Cara Update Google Chrome di Laptop dengan Mudah

Cara update Google Chrome di laptop sangat mudah dan cepat, prosesnya tidak sampai satu menit. Tentunya anda harus punya koneksi internet untuk melakukannya.

Sebenarnya browser Google Chrome bisa melakukan update secara otomatis, tanpa kita harus melakukannya secara manual.

Tetapi tidak ada salahnya kalau memeriksa apakah browser chrome di laptop kita sudah versi terupdate atau belum. Jika belum, maka kita bisa sekalian melakukan update secara manual.

Untuk langkah-langkah melakukan pemeriksaan dan sekaligus mengupdate chrome secara manual, silakan ikuti tahapan di bawah ini.

Cara Update Google Chrome di Laptop

  1. Buka Google Chrome.
  2. Klik ikon titik tiga di kanan atas.
  3. Pilih Update Google Chrome.
  4. Klik Relaunch atau Luncurkan Kembali.

Jika tombol Update Google Chrome tidak muncul, berarti Chrome sudah dalam versi terbaru. Untuk mengecek apakah betul Chrome sudah up to date, bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka Google Chrome.
  2. Klik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas, pilih Help. Kemudian klik About Google Chrome. Supaya lebih jelas, lihat gambar berikut. cara update google chrome di laptop

Jika Google Chrome anda dalam Bahasa Indonesia, pilih Bantuan. Kemudian klik Tentang Google Chrome.

  1. Google Chrome akan memeriksa pembaruan dan melakukan update otomatis jika ada versi terbaru. Tunggu prosesnya sampai selesai.

google chrome memeriksa update otomatis

  1. Jika Google Chrome anda sudah dalam versi terbaru, maka akan muncul pesan Google Chrome is up to date seperti gambar di bawah ini.

google chrome sudah update

Jika Google Chrome baru melakukan update, maka akan muncul pesan Nearly up to date! Relaunch Google Chrome to finish updating dan muncul tombol Relaunch.

Klik tombol Relaunch untuk meluncurkan ulang Google Chrome dan menyelesaikan update. Google Chrome akan tertutup sendiri dan kemudian membuka kembali dengan tab-tab yang terakhir terbuka.

Silakan baca juga tutorial Cara Menghapus Cache di Laptop Windows (Agar lebih ringan dan cepat).

Info Tambahan Seputar Update Google Chrome

Jika mengalami proses update browser Google Chrome di PC atau laptop tidak berhasil, kemungkinan anda akan melihat pesan Update gagal.

Proses update Google Chrome ke versi yang terbaru gagal, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya update dinonaktifkan oleh administrator, server update tidak tersedia, gagal memulai pemeriksaan update, download gagal, menggunakan system operasi Windows XP atau Windows Vista atau Chrome disetting untuk berjalan dalam mode kompatibilitas windows.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Uninstall Google Chrome, download ulang Chrome dari situs resminya. Kemudian install ulang. Jika tetap belum berhasil, hubungi administrator dan minta untuk menyelesaikan update software chrome.

Jika update Chrome di PC gagal karena masalah setting kompatibilitas, maka setting mode kompatibilitas windows nya tinggal dirubah atau dihilangkan. Dengan catatan anda memang tidak menggunakan OS Windows XP ataupun Vista. Karena kedua OS ini tidak didukung untuk menjalankan chrome.

Penutup

Demikian cara memeriksa pembaruan Google Chrome dan melakukan update Google Chrome secara otomatis dan manual. Bisa anda lihat, tahapannya sedikit dan mudah untuk dicoba.

Untuk menambah referensi penggunaan laptop, silakan baca juga tutorial saya yang Cara Screen Shot di Laptop dengan berbagai pilihan cara dan aplikasi.

Selamat mencoba dan semoga tutorialnya bermanfaat. Sampai bertemu lagi di tutorial-tutorial saya yang lain. Terimakasih.

Artikel Lainnya :
Artikel Lainnya :