Cara Memindahkan File Dari Handphone Ke Laptop Dengan Cepat

Memory handphone Anda penuh? Ingin memindahkan sebagian datanya ke laptop? Simak cara memindahkan file dari handphone ke laptop berikut ini.

Apapun keperluan Anda, baik itu untuk mengurangi ruang memory handphone ataupun karena memang ada file yang harus dipindahkan ke laptop untuk suatu keperluan, maka untuk melakukannya bisa dengan banyak cara.

Dalam artikel tutorial ini, Saya akan menunjukkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memindahkan file HP ke laptop.

Silahkan dibaca semuanya dan nanti tinggal Anda pilih sesuai keinginan dan ketersediaan alat yang dimiliki.

Sekarang kita mulai dengan cara yang pertama.

Cara Memindahkan File Dari HP Ke Laptop Dengan Kabel Data

Menurut saya, ini adalah cara yang paling mudah. Anda tidak perlu install aplikasi tambahan. Tinggal hubungkan HP dengan laptop menggunakan kabel data.

Saat ini, kebanyakan kabel casan handphone juga berfungsi sebagai kabel data. Jadi kita tidak perlu repot-repot untuk mencari kabel data.

Adapun cara untuk memindahkan file HP ke komputer atau laptop menggunakan kabel data adalah sebagai berikut.

  1. Hubungkan HP dengan laptop menggunakan kabel data.
  1. Pada HP buka Pengaturan atau Setelan. Pilih Perangkat terhubung, kemudian pilih USB. Pada layar pengaturan Preferensi USB pilih opsi Transfer File.

preferensi usb transfer file

  1. Pada Laptop, buka File Explorer. Klik nama HP yang muncul, kemudian dobel klik nama drive yang muncul sesuai HP Anda yang biasanya namanya Penyimpanan bersama internal. Agar lebih jelas lihat gambar berikut.

panampakan nama hp di file explorer

  1. Untuk contoh, saya akan memindahkan data file Foto dan Video yang dihasilkan dari kamera HP. Biasanya atau defaultnya oleh sistem Android file-file tersebut disimpan di Folder DCIM. Maka saya dobel klik Folder DCIM.

folder DCIM hp Android

  1. Jika Anda akan mengcopy semua file Foto dan Video yang dihasilkan dari kamera HP, maka copy Folder Camera. Caranya bisa klik kanan Folder Camera, Pilih Copy.

Jika akan mengcopy sebagian Foto atau Video, maka dobel klik Folder Camera. Kemudian silahkan pilih file-file yang akan dicopy. Gunakan kombinasi tombol Shift pada keyboard dan klik untuk langsung memilih banyak file dan kombinasi tombol Ctrl pada keyboard dan klik untuk memilih file satu-satu.

Kalau sudah dipilih, lakukan klik kanan, kemudian klik Copy.

copy file dari hp ke laptop

  1. Anda bisa mempaste file yang sudah dicpoy dimana saja pada drive ataupun folder di Laptop Anda. Misalnya jika ingin disimpan di drive D, maka lakukan klik kanan pada drive D. Kemudian klik Paste.

Jika Anda kesulitan mencari file di HP yang akan dipindahkan ke Laptop, tipsnya gunakan bantuan tool Search File Explorer. Misalnya saya kesulitan mencari file yang namanya Bidang Biru, maka di Search File Explorer saya ketikkan bidang biru seperti gambar berikut.

pencarian file hp dengan file explorer

Setelah hasil pencariannya muncul, saya tinggal lakukan klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih Copy dan mempastenya di folder laptop yang saya kehendaki.

Kelebihan memindahkan file dengan kabel data diantaranya yaitu proses transfer file cepat, tidak perlu install aplikasi tambahan, dan tidak memerlukan koneksi internet.

Namun bagaimana jika kabel datanya tidak ada? Mau tidak mau Anda harus menggunakan cara lain dan silahkan coba cara kedua di bawah ini.

