Cara Mengukur Luas Tanah dengan Google Map

Cara mengukur luas tanah dengan Google Map cukup mudah. Dalam artikel ini saya akan menunjukkan bagaimana cara melakukannya secara detail.

Saya sebagai orang yang terlibat langsung dalam dunia pengukuran tanah, sudah pernah melakukan pengukuran tanah dengan berbagai alat ukur dan medan. Mulai dari alat ukur meteran, theodolite manual, theodolite digital, total station, GPS dari yang ketelitian rendah sampai yang memiliki ketelitian tinggi. Dan dengan medan mulai dari yang datar, miring, sampai rawa yang airnya setinggi dada.

Jadi berdasarkan pengalaman saya, mengukur luas tanah secara langsung di lapangan bukan pekerjaan yang mudah. Selain harus memiliki peralatan ukurnya, Anda juga harus menguasai tehnik dan ilmu pengukurannya. Belum lagi tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan.

Google Maps sebagai peta online yang bisa diakses oleh siapa saja secara gratis, saat ini bisa dijadikan alternatif untuk mengukur luas tanah atau menghitung luas tanah. Bahkan untuk Aplikasi Google Maps versi desktop sudah bisa langsung menampilkan luas tanah.

Tetapi tentu saja perlu diingat, luas yang dihasilkan dari pengukuran Google Maps tidak akan seakurat hasil pengukuran langsung di lapangan.

Untuk itu, bijaksanalah dalam menggunakan hasil pengukuran luas dari Google Maps ataupun aplikasi luas online lain. Silakan dipilih dan dipilah penggunaannya sesuai dengan keperluannya.

Sebelum ke tutorial, silakan lihat dulu hal-hal yang akan saya sampaikan dalam daftar isi di bawah ini.

Sekarang mari kita mulai dengan cara mengukur luas tanahnya.

A. Cara Mengukur Luas Tanah dengan Google Map PC

Cara mengukur tanah lewat Google Map yang akan saya contohkan di bawah, hanya bisa digunakan pada Google Maps versi desktop. Baik itu PC maupun laptop.

Saat ini, Aplikasi Google Maps versi smartphone belum bisa menampilkan luas. Kecuali Anda mengambil data titik-titik koordinatnya saja kemudian menghitung luas secara manual atau menggunakan aplikasi penghitung luas (Seperti Software AutoCAD) berdasarkan titik-titik koordinat tersebut, hal itu bisa dilakukan.

Adapun contoh cara mengukur lahan lewat Google Map adalah sebagai berikut.

  1. Buka Google Maps dengan browser yang ada pada PC Anda.
  1. Rubah mode Google Map menjadi satelit. Caranya klik tulisan Satelit yang berada di pojok kiri bawah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

mode satelite google maps

  1. Perbesar atau zoom daerah yang akan diukur lahan atau tanahnya. Untuk membantu pencarian, pada kotak Telusuri Google Maps bisa mengetikkan nama lokasi terdekat atau masukkan alamat yang Anda tahu dengan daerah yang akan diukur tanahnya.
  1. Klik kanan pada titik awal batas tanah yang akan diukur luasnya (Titik 1), kemudian pilih menu Ukur jarak atau measure distance.

Cara Mengukur Luas Tanah dengan Google Map PC

  1. Klik kiri mouse pada Titik 2, Titik 3, Titik 4 dan seterusnya sebanyak pojok tanah yang ingin diketahui luasnya.

Untuk contoh saya akan menghitung luas tanah berbentuk persegi, maka saya membuat 4 titik pada setiap pojok tanah seperti terlihat pada gambar di bawah. Untuk Titik  terakhir (Titik 5) bisa disamakan posisinya dengan Titik 1 agar luas tanah ditampilkan pada kartu ukur jarak.

Hasil Mengukur Luas Tanah dengan Google Map PC

Informasi total luas tanah persegi yang diukur akan ditampilkan pada kartu ukur jarak yang terletak di bawah peta. Bawaan satuan luas yang digunakan Google Map adalah M2 dan Kaki2. Untuk mengukur luas segitiga, segilima, bentuk trapesium, atau segi berapapun di Google Maps, caranya sama.

