8 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows Dengan Mudah dan Lengkap

Ingin tahu spesifikasi laptop Anda? Processor-nya apa, RAM-nya berapa, Windows-nya yang 32 bit atau 64 bit? Atau bahkan ingin ngecek jenis Motherboard-nya, Graphics-nya, core speed, threads, cache levels, dll? Tenang, Anda bisa melakukannya dengan mempraktekkan tutorial cara melihat spesifikasi laptop Windows berikut ini.

Jika Anda mau membeli laptop atau PC, tentu penting untuk mengecek spesifikasinya sendiri. Jangan sampai terjadi, spek yang disampaikan penjual tidak sama dengan spek sebenarnya laptop tersebut.

Itulah mengapa mengetahui cara melihat spesifikasi laptop dan komputer sangat penting.

Bahkan jika Anda mendapat laptop inventaris kantor dan akan menginstall sebuah aplikasi, mengetahui spek sangat penting. Kalau tidak dicek dulu spek laptopnya, bisa kejadian nanti menginstall Aplikasi yang terlalu berat atau salah bit-nya. Misalnya laptop dengan Windows 32 bit diinstall aplikasi yang 64 bit.

Tetapi untuk apapun kebutuhannya, inilah 8 cara mengetahui spesifikasi laptop Windows.

Sekarang, mari kita cermati cara yang pertama berikut ini.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows Melalui Properties This PC

Inilah cara yang paling umum dan paling sering digunakan oleh banyak orang. Cara ini sudah cukup, jika hanya ingin melihat spesifikasi dasar seperti Processor, RAM, dan tipe bit Windows yang digunakan.

Adapun salah satu cara membuka Properties sebuah laptop adalah sebagai berikut.

  1. Buka File Explorer. Kemudian lakukan klik kanan pada This PC, pilih Properties. Jika di laptop Anda tidak muncul nama This PC, kemungkinan namanya bisa Computer.

properties computer windows 10

  1. Akan muncul Windows System yang menampilkan informasi spesifikasi laptop atau komputer. Mulai dari informasi Windows edition, Processor, RAM, sampai Product ID akan tampil seperti gambar berikut.

kotak dialog system windows 10

Jika ingin melihat informasi spesifikasi PC dan laptop lebih banyak, silahkan ikuti cara yang kedua di bawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows Melalui System Information

Cara yang kedua ini akan menampilkan informasi dalaman laptop lebih banyak. Misalnya akan menampilkan informasi versi BIOS yang digunakan, Physical Memory, Virtual Memory, dll. Untuk membuka jendela System Information-nya, silahkan ikuti tahapan di bawah ini.

  1. Pada kotak pencarian taskbar ketikkan system information, kemudian klik Open. Untuk contoh agar lebih jelas, lihat gambar di bawah ini.

pencarian system information melalui taskbar

  1. Akan muncul Windows System Information yang berisi spesifikasi laptop atau PC. Mulai dari OS Name, Version, Processor, RAM, Physical Memory, Virtual Memory, sampai Hyper-V-Data Execution Protection.

kotak dialog system information windows 10

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows Melalui Command Prompt

Windows Command Prompt bisa digunakan juga untuk melihat informasi spesifikasi laptop. Informasinya sebenarnya hampir sama dengan cara kedua di atas. Tetapi ada tambahan informasi yang ditampilkan seperti Registered Owner dan Product ID (Jika menggunakan Windows Original, datanya akan ditampilkan).

Tahapan mudah melihat spesifikasi dengan Command Prompt adalah sebgai berikut.

  1. Buka Command Prompt. Jjika Anda menggunakan Windows 10, salah satu caranya melalui kotak pencarian taskbar ketikkan command prompt, kemudian klik Open.
  1. Pada Windows Command Prompt, ketikkan systeminfo kemudian enter. Maka akan muncul informasi seperti gambar di bawah ini.

windows command prompt menampilkan system information

Bagaimana? Masih perlu tambahan informasi mengenai spesifikasi komputer? Kalau iya, silahkan ikuti cara berikutnya di bawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi Komputer atau Laptop Melalui DirectX Diagnostic Tool

Tenang, DirectX Diagnostic masih merupakan tool bawaan Windows. Jadi Anda tidak perlu install aplikasi tambahan. Informasi spek yang ditampilkan DirectX Diagnostic Tool lebih banyak dibandingkan dengan ketiga cara di atas.

Adapun langkah-langkah untuk membuka DirectX Diagnostic Tool seperti berikut ini.

  1. Pada kotak pencarian taskbar ketikkan dxdiag, kemudian klik Open.

pencarian dxdiag melalui search taskbar

Catatan: Jika Anda tidak menggunakan Windows 10, cara membuka dxdiag bisa tekan logo Windows+R pada keyboard. Kemudian ketikkan dxdiag dan klik OK.

  1. Akan muncul kotak dialog DirectX Diagnostic Tool yang berisi informasi spesifikasi laptop. Ada 4 tab yang terdiri dari System, Display, Sound, dan Input. Bisa diklik masing-masing tab tersebut untuk melihat informasi di dalamnya.

kotak dialog directx diagnostic tool

Itulah 4 cara yang bisa dilakukan untuk melihat spesifikasi laptop dan komputer menggunakan tool bawaan Windows. Sekarang akan saya kupas 4 cara lain melihat spesifikasi menggunakan aplikasi atau software tambahan.

