Tutorial Lengkap Cara Screen Shot di Laptop dan PC dengan Mudah

cara screenshot di laptop

Sedang mencari tutorial cara screen shot di laptop dan PC? Anda datang ke halaman yang tepat. Dalam artikel tutorial ini, saya akan menunjukkan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melakukan screenshot layar.

Saya pribadi banyak sekali melakukan screen shot di laptop windows. Baik untuk keperluan bukti transfer, menyimpan tampilan yang menarik atau penting dari sebuah situs, maupun untuk keperluan pembuatan artikel tutorial.

Tetapi untuk apapun keperluannya, berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan screenshot pc ataupun laptop.

Cara Screen Shot di Laptop Menggunakan Tombol Print Screen

  1. Siapkan penampakan objek pada layar laptop atau PC yang akan di screen shot. Untuk contoh saya akan men-screenshot layar kotak dialog Drawing Units Program AutoCAD Map 3D 2010.
  1. Tekan tombol print screen prtsc pada keyboard (cukup satu kali). Pada laptop ASUS, tombolnya seperti yang saya beri tanda kotak merah di bawah ini.

cara screen shot di laptop

Catatan :

Tombol print screen di semua merek laptop ataupun PC hampir sama. Kalaupun ada perbedaan, paling dari sisi penulisan. Misalnya pada laptop Acer, tulisannya PrtSc (digabung) sedangkan pada laptop Asus seperti penampakan keyboard di atas, tulisannya prt SC (dipisah).

  1. Buka program Paint. Jika anda belum tahu tempat menyimpan program ini, bisa melakukan pencarian program atau aplikasi seperti contoh gambar di bawah ini.

program paint di windows

Catatan :

Program Paint dipilih karena merupakan software bawaan windows yang hampir selalu ada di semua versi windows. Jika anda sudah menginstall windows, maka didalamnya sudah terinstal pula Program Microsoft Paint.

  1. Pada program Paint yang sudah terbuka lakukan paste. Caranya bisa tekan tombol Ctrl+V pada keyboard atau klik ikon Paste pada program Paint.

paste hasil screen shot

Contoh hasil paste yang saya lakukan, terlihat seperti gambar berikut.

cara screen capture di laptop

  1. Jika tidak akan mengedit dulu gambar hasil paste, anda bisa langsung menyimpannya dengan cara klik menu File > Save as. Kemudian pilih jenis file gambar, bisa PNG, JPEG, GIF, BMP, atau format gambar lain yang disediakan Program Paint.

menyimpan hasil screen shot

  1. Jika akan mengedit dulu gambar hasil paste, lakukan editing dengan tool yang tersedia di paint. Saya akan mencontohkan bagaimana melakukan crop atau memotong gambar hasil screenshot di Paint. Caranya, klik tab Home > Select > Rectangular selection. Supaya lebih jelas, lihat gambar berikut.

cara memotong hasil screenshot

  1. Buat rectangle atau kotak pada bagian gambar yang akan dicrop. Untuk contoh saya membuat kotak pada kotak dialog Drawing Units AutoCAD Map seperti gambar di bawah ini.

memilih gambar yang akan dicrop

  1. Klik tool Crop. Caranya klik tab Home, kemudian klik Crop. Supaya lebih jelas, lihat posisinya pada gambar berikut.

tool crop pada paint

Hasil crop yang saya lakukan, terlihat seperti gambar berikut.

hasil crop di program paint

  1. Selanjutnya tinggal lakukan penyimpanan atau Save as seperti langkah yang ke-5 di atas.

Cara Screen Shot di Laptop Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Kombinasi tombol Alt+PrintScreen pada keyboard, fungsinya untuk screen capture atau men-screenshot jendela program yang sedang aktif. Kalau yang ditekan hanya tombol PrintScreen, maka seluruh objek yang sedang tampil di layar laptop/pc akan diambil.

Untuk contoh biar lebih jelas, saya akan meng-screenshot pc desktop windows yang di atasnya sedang aktif jendela Program Microsoft Word seperti gambar di bawah ini.

cara screenshot di laptop

Kemudian pada keyboard saya tekan tombol alt+prt SC. Posisi tombolnya, lihat yang saya beri 2 kotak merah pada gambar berikut.

screenshot dengan alt print screen

Pada Program Paint, saya lakukan paste dengan cara tekan tombol Ctrl+V pada keyboard. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

hasil screenshot alt printscreen

Bisa dilihat pada gambar hasil paste di atas, gambar background desktop tidak terbawa sedikitpun. Itulah bedanya kalau yang digunakan tombol alt + printscreen.