Cara Memindahkan File Dari HP Ke Laptop Dengan Bluetooth

Untuk memindahkan file menggunakan Bluetooth, tentu saja handphone dan laptop Anda harus ada Bluetooth-nya.

Jika memang ada, maka cara mudah memindahkan file nya adalah sebagai berikut.

  1. Aktifkan bluetooth di laptop Anda. Jika menggunakan Windows 10, caranya bisa klik icon Action Center yang ada di pojok kanan bawah laptop.

Icon Action Center Windows 10

  1. Klik kotak atau icon Bluetooth untuk mengaktifkan. Setelah bluetooth aktif, tutup Action Center.

aktifkan bluetooth windows 10

  1. Klik icon panah pada Taskbar, lakukan klik kanan pada icon Bluetooth Devices. Kemudian klik Receive a File. Supaya lebih jelas, silahkan lihat gambar di bawah ini.

memindahkan file dengan bluetooth

  1. Pada HP Anda, buka file yang akan ditransfer ke laptop. Untuk contoh saya akan mentransfer foto seperti gambar di bawah. Tap foto satu kali agar fitur Share muncul seperti gambar di bawah. Kemudian tap fitur Share tersebut.

foto yang akan dipindahkan ke laptop

  1. Ceklis foto-foto yang akan ditransfer ke laptop. Kemudian tap Bluetooth.

pilih foto yang akan ditransfer

  1. Apabila muncul kotak dialog yang menanyakan Hidupkan Bluetooth sekarang? Maka tap HIDUPKAN.
  1. Bluetooth handphone akan mencari dan menampilkan nama perangkat yang terbaca. Jika nama laptop Anda sudah terbaca, maka tap nama laptopnya. Untuk contoh lihat gambar berikut.

perangkat yang tertangkap bluetooth

  1. Jika berhasil tersambung, proses transfer akan berjalan seperti gambar di bawah. Silahkan tunggu sampai semua file berhasil ditransfer.

proses transfer file melalui bluetooth

  1. Klik tombol Browse untuk menentukan Folder atau Drive tempat penyimpanan hasil transfer. Kalau sudah, bisa klik tombol Finish.

bluetooth file transfer berhasil

  1. Kalau sudah tidak ada lagi file yang akan ditransfer, jangan lupa matikan Bluetooth pada laptop melalui Action Center dan juga Bluetooth pada HP melalui pengaturan atau menu yang disapu dari atas atau bawah sesuai merek HP Anda.

Kelebihan transfer file menggunakan Bluetooth diantaranya yaitu tidak perlu kabel data, tidak perlu install Aplikasi tambahan, dan tidak perlu koneksi internet.

Tetapi perlu diketahui, kalau proses transfer file-nya tidak cepat. Jadi tidak cocok dan sangat tidak disarankan jika Anda akan mentransfer banyak file atau beberapa file berukuran besar.

Kalau laptop Anda tidak ada Bluetooth-nya dan juga sedang tidak pegang kabel data, maka cara berikutnya bisa dicoba.

Cara Memindahkan File Dari Handphone Ke Laptop Dengan Aplikasi SHAREit

SHAREit merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengirim berbagai jenis file ke berbagai jenis perangkat. Sistem operasi perangkat yang bisa menggunakan SHAREit adalah Windows, Android, Winphone, iOS, dan mac OS.

Menurut informasi dari situs resminya, SHAREit tidak menggunakan kuota internet ketika mentransfer maupun menerima file dan memiliki kecepatan transfer 200 kali lebih cepat dari Bluetooth.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mentransfer file dari handphone ke laptop menggunakan SHAREit, salah satunya seperti di bawah ini.