Melihat Spesifikasi Menggunakan Software Lenovo Vantage (Khusus Laptop Lenovo)

Laptop-laptop Lenovo keluaran terbaru dengan Windows original biasanya sudah terinstall Aplikasi Lenovo Vantage. Aplikasi ini selain berfungsi untuk update driver dan sistem, juga bisa digunakan untuk melihat spek laptop Lenovo yang Anda miliki.

Jika menggunakan Laptop Lenovo dan belum terinstall Lenovo Vantage, Anda bisa juga menginstall sendiri dari Microsoft Store.

Untuk melihat spesifikasi dengan Lenovo Vantage adalah sebagai berikut.

  1. Buka Aplikasi Lenovo Vantage.
  1. Klik menu Device, kemudian pilih My Device. Untuk gambaran, lihat tampilan di bawah ini.

spesifikasi laptop dengan aplikasi lenovo vantage

Untuk informasi tambahan, bisa klik menu Hardware Scan, kemudian klik tombol Scan. Nanti akan ditampilkan hardware yang tertanam di Laptop Lenovo tersebut.

Bagi Anda yang tidak menggunakan Laptop Lenovo, saya akan tunjukkan 3 software tambahan yang banyak digunakan orang. Yaitu Speccy, CPU-Z, dan HWiNFO. Untuk uraian cara penggunaan masing-masing software tersebut, silahkan lanjutkan membaca.

Melihat Spesifikasi Laptop Menggunakan Software Speccy

Software Speccy berfungsi untuk menampilkan informasi spesifikasi komputer dan laptop dengan cukup lengkap. Baik itu informasi OS, CPU, RAM, Motherboard, Graphics, Storage, Optical Drive, dan Audio. Bahkan Anda bisa melihat temperature atau suhu CPU saat itu.

Speccy dibuat oleh perusahaan yang sama dengan yang membuat Aplikasi CCleaner. CCleaner saat ini sudah didownload lebih dari 2,5 Milyar kali oleh pengguna dari seluruh dunia. Jadi dengan ukuran file instalasi hanya kurang lebih 6,7 Mb, Speccy aman dan bisa diandalkan.

Speccy tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk menampilkan informasi spesifikasi laptop, menggunakan yang versi gratisnya saja suduh cukup. Dalam pembuatan tutorial ini, saya mendownload dan menggunakan yang versi gratis juga.

Adapun urutan cara melihat spesifikasi laptop dengan Speccy adalah sebagai berikut.

  1. Download Software Speccy dari situs resminya di https://www.ccleaner.com/speccy/download. Kemudian install di laptop Anda.
  1. Buka Speccy yang sudah terinstall. Tanpa perlu klik ini dan itu, informasi spesifikasi laptop ataupun PC tablet akan langsung ditampilkan seperti gambar di bawah ini.

info spesifikasi laptop dengan software speccy

Melihat Spesifikasi Laptop Menggunakan Software CPU-Z

Jika Anda pernah melihat video review laptop di Youtube, maka kemungkinan sudah pernah melihat Aplikasi CPU-Z beraksi. Aplikasi ini sering digunakan orang untuk melihat spesifikasi secara detail.

Misalnya untuk informasi Processor tidak hanya menampilkan nama processor-nya tetapi juga codename, core speed, threads, cache levels, dll.

CPU-Z merupakan Aplikasi yang 100% gratis. Dengan ukuran file instalasi hanya kurang lebih 1,8 Mb, CPU-Z bisa dijalankan pada sistem operasi Windows dan Android.

Untuk melihat spesifikasi dengan CPU-Z, silahkan ikuti panduan di bawah ini.

  1. Download Software CPU-Z dari situs resminya di https://www.cpuid.com/downloads/cpu-z/cpu-z_1.92-en.exe. Kemudian install di laptop Anda.
  1. Buka CPU-Z yang sudah terinstall. Detail spesifikasi laptop akan langsung ditampilkan seperti gambar berikut.

kotak informasi CPU Z

Melihat Spesifikasi Laptop Menggunakan Software HWiNFO

HWiNFO merupakan software yang 100% gratis. Bisa digunakan untuk melihat informasi hardware laptop ataupun PC secara komprehensif.

Selain itu, HWiNFO bisa berfungsi juga untuk memonitor kesehatan sistem laptop (daya, kipas, tegangan, suhu) dan mengecek update driver terbaru pada laptop Anda.

Adapun cara untuk menggunakan HWiNFO adalah sebagai berikut.

  1. Download Software HWiNFO dari situs resminya di https://www.hwinfo.com/download/. Kemudian install di laptop Anda.
  1. Buka HWiNFO yang sudah terinstall. Spesifikasi laptop akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini.

Tampilan Aplikasi HWiNFO Windows

Itulah 8 cara melihat spesifikasi laptop Windows yang bisa saya sampaikan. Jadi 4 cara melihat spesifikasi dari laptop dan PC menggunakan tool bawaan Windows dan 4 cara menggunakan software tambahan. Silahkan dicoba dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Terimakasih dan semoga tutorianya bermanfaat.