Cara Mengunci Folder di Laptop Windows Paling Aman & Gratis

Ingin folder atau file di laptop anda aman? Silahkan coba Cara Mengunci Folder di Laptop Windows dalam artikel tutorial ini.

Jika anda menggunakan laptop kantor yang dipakai bersama atau mungkin laptop pribadi anda kadang dipinjam teman, maka kemungkinan besar anda tidak ingin file-file pribadi anda bisa diakses orang lain.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan atau mengunci folder di Windows agar tidak bisa diakses semua orang. Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan dua cara yang mudah dan gratis untuk melakukan hal tersebut.

Cara Mengunci Folder di Laptop Windows Tanpa Aplikasi Tambahan (Menggunakan Notepad)

Notepad merupakan aplikasi bawaan Windows yang bisa digunakan untuk menulis dan menyimpan script atau kode program.

Dalam tutorial ini kita akan memanfaatkannya untuk menyimpan script batch file Windows yang berfungsi untuk mengunci folder dengan password.

Anda tidak perlu menulis kode-kode programnya, cukup copy-paste saja dari halaman ini. Dan berikut ini langkah-langkah untuk mengunci foldernya.

  1. Melalui File Explorer buka folder yang akan dikunci. Untuk contoh saya akan mengunci file dan folder yang ada di Folder Audio Buku Bisnis.

Cara Mengunci Folder di Laptop Windows Tanpa Apliksi

  1. Klik kanan di area kosong > New > Text Document, kemudian enter. Atau bisa juga klik tab Home, New item. Kemudian klik Text Document dan enter. Untuk lebih jelas, lihat gambar di bawah ini.

buat new text document

  1. Dobel klik file New Text Document atau lakukan klik kanan, pilih Edit seperti gambar berikut.

edit new text document

  1. Copy paste script di bawah ke dalam text document yang baru dibuka. Kode sudah saya tes beberapa kali dan berhasil dijalankan dengan baik.
cls
@ECHO OFF
title Folder Rahasia
if EXIST "Folderku" goto UNLOCK
if NOT EXIST Rahasia goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Apakah kamu yakin akan mengunci folder?(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Rahasia "Folderku"
attrib +h +s "Folderku"
echo Folder sudah terkunci
goto End
:UNLOCK
echo Masukkan password untuk membuka folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== GANTI_PASSWORD goto FAIL
attrib -h -s "Folderku"
ren "Folderku" Rahasia
echo Folder berhasil dibuka
goto End
:FAIL
echo Password salah
goto end
:MDLOCKER
md Rahasia
echo Rahasia berhasil dibuat
goto End
:End

Catatan :

Di internet banyak kode seperti kode di atas. Setelah saya coba langsung copy paste dari beberapa situs, banyak yang salah sehingga tidak berhasil dijalankan. Script ataupun kode program sangat sensitif, pada bagian tertentu salah satu hurup saja akan mengakibatkan kode gagal dijalankan.

Jadi hati-hati dalam melakukan copy paste ke notepad, apalagi jika anda akan meng copy paste script untuk ditampilkan di situs Anda, harus lebih hati-hati. Jangan asal copy paste.

  1. Ganti password sesuai dengan yang Anda inginkan. Caranya ganti tulisan GANTI_PASSWORD. Untuk contoh saya menggantinya dengan asifahcom seperti gambar di bawah ini.

kode untuk mengunci folder di laptop

  1. Klik menu File, kemudian pilih Save As. Atau bisa juga tekan Ctrl+Shift+S pada keyboard.
  1. Pada kotak dialog Save As, beri nama file dengan extensi .bat dan Save as type pilih All Files. Untuk contoh saya memberi nama file pengunci.bat. Kalau sudah klik tombol Save. lihat gambar di bawah ini supaya lebih jelas.

save as file pengunci folder

  1. Hapus file New Text Document. Bisa dengan cara klik file-nya, kemudian klik tombol Delete pada keyboard atau bisa juga klik kanan, pilih Delete.