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Kombinasi tombol Windows + PrintScreen, fungsinya akan mengambil screenshot di windows atau tampilan layar laptop/pc sekaligus menyimpan hasilnya menjadi sebuah file gambar.

Untuk contoh saya akan menscreenshot tampilan situs seperti di bawah ini.

cara ss di laptop

Kemudian pada keyboard saya tekan tombol Windows+prt SC. Posisi tombolnya, lihat yang saya beri 2 kotak merah pada gambar berikut.

screenshot dengan windows print screen

Layar laptop akan berkedip yang menandakan screenshot atau tangkapan layar telah dilakukan. Selanjutnya tinggal memeriksa file gambar hasil screenshot tersebut.

Caranya, buka windows explorer. Kemudian buka folder Screenshots. Letak folder Screenshots, bisa anda temukan di Libraries > Pictures. Untuk lebih jelas, lihat gambar berikut.

folder screenshots windows

Jika anda tidak menemukan folder Screenshots di Libraries Pictures, coba melalui alamat seperti berikut C:\Users\nama laptop anda\Pictures\Screenshots.

Adapun hasil screenshot yang saya lakukan, terlihat nama file gambarnya menjadi Screenshot (2).png seperti gambar berikut.

hasil screenshot windows printscreen

Cara lain untuk menemukan folder Screenshots, anda bisa melakukannya melalui kotak pencarian Windows Explorer. Tinggal ketikkan saja screenshots.

Cara Screen Shot di Laptop Menggunakan Snipping Tool

Aplikasi Snipping Tool merupakan Program bawaan Windows. Sama seperti Program Paint, anda tidak perlu menginstallnya terlebih dahulu. Jika anda sudah menginstall windows, maka otomatis Snipping Tool juga sudah terinstall di laptop anda.

Adapun cara melakukan screen shots dengan Snipping Tool adalah sebagai berikut.

  1. Buka Program Snipping Tool. Caranya, lakukan pencarian program atau aplikasi seperti contoh gambar di bawah ini.

program snipping tool windows

  1. Pada Snipping Tool yang sudah terbuka, klik tombol segitiga kecil. Kemudian pilih jenis Snip yang akan digunakan. Untuk contoh saya memilih Rectangular Snip seperti gambar di bawah ini.

screen shot dengan snipping tool

Catatan :

Free-form Snip, fungsinya untuk mengambil screenshot dengan bentuk bebas.

Rectangular Snip, fungsinya untuk mengambil screenshot dengan bentuk rectangular atau kotak.

Window Snip, fungsinya untuk mengambil screenshot jendela windows yang kita pilih. Mirip dengan fungsi kombinasi tombol Alt+PrintScreen.

Full-screen Snip, fungsinya untuk mengambil screenshot seluruh layar laptop/pc yang sedang tampil. Mirip dengan fungsi tombol PrintScreen.

  1. Buat kotak pada objek di layar laptop/pc yang akan diambil gambarnya. Untuk contoh saya membuat kotak pada objek kotak dialog Word Count Program Word. Setelah pembuatan kotak, objek otomatis terambil oleh Snipping Tool.
  1. Simpan gambar hasil screen shot dengan cara klik menu File > Save As. Agar lebih jelas, lihat gambar berikut.

hasil screen shot snipping tool

  1. Pada kotak dialog Save As, pilih folder dan jenis file gambar yang akan digunakan. Bisa PNG, GIF, atau JPG. Kemudian ketikkan nama file dan klik tombol Save.

Screenshot di Laptop Menggunakan Program Tambahan (Software Pihak Ketiga)

Selain menggunakan tools bawaan windows, screenshot juga bisa dilakukan menggunakan program tambahan dari penyedia aplikasi pihak ketiga. Tentunya anda harus meng instal aplikasi aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Jika anda belum puas dengan tool yang disediakan windows, anda bisa mencoba beberapa software screenshot yang fungsinya khusus untuk melakukan screen shot berikut ini.

Aplikasi PicPick

PicPick merupakan program berbasis windows yang berfungsi untuk mengambil screnshot dan kemudian menyediakan tool untuk mengedit hasil screenshotnya.

Objek screen shot yang bisa diambil berupa full screen, window, scrolling window, region, fixed region, dan freehand.

Saya cek di situs resminya picpick.app, saat ini tersedia versi gratis dan versi berbayar.

