Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop Windows Dengan Cepat

Laptop saya kok gak aktif WiFi-nya? Tenang, Anda bisa mengikuti panduan cara mengaktifkan WiFi di laptop Windows berikut ini.

Saat ini hampir semua laptop, apalagi laptop-laptop keluaran terbaru sudah ditanamkan fitur WiFi di dalamnya. Karena di jaman sekarang, laptop kalau gak ada WiFi-nya kurang maksimal manfaatnya.

Tetapi fitur WiFi di laptop yang anda gunakan, apalagi kalau baru beli, belum tentu langsung aktif. Apapun mereknya, mau Laptop Lenovo, Asus, Acer, Axioo, HP, Dell, Fujitsu, Compaq, Zyrex, MSI, dan yang lainnya. Jika belum aktif, tentu Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu agar bisa digunakan.

Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan fitur WiFi di laptop. Silahkan dicoba dan disesuaikan penggunaannya sesuai dengan merek laptop yang anda gunakan.

Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop Melalui Tombol WiFi

Beberapa merek laptop dengan serie tertentu biasanya memiliki tombol yang khusus untuk menyalakan dan mematikan WiFi. Letaknya ada yang di bagian atas keyboard, ada yang disamping keyboard, dan ada juga yang didepan keyboard.

Untuk contoh, pada Laptop Lenovo ThinkPad T410 tombol WiFi terletak disamping kanan depan seperti gambar di bawah ini.

tombol wifi laptop lenovo thinkpad

Silahkan cek laptop Anda, apakah ada tombol WiFi-nya. Merek laptop tertentu ada yang tombolnya harus ditekan untuk menyalakan ada juga yang harus digeser tombolnya untuk menyalakan seperti Laptop Lenovo di atas.

Kalau setelah laptop Anda dicek tidak ada tombol WiFi-nya, maka silahkan dicoba cara yang kedua di bawah ini.

Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop Melalui Tombol Fn

Pada laptop Anda, silahkan cek tombol F1 sampai dengan F12 pada keyboard. Cari yang ada simbol WiFi-nya. Misanya pada keyboard laptop Asus yang saya gunakan, tombol WiFi ada di tombol f2. Maka untuk menyalakan WiFi-nya saya tinggal menekan fn dan f2 secara bersamaan.

mengaktifkan wifi di laptop asus

Untuk contoh merek laptop lain, misalnya pada laptop Acer. Tombol WiFi pada keyboard ada di tombol F3. Maka untuk menyalakan WiFi, saya bisa menekan kombinasi tombol Fn dan F3. Agar lebih jelas, silahkan lihat gambar di bawah ini.

mengaktifkan wifi di laptop acer

Beberapa merek lapop lain, ada yang tidak perlu menekan kombinasi dengan tombol Fn. Jadi bisa hanya menekan tombol F3 saja atau F2 saja. Jadi silahkan coba disesuaikan pada laptop yang anda gunakan.

Jika di keyboard laptop Anda tidak ada satupun simbol WiFi-nya, berarti memang tidak disediakan tombol tersebut dari pabrik laptopnya. Tapi tenang saja, itu bukan berarti laptop Anda tidak ditanamkan fitur WiFi oleh si pembuat laptop.

Untuk menyalakan WiFi pada laptop-laptop yang tidak ada tombol WiFi di keyboard-nya, maka bisa menggunakan pengaturan di Windows. Untuk caranya, silahkan ikuti tutorial di bawah.

Mengaktifkan WiFi di Laptop Yang Menggunakan Windows 10

Klik simbol jaringan atau bola bumi dibagian kanan bawah. Kemudian klik kotak yang ada tulisan WiFi seperti gambar di bawah ini.

cara mengaktifkan wifi di laptop

Jika disekitar Anda ada jaringan WiFi yang tertangkap laptop, maka setelah fitur WiFi diaktifkan akan langsung menampilkan semua jaringan WiFi yang tersedia seperti gambar berikut.

wifi yang aktif di windows 10

Mengaktifkan WiFi di Laptop Yang Menggunakan Windows 8 / 8.1

Di pengaturan Windows 8 dan Windows 8.1 ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan WiFi. Salah satu cara mengaktifkan WiFi di Windows 8 adalah sebagai berikut.

