6 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10

Bagi saya, fitur bluetooth di laptop sangat bermanfaat sekali. Saya sering menggunakannya untuk memindahkan file dari handphone ke laptop ataupun dari laptop ke HP. Selain karena tidak perlu kabel data dan download aplikasi tambahan, menggunakan bluetooth untuk transfer file juga mudah dan cepat jika file yang ditransfer sedikit.

Selain untuk mengirim dan menerima file, sebenarnya bluetooth juga memiliki manfaat lain seperti untuk menghubungkan laptop atau PC dengan perangkat printer, mouse wireless, keyboard wireless, speaker wireless, headset wireless, proyektor, dll.

Karena manfaatnya banyak, tentu sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara mengaktifkan bluetooth di laptop dan PC. Jika Anda belum tahu, silahkan simak cara-caranya dalam tutorial di bawah ini.

1. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Melalui Keyboard

Sebagian laptop ada yang memiliki tombol untuk menghidupkan dan mematikan bluetooth pada keyboardnya. Contohnya seperti tombol F1 pada gambar di bawah ini.

tombol bluetooth di keyboard laptop

Silahkan cek tombol F1 sampai dengan F12 pada keyboard laptop Anda, apakah ada yang berlogo bluetooth. Cek juga dibagian atas atau samping keyboard.

Jika ada, Anda bisa menekan tombol tersebut untuk mengaktifkan bluetooth atau tekan kombinasi tombol Fn + Tombol bluetooth tersebut.

Jika tidak ada tombol bluetooth di keyboard laptop Anda, silahkan coba cara selanjutnya di bawah ini.

2. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10 Melalui Action Center

  1. Buka Action Center. Caranya silakan klik ikon Action Center yang berada di pojok kanan bawah layar laptop atau desktop seperti yang saya beri tanda panah pada gambar berikut ini.

posisi action center windows 10

  1. Klik ikon atau kotak Bluetooth untuk mengaktifkan.

posisi tombol bluetooth windows 10

3. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10 Melalui Settings

  1. Pada kotak pencarian taskbar, ketikkan bluetooth. Kemudian klik Open.

pencarian bluetooth pada kotak taskbar

  1. Klik slider Bluetooth sampai tulisannya menjadi On seperti gambar di bawah ini.

posisi bluetooth dan other device setting

4. Cara Mengaktifkan Bluetooth Melalui Device Manager

Jika pada Action Center dan Settings tidak muncul tombol untuk mengaktifkan Bluetooth, maka kemungkinannya adapter bluetooth terdisable. Untuk mengaktifkannya Anda harus ke Device Manager.

  1. Buka Device Manager. Bisa melalui Control Panel atau pada kotak pencarian taskbar ketikkan device manager.
  1. Cari adapter Bluetooth yang terbaca oleh Device Manager. Kemudian lakukan klik kanan dan pilih Enable device.

bluetooth pada device manager

  1. Buka Action Center atau Bluetooth Settings seperti kedua cara di atas. Jika sudah terbaca tetapi masih dalam posisi Off, maka tinggal klik supaya aktif.

5. Mengaktifkan Bluetooth yang Belum Install Driver

Jika semua cara di atas belum bisa berhasil mengaktifkan bluetooth laptop, padahal spek laptop yang Anda punya ada bawaan bluetoothnya, maka kemungkinan driver bluetooth-nya belum diinstal.

Driver bluetooth biasanya disertakan dalam CD yang sepaket saat membeli laptop. Jika CD driver tidak disertakan, maka Anda harus download dari internet.

Situs resmi setiap merek laptop biasanya menyediakan driver dan juga update driver yang bisa di download. Saran saya cari dulu driver sesuai tipe bluetooth di laptop Anda dari situs resminya. Kalau sudah dapat, tinggal lakukan instalasi driver bluetooth nya.

6. Jika Tidak Ada Hardware Bawaan Bluetooth, Gunakan USB Dongle Bluetooth

Saat membeli laptop, sebagian besar orang pasti mencari tahu dulu spesifikasi laptop yang akan dibelinya. Selain processor dan RAM, kemungkinan besar pembeli juga akan mengecek apakah ada fitur WiFi dan bluetooth-nya.

Jika laptop tidak ada fitur bluetooth-nya atau tidak ada bluetooth built-in, maka agar laptop tersebut bisa menggunakan bluetooth adalah dengan menggunakan Dongle USB Bluetooth.

Saat ini banyak merek USB Dongle Bluetooth yang tersedia di pasaran dan juga banyak dijual di toko-toko online. Salah satu contohnya seperti gambar berikut ini.

usb bluetooth dongle

Penggunaan USB Dongle Bluetooth ini sederhana. Tinggal colok ke lubang usb laptop ataupun PC desktop. Jika beberapa merek USB Dongle Bluetooth ada yang minta install driver, biasanya drivernya disertakan dengan CD penjualan atau bisa juga sudah include di dalam USB bluetooth-nya.

Untuk mengaktifkan WiFi, lihat tutorialnya di Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop Windows.

Dari semua cara di atas, silahkan dipilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Semoga artikel tutorial cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows ini bermanfaat dan memudahkan Anda melakukan pemindahan data atau file dari laptop ataupun untuk keperluan lainnya.