Aplikasi LightShot

Aplikasi LightShot tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac. Selain itu juga tersedia sebagai addon browser Chrome, Firefox, IE, dan Opera.

Dengan LightShot, anda bisa mengambil screenshot dengan mudah dan bisa mengedit hasilnya. Bahkan anda bisa mengupload hasil screenshot ke server LightShot yang kemudian diberikan link yang bisa dibagikan ke orang lain.

Saya cek di situs resminya app.prntscr.com/en/index.html, aplikasi ini gratis.

Aplikasi Monosnap

Aplikasi Monosnap tersedia untuk Windows dan Mac. Selain itu juga tersedia sebagai addon browser Chrome.

Dengan Monosnap, anda bisa mengambil screenshot dan juga mengedit hasilnya. Selain itu, anda juga bisa mengupload hasil screen shot ke cloud storage mereka dan kemudian membagikannya ke orang lain.

Saya cek di situs resminya monosnap.com, aplikasi ini ada versi gratis dan versi berbayarnya.

Sharing Pengalaman Tehnik Yang Sering Saya Gunakan Untuk Screenshot

Saya banyak membuat artikel tutorial yang dipublikasikan di internet. Salah satunya, tutorial yang sedang anda baca ini.

Agar tutorial mudah dipahami dan dipraktekkan oleh pembaca, saya banyak sekali membuat screenshot untuk melengkapi artikel tutorial. Dalam tutorial yang sedang anda baca ini saja, saya menyisipkan lebih dari 20 screen shot.

Cara yang saya gunakan untuk melakukan screenshot yang hasilnya dipublish di internet, saya menggunakan PrintScreen + Photoshop.

Pilihan saya jatuh kepada Photoshop, karena kemampuan editingnya yang luar biasa dan yang paling penting bisa mengkompress ukuran file gambar yang dihasilkan. Sehingga ketika dipublikasikan di internet, loading halaman situsnya menjadi lebih ringan.

Saya akan memberikan contoh, bagaimana melakukan screenshots dan mengkompres hasilnya di Photoshop.

  1. Tentukan objek pada layar laptop yang akan discreenshot. Kalau sudah, tekan tombol PrintScreen (prt SC atau prt scr) pada keyboard.
  1. Buka Program Photoshop. Versi yang saya gunakan adalah Adobe Photoshop CS6.
  1. Klik menu File > New. Pada kotak dialog New, klik tombol OK.
  1. Klik menu Edit > Paste.
  1. Edit gambar sesuai keperluan. Anda bisa melakukan crop, menutupi objek tertentu, memberi bingkai, dan banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan Photoshop. Untuk contoh ini, saya tidak melakukan editing apapun.
  1. Klik menu File > Save for Web.
  1. Pilih jenis file gambar hasil screenshot, bisa GIF, JPEG, PNG-8, PNG-24, atau WBMP. Saya sering menggunakan yang PNG-8 atau JPEG. Kalau sudah, klik tombol Save.
  1. Pilih folder, ketikkan nama file dan kemudian klik tombol Save.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas, ada 5 cara screenshot yang bisa anda gunakan. Yaitu screen shot menggunakan tombol PrintScreen, menggunakan tombol Alt+PrintScreen, menggunakan tombol Windows+PrintScreen, menggunakan SnippingTool, dan screenshot menggunakan program tambahan.

Jika anda akan mempublikasikan gambar hasil screen shot di situs, saran saya gunakanlah tombol PrintScreen, kemudian edit dan kompress hasilnya menggunakan Photoshop. Karena berdasarkan pengalaman dan juga sudah pernah saya bandingkan, ukuran file menjadi jauh lebih kecil.

Tetapi kalau keperluan anda hanya untuk mengirim bukti transfer atau melengkapi artikel di Word dan anda tidak punya Photoshop, menurut saya Program Paint sudah lebih dari cukup.

Kalau ingin membagikan hasil screenshot di internet dan anda tidak punya situs sendiri, saran saya gunakanlah Aplikasi LightShot. Disamping gratis, aplikasi ini bagus dan juga banyak orang yang menggunakan.

Untuk menambah referensi, silahkan pelajari juga tutorial Cara Mencari Masjid Terdekat atau Mushola Terdekat dengan Smartphone/PC dan Cara Menggunakan WhatsApp Web

Demikian artikel tutorial mengenai cara screen shot di laptop atau pc windows yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa dipraktekkan dan semoga bermanfaat.

shares