6) cara yang bisa dicoba di Microsoft Word:

1. Melenyapkan efek formatting karena hasil dari copy-paste

Ada kalanya kita harus menyalin tulisan dari sumber lain. Proses ini dikenal dengan sebutan copas atau copy-paste. Sayangnya, ada yang ikut terbawa saat menyalin tulisan tersebut, yaitu efek formatting. Biasanya, efek ini berupa warna kelabu samar sebagai latar belakang tulisan yang disalin dari sumber lain ke halaman Word.

Untuk melenyapkannya, inilah beberapa cara yang harus dilakukan:

  • Pilihlah teks yang efek formatting – nya mau kita singkirkan.
  • Untuk menghilangkan efek formatting, pergilah ke Tab Home atau Menu Beranda. Sampai sana, pilihlah Clear Formatting. Cara Merapikan Tulisan di Word
  • Efek formatting kini hilang. Tulisan tidak lagi terlihat belang-belang karena latar belakang yang tidak seragam.

Harap diingat bahwa cara ini hanya untuk menyeragamkan latar belakang tulisan. Bila ingin mengubah tulisannya, kita harus memakai cara lain terkait font, ukuran, hingga warna tulisan yang diinginkan.

2. Melenyapkan hyperlink yang tidak dibutuhkan

Selain formatting, yang ikut terbawa saat menyalin tulisan dari sumber lain ke halaman Word adalah hyperlink sumber teks. Meskipun sudah membersihkan bekas formatting, ternyata hyperlink tidak bisa otomatis ikut menghilang. Ada cara lain yang harus ditempuh untuk melenyapkan hyperlink yang tidak dibutuhkan.

Cara menghapusnya cukup mudah. Pada tulisan, cari kata yang berwarna biru sendiri, karena itulah kata yang berisi hyperlink. Klik kanan pada kata tersebut, lalu keluar pop-up pilihan fitur yang ingin dipakai. Pilih remove hyperlink dan tautan ke sumber tulisan pun akan hilang dengan sendirinya. menghapus link pada teks word

3. Membetulkan spacing atau jarak agar lebih konsisten

Teks yang berjarak akan lebih nyaman di mata dan mudah dibaca. Selain rapi, teks berjarak akan tampak profesional. Untuk merapikannya, inilah yang bisa kita lakukan:

  • Pilihlah paragraf yang akan diatur dari segi spacing.
  • Saat sudah di Beranda atau Home, pilih tombol Line and Paragraph Spacing.
  • Pilihlah ukuran jarak yang diinginkan. Misalnya: 1,5. merapikan paragrap di word
  • Paragraf kini berjarak dan tampak lebih rapi.
  • Lakukan hal yang sama saat memilih Line Spacing Options untuk memberi jarak pada tiap baris paragraf.

Untuk menambah refrensi, silakan baca juga Cara Merapatkan Tulisan di Word.

4. Membuat paragraf terlihat lebih rata

Secara default, sebenarnya Microsoft Word membuat semua paragraf rata ke kiri. Namun, kita bisa membuatnya lebih rata ke kiri dan kanan agar tulisan terlihat lebih rapi dan profesional. Apalagi, biasanya banyak editor media dan panitia lomba menulis yang memberi saran tersebut.

Inilah yang bisa kita lakukan untuk meratakan paragraf:

  • Pilihlah paragraf yang ingin kita buat rata.
  • Saat di Beranda atau Home, pilihlah kolom Justify. merapikan rata kiri dan kanan
  • Paragraf pun merata ke kiri maupun ke kanan.

5. Merapikan margin agar tampak sesuai

Margin adalah jarak tepi antara teks dengan ujung kertas. Ibarat pigura, pengaturan margin juga harus rapi. Begini caranya:

  • Klik View sebelum ke Ruler. Pastikan bahwa bagian yang kita pilih sudah dicentang.
  • Tekan dan tahanlah bagian atas tulisan yang bentuknya lebih mirip penggaris. Geser margin kanan dan kiri pada penggaris tersebut sesuai kebutuhan.
  • Margin sudah berubah sesuai keinginan.
  • Bila ingin angka margin yang spesifik, pilihan lainnya adalah pergi ke bagian Layout. merapikan margin di word

Lebih detail mengenai pengaturan margin, silakan baca tutorial Cara Mengatur Margin di Word.

6. Melenyapkan garis bawah merah

Garis bawah merah pada kata biasanya muncul bila bahasa Inggris yang dipakai tidak sesuai tatanan sebenarnya. (Namun, mari kita hiraukan bagian ini bila kita mengetik tulisan dalam bahasa Indonesia atau bahasa lainnya.)

Bila ingin melenyapkan garis bawah merah dalam tulisan bahasa Inggris di Microsoft Word, inilah yang bisa kita lakukan:

  • Pergi ke menu File.
  • Pilihlah menu Options.
  • Kemudian pilih Proofing, sebelum melenyapkan centang pada bagian Check Spelling As You Type dan Frequently Confused Words. Sesudahnya, baru tekan OK. pengaturan menghilangkan garis merah
  • Garis merah di bagian bawah kata-kata di tulisan kini sudah menghilang.

Ternyata, banyak sekali cara merapikan tulisan di Word. Kita bisa memilih sesuai keinginan, terutama agar tulisan terlihat lebih rapi dan tampak profesional. Strategi ini juga membantu mereka yang bekerja di bidang HRD untuk menyeleksi surat lamaran lebih mudah.

Cara ini juga dapat membantu panitia lomba menulis saat menyeleksi semua tulisan yang masuk. Tulisan dengan format yang nyaman akan lebih cepat menarik perhatian mereka daripada tulisan yang hanya ‘asal bisa dibaca’.

Nah, selamat mencoba semua cara merapikan tulisan di Word ini.