Untuk menambah referensi, silakan pelajari juga Cara Mengukur Jarak di Google Map.

A.1. Tips Mengukur Lahan yang Tertutup Garis Jalan atau Label

Jika pojok tanah yang akan diukur luasnya tertutup garis jalan atau garis polyline, nama jalan atau nama tempat, maka untuk memudahkan proses pengukuran, nonaktifkan label. Caranya klik menu garis 3 di pojok kiri atas Google Map, kemudian klik Label aktif sampai tulisannya menjadi Label tidak aktif seperti gambar di bawah ini.

menghilangkan label dan jalan di google map
Setelah posisi tulisannya menjadi Label tidak aktif, maka semua garis jalan, nama tempat, dan semua label di Peta Google Map akan hilang. Untuk menampilkannya kembali, tinggal klik lagi tulisan Label tidak aktif sampai berganti tulisannya menjadi Label aktif.

A.2. Tips Mengukur Lahan yang Banyak Belokannya

Jika bidang tanah atau bentuk tanah yang ingin diketahui luasnya berbelok-belok seperti contoh gambar di bawah, maka untuk mengukur luas tanah secara akurat, pembuatan titik jangan terlalu renggang. Membuat banyak titik tidak masalah, yang penting seluruh area lahan tercover. Sehingga nanti hasil luasnya tidak terlalu jauh perbedaannya dengan luas sebenarnya.

mengukur bidang tanah berbelok belok

Tetapi jika pojok bidang tanah dari satu titik ke titik yang lainnya memang lurus atau tanah berbentuk persegi atau berbentuk segitiga, tidak perlu juga membuat banyak titik diantara kedua pojok bidang tanah tersebut.

A.3. Apakah Hasil Luas Tanah dari Google Map 100% Akurat?

Di pusat bantuan Google Maps (https://support.google.com/maps/) saya belum menemukan keterangan mengenai akurasi atau ketelitian luas yang dihasilkan langsung oleh Google Maps. Begitupun di hasil penelurusan Google, saya belum menemukan hasil penelitian yang membahas hasil luas lahan atau wilayah yang dihasilkan langsung oleh Google Maps.

Untuk referensi yang mendekati, saya menemukan hasil penelitian yang membahas perbandingan luas lahan yang dihasilkan dari titik-titik koordinat yang diambil dari Google Maps.

Misalnya hasil penelitian yang berjudul Penentuan Luas Lahan Datar dengan Metode Pendekatan Lingkaran Berbasis Google Earth/Google Maps oleh Devi, Adi Setiawan, Eko Sediyono, menerangkan bahwa prosentasi  luas  objek penelitian dibandingkan luas acuan masing-masing lahan diperoleh 97% sampai dengan 108%.

Dalam penelitian lain yang berjudul Penentuan Luas Lahan Menggunakan Metode Pendekatan Segitiga Sferik (Teorema GIRARD) Dengan Bantuan Google Maps oleh Devi, Adi Setiawan, Eko Sediyono, menerangkan bahwa berdasarkan luas acuan dengan asumsi bumi berbentuk bola dan elipsoida diperoleh prosentase luas hasil pengukuran dengan bantuan Google Maps sebesar 5.37% lebih banyak dari luas acuan dan 4.88% lebih banyak dari luas acuan.

Untuk membaca hasil penelitian selengkapnya, silakan ke link ini https://docplayer.info/89919164-Bab-2-makalah-makalah-pertama.html

Dari dua hasil penelitian di atas, setidaknya untuk sementara saya bisa berasumsi bahwa ketelitian luas yang dihasilkan oleh Google Maps lebih dari 90%. Dengan catatan titik-titik koordinat yang dibuat di Google Maps benar-benar akurat.

Dan anda juga jangan menganggap bahwa hasil luas dari Google Maps 100% akurat, karena ada kemungkinan salah walaupun kurang dari 10%. Jadi bisa lebih banyak dari luas sebenarnya atau kurang dari luas sebenarnya.