hapus file new text document

  1. Dobel klik file pengunci yang baru dibuat. Atau bisa juga klik kanan pada file pengunci, kemudian pilih Open. Apabila berhasil akan muncul folder baru yang bernama Rahasia seperti gambar di bawah ini.

folder rahasia yang akan dikunci

  1. Masukan file dan folder yang akan dikunci ke dalam folder Rahasia, bisa dengan drag file. Contohnya menjadi seperti gambar berikut.

masukkan file ke folder rahasia

  1. Dobel klik file pengunci. Apabila berhasil akan muncul Windows Command Prompt seperti gambar di bawah. Kemudian ketikkan y dan lakukan enter.

Kotak dialog command promt untuk mengunci

Apablia berhasil, folder Rahasia akan menghilang seperti gambar di bawah ini.

hasil folder yang terkunci

  1. Untuk membuka folder-nya dobel klik file pengunci. Kemudian masukan password yang tadi dibuat pada Windows Command Prompt. Apabila password yang dimasukkan benar, folder Rahasia akan muncul kembali.

masukkan password untuk membuka folder

  1. Untuk menghilangkan lagi, tinggal dobel klik file pengunci, kemudian ketikkan y dan lakukan enter.

Apakah cara ini sangat aman? Sayang sekali tidak. Password yang sudah anda buat masih bisa dilihat orang lain. Caranya tinggal klik kanan file pengunci.bat, kemudian pilih Edit. Maka script yang sudah anda buat berserta password di dalamnya akan terbaca di notepad.

Untuk meminimalkan file pengunci.bat bisa dilihat dan dibuka siapa saja, kita bisa menyembunyikannya. Caranya adalah sebagai berikut.

Buka Windows Command, jika menggunakan Windows 10 caranya bisa melalui kotak pencarian taskbar. Ketikkan command.

Jika menggunakan versi Windows yang tidak ada kotak pencariannya, anda bisa menekan tombol Windows+R pada keyboard, kemudian ketikkan cmd dan klik tombol OK.

Pada Windows Command Prompt ketikkan perintah:

attrib +s +h "D:\Audio Buku Bisnis\pengunci.bat"

perintah command prompt untuk menyembunyikan file

Setelah di enter, file pengunci.bat di explorer akan hilang.

Jika ingin memunculkannya kembali, pada Windows Command Prompt ketikkan perintah:

attrib -s -h "D:\Audio Buku Bisnis\pengunci.bat"

dengan cara ini, orang tidak akan mudah membuka file pengunci anda. Paling tidak orang lain tidak tahu anda punya file pengunci dan punya folder yang terkunci dengan password. Kalaupun tahu, orang lain harus tahu alamat penyimpanan file pengunci anda untuk bisa memunculkannya dengan perintah di atas.

Cara yang pertama ini tidak saya sarankan. Karena bagaimanapun folder dan file anda masih bisa dicari dan masih bisa dibuka orang lain. Misalnya jika dilakukan perubahan pengaturan pada folder options oleh orang yang mengerti, maka semua cara di atas akan percuma saja.

Ingin cara yang lebih aman untuk mengunci folder di Windows? Silahkan ikuti cara berikutnya.

Cara Mengunci Folder di Laptop Windows Dengan Aplikasi SecretFolder

SecretFolder merupakan aplikasi yang 100% gratis. Tidak ada versi berbayarnya. Maka jangan heran jika di dalam aplikasi muncul iklan. Tapi tenang saja, iklannya tidak terlalu mengganggu.

Meskipun gratis kemampuannya cukup baik. Dengan rekomendasi minimal RAM hanya 1 GB dia bisa dijalankan hampir di semua versi OS Windows. Baik itu di Windows 2003, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Baik yang 32bit maupun yang 64bit.