  1. Pada handphone, download dan install Aplikasi SHAREit dari Play Store.
  1. Pada laptop, download dan install Aplikasi SHAREit dari situs resminya di https://shareit.ushareit.com/
  1. Buka Aplikasi SHAREit pada laptop.

tampilan utama aplikasi shareit pada laptop

  1. Buka Aplikasi SHAREit pada handphone. Kemdudian tap menu paling kanan atas. Agar lebih jelas lihat yang saya beri tanda panah merah pada gambar di bawah ini.

menu aplikasi shareit di handphone

  1. Tap Sambungkan ke PC.

tool shareit sambungkan ke pc

  1. SHAREit akan memindai perangkat disekitarnya yang menggunakan jaringan WiFi yang sama. Jika nama laptop langsung terbaca seperti gambar di bawah, maka bisa langsung tap nama laptop tersebut. Kemudian pada Aplikasi SHAREit di laptop, klik tombol Accept.

shareit memindai pc disekitarnya

Catatan: jika nama laptop Anda tidak langsung terbaca, maka bisa tap tombol Pindai untuk Koneksi. Pada Aplikasi SHAREit di laptop, klik Show QR Code. Kemudian pindai QR Code yang muncul pada laptop dengan handphone.

  1. Setelah berhasil tersambung, pada handphone pilih file-file yang akan ditransfer. Kemudian tap tombol Berikutnya.

Untuk contoh saya akan mentransfer file-file PDF hasil downloadan handphone. Maka untuk menuju alamat penyimpanannya, saya tap File > Penyimpanan bersama internal > Download. Kemudian saya ceklis file-file yang akan ditransfer dan men-tap tombol Berikutnya.

ceklis file file yang akan dipindahkan

  1. Pada Aplikasi SHAREit di laptop, proses transfer file akan ditampilkan dan yang sudah 100% berhasil akan ditandai dengan ceklis hijau. Untuk alamat hasil penyimpanan transfer file di laptop, defaultnya terletak di folder Download > SHAREit > NamaHandphone > file.

alamat hasil transfer file dari handphone

  1. Kalau semua file yang ingin ditransfer sudah diproses semua, jangan lupa putuskan koneksi antara handphone dengan laptop. Dari Aplikasi SHAREit di laptop klik tombol Disconnect atau dari Aplikasi SHAREit di handphone tap simbol X di kanan atas.

Saat ini Aplikasi SHAREit tidak hanya berfungsi untuk transfer file, tetapi juga bisa untuk memutar video, musik, dan bahkan menyediakan banyak video yang bisa ditonton.

Karena SHAREit gratis, maka jangan heran jika nanti muncul banyak iklan. Mungkin sebagian orang termasuk saya tidak suka dengan iklannya yang terlalu sering muncul. Tetapi karena gratis, ya sudah nerima saja. Tinggal abaikan iklannya dan manfaatkan fitur aplikasinya.

Aplikasi Lain untuk Transfer File Dari Handphone ke Laptop

Selain SHAREit, Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk transfer file dari handphone ke laptop diantaranya adalah AirDroid, Resilio Sync, MiDrop, dan Pushbullet. Selain itu Anda juga bisa mengirim file dengan menggunakan layanan cloud seperti Google Drive, DropBox, OneDrive, dll.

Disamping menggunakan aplikasi, cara lain untuk memindahkan data dari HP ke laptop bisa menggunakan memory card (kartu memori) atau kartu SD. Dengan syarat HP dan laptop Anda mendukung. Jadi di HP nya menggunakan memory card dan di laptopnya ada slot untuk memasukkan memory card nya.

Jadi banyak cara dan banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memindahkan file dari handphone ke laptop dan sebaliknya memindahkan file dari laptop ke HP.

Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan dan ketersediaan alat yang ada. Ketiga cara yang saya contohkan di atas menurut saya yang paling mudah dan memang paling sering saya gunakan.

Demikian berbagai cara memindahkan file dari handphone ke laptop yang bisa saya sampaikan. Silahkan dicoba dan semoga tutorialnya bermanfaat. Terima kasih.