4 Cara Print Excel Agar Full Kertas Dengan Mudah

Bagi Anda yang belum terbiasa dengan program Microsoft Excel, mungkin mencetak lembar kerja menjadi sesuatu yang cukup sulit untuk dilakukan. Sebab, apa yang dicetak kadang tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Nah, jika Anda penasaran bagaimana cara print Excel agar full kertas, artikel ini semoga bisa membantu Anda.

Cara Mencetak Lembar Kerja Excel

Untuk mencetak lembar kerja Excel, prosedur yang digunakan sebenarnya sama saja dengan cara mencetak dokumen pada Microsoft Word, yaitu:

  1. Tekan tombol Ctrl + P, atau
  2. Klik menu bar “File”, lalu pilih “Print“.

Setelah itu, Anda bisa melakukan pengaturan cetak sebelum mengklik tombol “Print” dan memulai proses pencetakan. Beberapa hal yang bisa Anda atur pada menu “Print” tersebut antara lain:

Cara Print Excel Agar Full Kertas

  1. Jumlah copy,
  2. Area yang akan Anda cetak,
  3. Orientasi halaman,
  4. Ukuran kertas,
  5. Margin cetak, dan
  6. Skala cetak.

Silakan baca juga tutorial Cara Membuat Tabel di Excel.

Cara Print Excel Agar Full Kertas

Beberapa cara cetak agar full kertas yang disampaikan berikut akan ‘memanfaatkan’ pengaturan cetak yang telah disebutkan di atas. Yuk, kita bahas cara print Excel agar full pada kertas satu per satu!

a. Mengatur margin cetak

Mengatur sisi (margin) halaman cetak merupakan salah satu cara print Excel agar full kertas. Pada umumnya, Anda bisa memilih tiga jenis margin di Excel, yaitu Normal, Narrow, dan Wide. Anda bisa juga membuat pengaturan margin sendiri melalui fitur ”Custom margins”.

Untuk memperlebar area yang bisa dicetak dalam satu halaman, gunakan pengaturan margin Narrow. Anda juga bisa mengurangi margin dari Narrow margin dengan mengaturnya di fitur Custom margins.

cara mengatur margin print excel

Agar bisa menggunakan full kertas, Anda bisa menggunakan margin 0 (nol) untuk semua sisi. Jadi, pada menu Custom margins, masukkan ‘0’ (nol) untuk semua sisi, yaitu top, header, right, footer, bottom, dan left.

Lalu, jangan lupa untuk klik pada kedua checkbox “Center on Page” agar tampilan lembar kerja Anda center atau ditampilkan di tengah kertas cetak. Jika tidak perlu ditampilkan ditengah-tengah, tidak perlu diceklis.

b. Mengubah orientasi halaman

Cara selanjutnya yang bisa Anda pilih agar hasil cetak Excel Anda full kertas adalah dengan mengubah orientasi halaman. Tempat mengaturnya, lihat Nomor 3 pada gambar paling atas.

Jika lembar kerja Anda terdiri dari banyak kolom, orientasi landscape lebih disarankan dibandingkan dengan orientasi portrait. Demikian pula sebaliknya, bila lembar kerja Anda memiliki jumlah baris banyak dan kolom sedikit, orientasi portrait bisa Anda pilih.

c. Mengatur skala cetak

Pengaturan skala cetak bisa Anda temukan dengan mudah dengan melakukan prosedur berikut:

  1. Pada lembar kerja Anda, arahkan kursor pada menu bar, lalu klik tab “Page Layout”.
  2. Arahkan pada menu “Scale to Fit”.
  3. Lalu, atur skala pada “Width”, “Height”, atau keduanya.
    • Pengaturan “Width” bisa Anda gunakan untuk mengatur skala horizontal sebuah lembar kerja saat dicetak nantinya. Misalnya, jika Anda bekerja dengan 100 kolom, dengan pengaturan “Width” Anda bisa membuat 100 kolom terbagi ke 2 halaman.
    • Pengaturan “Height” bisa Anda gunakan untuk mengatur skala vertikal sebuah lembar kerja saat dicetak nantinya. Sebagai contoh, jika Anda bekerja dengan 100 baris, melalui pengaturan “Height”, Anda bisa membuat satu halaman memuat 100 baris sekaligus.

Selain itu, Anda bisa juga mengatur skala cetak secara keseluruhan. Untuk melakukan pengaturan skala yang satu ini, Anda harus membuat pengaturan “Width” dan “Height” menjadi Automatic terlebih dahulu. Lalu, ketikkan angka yang Anda kehendaki di kolom ”Scale”.

mengatur scale print excel

d. Mengatur ukuran kertas

Mengatur ukuran kertas bisa menjadi cara print Excel agar full kertas, lho. Misal, ukuran default kertas pada Excel Anda adalah A4. Anda bisa mengaturnya ke ukuran A3 melalui cara berikut:

cara mengatur ukuran kertas excel

  • Arahkan kursor Anda pada menu bar “Page Layout”,
  • Pada menu “Page Setup”, klik “Size”,
  • Pilih ukuran kertas A3 (atau ukuran kertas lain yang Anda inginkan).

Dengan mengubah ukuran kertas ke ukuran yang lebih besar, Anda bisa memuat lebih banyak baris dan kolom lembar kerja. Anda juga membutuhkan lebih sedikit kertas untuk mencetak lembar kerja Anda, meski itu berarti Anda harus menyiapkan kertas yang berukuran lebih besar.

Silakan baca juga tutorial Cara Membuat Grafik di Excel.

Kesimpulan

Jika Anda berminat untuk mencetak lembar kerja Anda full kertas, sebenarnya dengan menggunakan metode mengubah margin Anda sudah bisa mencetak lembar kerja tersebut full kertas.

Perlu diingat juga, jika Anda sudah mengubah margin, maka Anda tidak perlu lagi melakukan pengukuran skala cetak. Sebab, secara default Excel sudah mengatur agar hasil cetak sesuai dengan ukuran aslinya.

Anda bisa mengubah skala cetak jika Anda berminat untuk:

  1. Menampilkan satu sheet secara keseluruhan dalam selembar kertas,
  2. Menampilkan semua kolom di lembar kerja dalam selembar kertas, atau
  3. Menampilkan semua baris di lembar kerja dalam selembar kertas.

Tak hanya dengan menggunakan pengaturan skala ini, pengaturan orientasi halaman dan ukuran kertas juga bisa dimanfaatkan untuk menghemat jumlah kertas yang digunakan untuk mencetak lembar kerja Anda.

Itulah cara print Excel agar full kertas serta beberapa trik yang bisa Anda terapkan untuk mengatur ukuran cetak lembar kerja. Semoga bermanfaat, ya!