SecretFolder bisa mengunci banyak folder sekaligus dengan tidak ada batasan ukuran file ataupun folder yang ingin dikunci. Dan apabila menggunakan Windows Commandpun atau mengubah pengaturan folder options sekalipun, Anda ataupun orang lain tidak bisa mengakses folder yang sudah dikunci.

Jika Aplikasinya di uninstall orang lain bagaimana? Tidak bisa. Karena ketika akan di uninstall, aplikasi akan meminta password yang sudah Anda buat.

Adapun langkah-langkah mengunci folder dengan SecretFolder adalah sebagai berikut.

  1. Download Aplikasi Secret Folder melalui situs resminya di http://ohsoft.net/eng/
  1. Install Aplikasi.
  1. Buka Aplikasi. Kemudian buat password dan masukkan juga alamat email Anda yang valid untuk recovery password jika suatu saat lupa.

buat password di secret folder

  1. Klik menu Add. Kemudian pada kotak dialog Browse For Folder, cari dan klik folder yang akan dikunci. Untuk contoh saya akan mengunci folder Rahasia seperti gambar di bawah. Kalau sudah, klik tombol OK.

lock folder dengan secretfolder

  1. Folder akan masuk ke daftar (list) Aplikasi SecretFolder dengan Status Lock (terkunci). Apabila dicek di Windows Explorer, folder tersebut sudah tidak terlihat.

hasil folder yang dikunci dengan secretfolder

Jika Anda ingin membuka folder yang sudah terkunci, tinggal rubah Status nya menjadi Unlock. Caranya klik tulisan alamat foldernya dari list, kemudian klik menu Unlock. Supaya lebih jelas, lihat gambar berikut.

cara unlock folder di secretfolder

Apabila status folder nya sudah Unlock, maka di Windows Explorer folder tersebut akan muncul kembali dan bisa diakses seperti biasa.

Jika sudah tidak digunakan, tutup Aplikasi SecretFolder. Nanti setiap membuka Aplikasi ini, Anda harus memasukkan password yang sudah dibuat. Jadi tidak semua orang bisa mengakses Aplikasi tersebut.

Penutup & Saran

Dari kedua cara di atas, Anda harus pilih yang mana?

Saya sarankan gunakanlah cara yang kedua. Yaitu mengunci folder menggunakan Aplikasi SecretFolder.

Selain SecretFolder, sebenarnya banyak Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengamankan folder atau melakukan folder encryption. Diantaranya ada Easy File Locker, Folder Lock, WindMend Folder Hidden, Folder Guard, Lock-A-Folder, Private Folder, My Lockbox, Hidden Dir, Aplikasi 7zip, dan masih banyak yang lainnya.

Saya memilih SecretFolder karena 100% gratis. Aplikasi lain yang menyediakan versi gratis dan berbayar, fitur di versi gratisnya terbatas. Misalnya hanya bisa mengunci satu folder atau hanya bisa mengunci folder dengan total ukuran file tertentu, atau bahkan hanya bisa digunakan selama 30 hari saja (versi trial). Sementara harga untuk aplikasi yang berbayar lumayan, sekitar 40 an dollar.

Selain itu, SecretFolder bisa dijalankan di hampir semua versi OS Windows. Aplikasi lain yang juga 100% gratis, hanya bisa dijalankan di beberapa versi OS Windows. Dan jarang yang mendukung Windows 10.

Bahkan beberapa aplikasi lain yang coba saya install, ada peringatan dari sistem keamanan windows (Microsoft Defender SmartScreen) bahwa jika aplikasi diinstall kemungkinan akan membahayakan PC anda.

Untuk menambah referensi, silahkan pelajari juga tutorial Cara Screen Shot di Laptop Dengan Mudah dan Cara Mengubah Word ke PDF di Laptop.

Demikian artikel mengenai cara mengunci folder di laptop Windows yang bisa saya bagikan. Kalau ada update mengenai aplikasi lain yang saya gunakan, nanti akan saya update juga artikel ini. Silahkan dicoba dan semoga tutorialnya bermanfaat.