Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi – Mudah & Praktis

Ingin presentasi dari HP? Berikut ini cara menampilkan layar HP ke laptop dengan Wifi agar Anda bisa presentasi. Karena pake wifi anda tidak perlu mencari kabel usb.

Adakalanya kita ingin menampilkan layar handphone ke sebuah laptop atau PC. Entah untuk kebutuhan pekerjaan, hiburan, atau sekedar pengen saja. Untuk apapun keperluannya, saat ini hal tersebut sangat mudah dilakukan.

Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menampilkan layar HP ke laptop. Dalam artikel tutorial ini saya akan menunjukkan 2 cara yang menurut saya paling mudah dan praktis.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi Tanpa Aplikasi Tambahan

Untuk bisa mempraktekkan cara yang pertama ini, Anda harus menggunakan laptop atau PC dengan Windows 10 dan HP yang memiliki tool pencermin bawaan. Biasanya hampir semua HP Android keluaran terbaru sudah dibekali tool tersebut.

Adapun Langkah-langkahnya untuk menampilkan layar HP ke laptop adalah sebagai berikut.

  1. Hubungkan laptop dengan wifi.
  1. Pada kotak pencarian taskbar Windows 10, ketikkan connect. Kemudian klik Open. Untuk contoh lihat gambar di bawah ini.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi

  1. Hubungkan HP dengan wifi yang sama dengan yang digunakan laptop.
  1. Pada HP nyalakan tool Pencermin.

Setiap merek HP, kemungkinan nama dan icon toolnya berbeda-beda. Saya akan mencontohkan pada HP Vivo dan Asus Zenfone. Karena kebetulan ini yang ada di rumah.

Jika anda menggunakan HP Vivo, nyalakan tool Pencermin. Lihat yang saya beri tanda kotak merah pada gambar di bawah ini.

aplikasi pencerminan di hp vivo

Aktifkan Pencerminan Layar, kemudian tap nama laptop yang terdeteksi. Pada Aplikasi Connect di laptop akan tampil layar Android HP Vivo seperti gambar berikut.

hasil menampilkan layar hp vivo di laptop

Jika anda menggunakan HP Asus Zenfone, nyalakan tool Cast. Lihat yang saya beri tanda kotak merah pada gambar di bawah ini.

aplikasi pencerminan di hp asus

Pada kotak Transmisi layer ke, tap nama laptop yang terdeteksi. Pada Aplikasi Connect di laptop akan tampil layar HP Asus Zenfone seperti gambar berikut.

hasil menampilkan layar hp asus di laptop

Pada smartphone merek lain, bisa jadi nama tool untuk melakukan mirroring HP android ataupun iPhone adalah Wireless Mirroring, Wireless Display, Cast Screen, Play To, Screen Mirror, atau mungkin juga nama lain yang saya belum tahu.

Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi Menggunakan Aplikasi Screen Mirror

Jika laptop anda tidak menggunakan Windows 10 atau di HP tidak ada tool-nya, maka cara yang kedua ini bisa anda gunakan.

Syarat agar bisa menggunakan cara yang kedua ini, di laptop anda ada browser seperti Google Chrome dan di handphone bisa install aplikasi.

Dari sekian banyak aplikasi yang tersedia, saya memilih Aplikasi Scren Mirror karena mudah menggunakannya dan hasil tampilan layar HP di laptop bagus untuk presentasi.

Adapun tahapan menampilkan layar HP ke laptop dengan Aplikasi Screen Mirror adalah sebagai berikut.

  1. Buka Play Store. Kemudian cari dan install Aplikasi Screen Mirror – Berbagi Layar yang dibuat oleh Smart Dato vGmbH.
  1. Hubungkan HP dengan jaringan Wifi.
  1. Buka Aplikasi ScreenMirror. Kemudian tap icon layar di kanan bawah. Jika muncul pertanyaan, tap izinkan.
  1. Hubungkan laptop dengan jaringan Wifi yang sama dengan yang digunakan HP.
  1. Buka Aplikasi browser pada laptop, bisa Google Chrome, Apple Safari, Firefox, atau Samsung MU Series. Kemudian buka situs http://www.screenmirrorapp.com/
  1. Scan barcode atau kode qr yang muncul pada browser menggunakan Aplikasi ScreenMirror. Contoh barcode yang muncul di laptop saya seperti gambar di bawah ini.

menampilkan layar hp ke laptop dengan screen mirror

  1. Pada HP akan muncul kotak dialog, maka tap tulisan MULAI SEKARANG. Tunggu sebentar proses koneksinya dan apabila berhasil terhubung akan tampil layar HP di laptop seperti gambar berikut.

hasil tampilan screen mirror

Gambar di atas adalah tampilan landscape layar HP yang menampilkan slide presentasi. Jika anda ingin memperbesar tampilan, bisa klik icon fullscreen (sebelah kiri icon lampu).

Dalam mode fullscreen, tampilan cukup besar seperti tampilan langsung dari Microsoft PowerPoint laptop. Jadi cukup bagus untuk presentasi tanpa harus mentransfer data slide pribadi anda dari HP ke laptop orang lain.

  1. Untuk mengakhiri koneksi, jangan lupa tap icon tanda silang (di kanan bawah) pada Aplikasi Screen Miror di HP.

Untuk catatan, Aplikasi Screen Mirror tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Jika anda menggunakan versi gratis, maka akan ada iklan sebelum sesi pencerminan dan setelah sesi pencerminan.

Dari pengalaman saya menggunakan, iklan tidak muncul Ketika sesi pencerminan sedang berjalan. Jadi tidak mengganggu presentasi. Tetapi kalau mau 100% bebas iklan, tentu saja Anda harus upgrade ke versi berbayar.

Penutup

Dari kedua cara di atas, mana yang harus dipilih?

Jika anda menggunakan Windows 10 dan HP yang ada tool pencerminnya, saya sarankan gunakan cara yang pertama. Selain tidak perlu install aplikasi tambahan, hasil tampilan layar hp di laptopnya lebih bagus.

Dari hasil pengamatan saya menggunakan Aplikasi Screen Mirror, hasil tampilan gambar dan teksnya agak sedikit pecah. Tapi masih lumayan bagus untuk presentasi.

Terakhir kalau memang tidak ada perangkat bawaan seperti yang saya sebutkan, mau tidak mau harus install aplikasi tambahan seperti ScreenMirror. Atau kalau mau nyoba-nyoba aplikasi lain juga bisa. Di Play Store banyak aplikasi sejenis ScreenMirror yang berfungsi untuk menampilkan layar Android di PC atau laptop .

Demikian artikel tutorial yang bisa saya sampaikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.