  1. Munculkan Charms Bar Windows 8, caranya bisa arahkan kursor ke kanan layar laptop. Kemudian klik simbol settings.

menyalakan wifi windows 8

  1. Klik Flight mode. Lihat yang saya beri tanda kotak merah pada gambar di bawah ini.

mematikan mode flight windows 8

  1. Matikan Flight mode sampai statusnya menjadi Off seperti gambar di bawah. Di laptop yang saya gunakan, ketika Flight mode di matikan maka WiFi langsung aktif dan menangkap jaringan WiFi yang tersedia.

menghubungkan windows 8 ke wifi

Jika di versi Windows 8 yang anda gunakan tampilannya tidak seperti di atas, maka pada langkah ke-2, klik Change PC Settings, kemudian pilih Network. Pada bagian Airplane mode, pastikan dalam keadaan Off. Kemudian pada bagian Wireless devices, On kan Wi-Fi.

Masih Belum Bisa? Coba Aktifkan Adapter WiFi

  1. Buka Control Panel. Bisa melalui Start Menu atau jika menggunakan Windows 10 bisa melalaui kotak pencarian taskbar dengan mengetikkan control panel.
  1. Pada bagian Network and Internet, klik View network and tasks atau jika tidak menggunakan Windows 10 tulisannya Networking and Sharing Centre. Lihat gambar di bawah agar lebih jelas.

view network dan status windows 10

  1. Klik Change adapter settings yang ada di bagian kiri.
  1. Klik ikon Wi-Fi yang anda gunakan, kemudian klik Enable this network device. Atau bisa juga lakukan klik kanan pilih menu Enable. Untuk contoh lihat gambar berikut.

mengaktifkan wifi melalui adapter settings

  1. Tunggu sebentar proses pengaktifkan WiFi oleh sistem. Jika berhasil, WiFi akan aktif dan langsung bisa menangkap jaringan WiFi yang tersedia.

Masih Belum Bisa Juga? Coba Install Wireless Adapter

Jika semua cara di atas sudah dicoba tetapi belum berhasil, ada kemungkinan wireless adapternya belum terinstall. Atau mungkin bermasalah karena kena virus, sudah tidak update, atau corrupt.

Untuk menginstall wireless adapter, salah satu caranya bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

  1. Buka Device Manager. Caranya bisa melalui File Explorer, klik kanan pada nama laptop anda, pilih Manage. Kemudian klik Device Manager di sebelah kiri.

cara buka device manager

Jika Anda menggunakan Windows 10, pada kotak pencarian taskbar bisa langsung ketikkan device manager. Kemudian klik Open.

  1. Pada jendela Device Manager, dobel klik Network adapters. Kemudian klik kanan pada nama adapter wireless yang Anda gunakan, pilih Update driver.

update driver wifi melalui device manager

  1. Jika laptop Anda bisa terhubung dengan internet melalui jaringan selain WiFi (Misalnya melalui kabel LAN atau modem USB), maka hubungkanlah. Setelah terhubung, maka pada kotak dialog yang muncul bisa klik Search automatically for updated driver software. Sistem akan mencari driver terbaru di laptop dan juga di internet.

Jika pencarian driver secara otomatis tidak berhasil atau karena memang laptop anda tidak bisa terhubung ke internet sama sekali, maka Anda harus download driver menggunakan perangkat lain dulu. Anda bisa download wireless adapter sesuai dengan merek dan serie laptop yang anda gunakan. Bisa langsung ke situs resminya laptop tersebut atau cari di Google, misalnya bisa ketikkan download wireless adapter Lenovo S340.

Setelah didownload, copy wireless adapter ke laptop yang akan diinstall. Dan pada kotak dialog yang tadi, bisa klik Browse my computer for driver software. Kemudian cari dan install driver yang tadi dicopy.

Untuk menambah referensi, silahkan baca juga artikel Berbagai Cara Screen Shot di Laptop. Bisa menggunakan aplikasi bawaan Windows dan juga menggunakan aplikasi tambahan. 

Demikian berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan WiFi di laptop. Silahkan dicoba dan semoga berhasil.