Cara Menulis Arab di Word Dengan On-Screen Keyboard Arab

Sebagai aplikasi mengetik yang paling banyak digunakan, Microsoft Office Word memiliki fitur yang bisa membantu Anda menulis dalam berbagai bahasa. Tidak terkecuali bahasa Arab. Cara menulis Arab di Word pun terbilang mudah. Meskipun, tidak semua orang dapat langsung dengan lancar menggunakannya.

Untuk mengaktifkan fitur bahasa Arab di Microsoft Office Word, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan sebelum mulai mengetik Arab di Word adalah sebagai berikut.

1. Menambahkan Bahasa Arab

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan agar dapat menulis Arab menggunakan Microsoft Office Word adalah menambahkan bahasa Arab ke dalam pengaturan bahasa komputer. Hal ini perlu Anda lakukan dengan cara manual. Berikut ini adalah cara menambahkan bahasa arab ke dalam daftar bahasa komputer yang dapat Anda lakukan.

  1. Klik menu “Start” pada komputer Anda.
  2. Pilih opsi “Languages”.
  3. Pilih opsi “Edit language and keyboard options”.
  4. Atau bisa juga ketik “edit language” pada kotak pencarian windows, kemudian klik Open. edit bahasa dan keyboard windows
  5. Klik “Add a language” untuk menambahkan bahasa yang Anda inginkan.
  6. Ketik “Saudi Arabia” pada kolom pencarian, kemudian klik bahasa yang dimaksud.
  7. Pilih “Next”, kemudian ikuti instruksi yang tersedia. cara menambah bahasa arab
  8. Tunggu proses pemasangan bahasa Arab.
  9. Setelah proses selesai, bahasa Arab akan muncul dalam daftar pengaturan bahasa.

2. Mengubah Bahasa Keyboard ke Bahasa Arab

Meskipun telah menambahkan bahasa ke pengaturan, komputer Anda masih tetap akan menggunakan bahasa sebelumnya. Untuk itu, langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah mengubah bahasa keyboard menjadi Arab.

merubah bahasa windows dan keyboard

Caranya, tekan tombol “Windows + Spasi”, kemudian pilih bahasa Arab. Jika Anda merasa kesulitan karena keyboard fisik Anda tidak dilengkapi huruf arab, Anda dapat memanfaatkan fitur On-Screen Keyboard Windows.

3. Mengaktifkan Keyboard Bahasa Arab

Sebagaimana telah kita singgung sebelumnya, tidak semua orang dapat dengan mudah mengetik menggunakan bahasa Arab. Apalagi, jika keyboard fisik yang Anda gunakan belum dilengkapi huruf Arab, mungkin Anda akan mengalami kesulitan.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengaktifkan on-screen keyboard. Fitur ini akan memunculkan keyboard berbahasa Arab pada layar komputer karena pengaturannya secara otomatis menyesuaikan bahasa yang kita pilih.

Adapun cara mengaktifkan on-screen keyboard adalah sebagai berikut.

  1. Klik menu “Start” pada komputer Anda.
  2. Buka “Windows Ease of Access”.
  3. Pilih “On-Screen Keyboard”. memunculkan on screen keyboard

4. Cara Menulis Arab di Word

Jika semua langkah di atas telah Anda lakukan, Anda dapat mulai mengetik Arab di Microsoft Office Word. Untuk memudahkan dalam mengetik, sebaiknya Anda menggunakan font Arabic Typesetting dan format rata kanan.

Cara Menulis Arab di Word

Kemudian, ketika menulis Arab, Anda pasti akan perlu menambahkan harakat. Untuk menambahkan harakat, Anda dapat menekan tombol “Shift”, kemudian klik tanda baca yang ingin Anda sematkan.

Selain itu, untuk memudahkan dan menghemat waktu, terdapat juga beberapa pintasan (shortcut) untuk menambahkan harakat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Tekan Shift + Q untuk memunculkan harakat Fathah
  • Tekan Shift + A untuk memunculkan harakat Kasrah
  • Tekan Shift + E untuk memunculkan harakat Dammah
  • Tekan Shift + W untuk memunculkan harakat Fathah Tanwin
  • Tekan Shift + S untuk memunculkan harakat Kasrah Tanwin
  • Tekan Shift + R untuk memunculkan harakat Dammah Tanwin
  • Tekan Shift + X untuk memunculkan harakat Sukun
  • Tekan Shift + ~ untuk memunculkan harakat Tasydid

Cara untuk menambahkan harakat, terlebih dahulu Anda harus mengetik huruf yang Anda inginkan. Kemudian, kursor akan secara otomatis bergerak ke samping, setelah huruf yang Anda ketik. Barulah, setelah itu Anda dapat menambahkan harakat.

Contoh hasil menulis arab yang sudah diberi harakat seperti gambar di bawah ini.

contoh hasil menulis arab di word

Untuk harakat yang tidak tersedia pintasannya, Anda dapat menemukannya pada menu “Symbol”. Berikut ini adalah cara untuk menambahkan harakat yang tidak tersedia pintasannya.

  1. Klik tab “Insert” pada toolbar Microsoft Office Word.
  2. Pilih opsi “Symbol”.
  3. Klik “More Symbols”.
  4. Pastikan font yang Anda gunakan dalam kolom pencarian sama dengan yang Anda gunakan mengetik dokumen.
  5. Pada kolom “Subset”, pastikan Anda memilih “Arabic”.
  6. Masukkan salah satu kode di bawah ini dalam kolom “Character code” untuk menemukan harakat yang Anda inginkan:
    • Kode 0670 untuk harakat Fathah Tegak
    • Kode 0656 untuk harakat Kasrah Tegak
    • Kode 0657 untuk harakat Dammah Tegak
  1. Klik tombol “Insert”.

Demikian cara menulis Arab di Word yang bisa Anda coba. Langkah-langkah di atas berlaku untuk semua versi Microsoft Office Word. Hanya saja, mungkin Anda perlu terlebih dahulu mengunduh bahasa Arab karena tidak semua komputer terpasang bahasa Arab sejak awal.

Menulis Arab di Word mungkin terkesan sulit bagi Anda yang belum terbiasa. Oleh sebab itu, Anda perlu terus berlatih mengetik. Selain itu, untuk memudahkan, Anda mungkin juga perlu memasang penanda keyboard dengan huruf Arab. Dengan demikian, ke depannya Anda tidak perlu menggunakan fitur on-screen keyboard Windows.