Tetapi perlu diingat juga bahwa Google Map terus dikembangkan, jadi di masa yang akan datang kemungkinan fitur dan ketelitiannya bisa lebih baik lagi.

B. Cara Mengukur Lahan Lewat Aplikasi Android

Di Play Store Android, kalau Anda cari aplikasi pengukur luas tanah maka akan muncul banyak pilihan.

Saya melihat dan mencoba beberapa aplikasi yang tersedia. Setelah diperhatikan ternyata banyak dari aplikasi tersebut menggunakan peta Google Maps sebagai dasar.

2 contoh aplikasi pengukur luas tanah online yang sudah saya coba bisa dilihat di bawah ini.

B.1. GPS Field Area Measure (Pengukur Luas Daerah PRO)

Aplikasi GPS Field Area Measure di Play Store sudah didownload lebih dari 10 juta kali dengan rata-rata rating 4,5 bintang dari 93 ribu ulasan.

Kalau melihat jumlah downloadnya, aplikasi ini cukup populer di kalangan pengguna android. Adapun fungsi utamanya adalah untuk mengukur luas, jarak, dan perimeter.

Base map Aplikasi GPS Field Area Measure adalah peta Google Maps dengan pilihan tampilan peta normal, satelit, dan medan.

Ketika menggunakan aplikasi ini, fitur pencarian lokasi dan lokasi kita saat ini berfungsi dengan baik. Jadi sangat membantu ketika mencari tanah yang akan diukur luasnya.

Pembuatan titik dilakukan dengan cara mentap satu kali di pojok-pojok bidang tanahnya. Jika ingin menggeser titik-titik yang sudah dibuat masih bisa dilakukan.

Contoh pengukuran luas tanah dengan Aplikasi GPS Field Area Measure tampak seperti gambar di bawah ini.

Contoh Tampilan GPS Field Area Measure

B.2. Area Calculator For Land (Kalkulator Area Tanah)

Aplikasi Area Calculator For Land yang sudah didownload lebih dari 1 juta kali di Play Store ini bisa digunakan untuk mengukur luas, jarak, dan perimeter. Adapun base map yang digunakan adalah Peta Google Maps dengan pilihan tampilan peta normal, satellite, terrain, dan hybrid.

Ketika saya mencoba aplikasi ini, fitur pencarian lokasi tidak berfungsi. Jadi saya harus mencari sendiri lokasi objek tanah yang akan diukur. Tetapi kalau untuk fitur lokasi kita saat ini berfungsi dengan baik.

Yang saya suka dari aplikasi ini, penentuan titik bisa lebih akurat karena setelah titik dibuat masih bisa digeser.

Dari percobaan mengukur luas tanah yang sebenarnya saya sudah tahu luasnya, akurasi luas yang dihasilkan oleh aplikasi ini sangat mendekati luas sebenarnya. Tetapi saya belum bisa menyimpulkan apakah hasil luas dari aplikasi ini benar-benar akurat. Karena saya juga baru melakukan sedikit percobaan pengukuran luas dan belum juga melakukan penelitian secara ilmiah untuk menguji ketelitiannya.

Contoh pengukuran luas tanah dengan Aplikasi Area Calculator For Land tampak seperti gambar di bawah ini.

Contoh Tampilan Area Calculator For Land

Penutup

Pengukuran luas tanah dengan Google Map bisa dilakukan pada Aplikasi Google Map versi desktop. Saat ini, Aplikasi Google Maps untuk versi smartphone belum bisa menampilkan luas.

Untuk itu, jika ingin mengukur luas tanah dengan smartphone bisa menggunakan aplikasi-aplikasi pengukur luas tanah yang ada di Play Store. Misalnya Aplikasi GPS Field Area Measure dan Area Calculator For Land.

Ketelitian hasil pengukuran luas tanah dengan aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan di atas tidak 100% akurat. Tetapi mendekati luas sebenarnya, bahkan bisa lebih dari 90% akurasi perhitungan luas nya.

Demikian artikel tutorial mengenai cara mengukur luas tanah menggunakan Google Map yang bisa saya sampaikan kali ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.