Cara Mempercepat Loading Blog dengan Mudah

Kecepatan website atau blog sangat berpengaruh pada kelancaran bisnis Anda. Blog yang lemot tentu akan membuat pengunjung tidak nyaman dan ingin segera pergi. Lalu, bagaimana cara mempercepat loading blog?

Sebelumnya, mari kita ketahui terlebih dahulu mengapa akses blog harus cepat.

Mengapa Akses Cepat untuk Blog Itu Penting?

Pemuatan halaman sebuah blog sangat berpengaruh pada keberhasilan blog Anda. Pengunjung blog tentu tidak memiliki banyak kesabaran dan waktu untuk menunggu loading satu halaman walaupun mereka ingin tahu mengenai konten dalam blog tersebut.

Blog yang lelet tentu akan membuat pengunjung kapok untuk kembali berkunjung. Selain itu, kecepatan akses sebuah situs juga menjadi salah satu faktor ranking Google.

Jika Anda ingin konten-konten blog Anda masuk ke halaman pertama Google, maka memiliki akses yang cepat merupakan hal yang wajib Anda miliki. Maka dari itu, Anda perlu mengecek secara berkala kecepatan blog Anda. Dengan begitu, Anda akan mengetahui apa saja yang dapat menghambat kecepatan blog.

Selain itu, Anda juga bisa melihat potensi masalah yang dapat terjadi pada blog atau website Anda. Hal tersebut bertujuan agar kinerja blog Anda akan terus stabil dan tidak mengalami penurunan trafik.

Bagaimana Cara Mempercepat Loading Blog?

Cara Mempercepat Loading Blog

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat loading blog. Mari simak cara-caranya berikut ini.

1. Mengaktifkan caching

Caching merupakan sebuah proses penyimpanan data sebuah halaman HTML dari konten blog. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi loading server dan penggunaan resource.

Selain itu, cara kerja caching juga dapat membantu mempercepat loading halaman blog dan web. Jadi, tidak perlu lagi mengambil data secara berulang dalam menampilkan halaman yang sama.

Dengan begitu, kecepatan loading akan meningkat. Untuk cara ini, Anda bisa menggunakan plugin caching seperti W3 Total Cache atau WP Super Cache.

2. Optimasi ukuran gambar

Ukuran gambar merupakan sebuah masalah klasik pada situs web atau blog sejak dulu. Sebetulnya, dengan kecepatan internet yang telah sangat berkembang, foto atau gambar pada konten blog tidak terlalu menjadi masalah.

Kecuali, jika ukuran foto atau gambar yang besar tidak seimbang dengan kapasitas dan kemampuan blog atau website tersebut. Maka, pastikan bahwa gambar yang akan diunggah sudah dioptimasi dengan baik.

Baca artikel Cara Mengecilkan Ukuran Foto berikut ini, sebelum gambar diupload ke blog.

3. Memilih theme atau template yang ringan

Kecepatan loading sebuah halaman blog sangat dipengaruhi oleh pemilihan theme atau template. Hal itu dikarenakan tampilan blog adalah salah satu hal yang paling banyak mengonsumsi resource. Terlebih jika di halaman tersebut terdapat video, gambar slide, serta berbagai macam widget Twitter, Instagram, maupun Facebook.

Ada baiknya Anda menggunakan template yang ringan, bagus, dan responsif. Dengan memilih theme yang ringan dan sederhana, maka dapat meminimalisir terjadinya kelambatan saat loading.

4. Perhatikan penggunaan embed untuk konten video

Tahukah Anda? Penggunaan video dalam konten bisa menurunkan bounce rate. Hal tersebut terjadi karena perhatian pengunjung blog akan terserap cukup lama untuk menonton video tersebut.

Maka dari itu, ada baiknya Anda menggunakan fitur embed video untuk mengunggah video pada konten blog. Sehingga, hal tersebut dapat mempercepat loading website dan meringankan beban pada hosting.

5. Menggunakan hosting yang berkualitas

Salah satu cara mempercepat loading blog adalah menggunakan hosting yang bagus. Gunakan layanan hosting yang sudah menggunakan SSD untuk menyimpan data. Dengan begitu, kecepatan akses website atau blog Anda akan terjamin.

Hosting yang tepat akan memiliki pengaruh positif terhadap kecepatan loading blog Anda. Jangan lupa untuk melakukan riset sebelum Anda memilih sebuah layanan hosting. Pastikan memilih layanan hosting dengan performa tinggi.

Untuk rekomendasi hosting, bisa lihat artikel Hosting Luar Negeri Terbaik dan perusahaan penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia.

6. Menggunakan CDN

Content Delivery Network atau CDN adalah salah satu cara menyajikan konten yang terkenal belakangan ini. Hanya saja, kita harus membayar untuk menggunakan layanan ini mengingat CDN  merupakan layanan premium.

CDN dapat membuat akses blog menjadi lebih cepat karena layanan ini akan menyimpan dan mendistribusikan konten ke jaringan server yang berada di berbagai daerah. Dengan begitu, kecepatan akses blog akan meningkat.

7. Hindari terlalu banyak memasang widget

Salah satu faktor yang membuat loading sebuah blog menjadi lambat adalah banyaknya widget yang dipasang. Selain itu, terlalu banyak memasang widget juga dapat mengurangi kualitas SEO.

Widget memang bermanfaat untuk navigasi pengunjung. Akan tetapi, jika Anda memasang widget terlalu banyak, maka akan terjadi loading yang lelet.

Maka dari itu, ada baiknya Anda menggunakan widget secukupnya saja. Widget-widget yang biasanya membuat loading website atau blog lambat adalah Widget Banner Afiliasi, Widget Adsense, dan widget yang menampilkan unggahan media sosial pemilik blog.

8. Hapus plugin yang tidak terpakai

Agar tidak mengganggu kecepatan akses blog, ada baiknya Anda hanya menginstal plugin yang fungsional dan penting saja. Terlalu banyak menggunakan plugin akan menghambat resource hosting.

Rekomendasi Plugin WordPress untuk Mempercepat Loading Blog

Jika blog Anda menggunakan WordPress, berikut ini rekomendasi plugin yang bisa mempercepat loading blog.

1. Autoptimize

Plugin gratis ini bisa mempercepat loading blog dengan mengoptimalkan CSS, JS, Images, Google Fonts, dan yang lainnya.

2. WP Rocket atau Perfmatters

WP Rocket dan Perfmatters merupakan plugin premium. Anda harus membeli sebelum bisa menggunakannya di blog WordPress.

Anda tidak perlu menggunakan keduanya, cukup pilih salah satu, bisa WP Rocket atau Perfmatters.

Plugin premium ini akan menyelesaikan kebutuhan Anda dalam meningkatkan kecepatan loading blog. Tidak perlu repot lagi menginstall berbagai plugin yang katanya bisa mempercepat loading, cukup kombinasikan dengan Auotoptimize maka kecepatan blog Anda akan meningkat drastis, baik di desktop maupun mobile.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui beberapa cara mempercepat loading blog, Anda bisa menjadikannya panduan untuk meningkatkan kecepatan blog Anda. Jangan lupa untuk cek kecepatan website atau loading blog secara berkala, sehingga Anda dapat mendeteksi secara dini mengenai permasalahan yang terjadi.