Apa Itu Amazon Gift Card

Di era digital ini, berbelanja online di Amazon sudah menjadi mudah dengan adanya Amazon Gift Card. Yuk simak penjelasan apa itu Amazon Gift Card di artikel ini.

Ingin berbelanja di Amazon tapi tidak punya kartu kredit maupun paypal? Jangan khawatir, kamu tinggal memilih cara pembayaran lain yang tidak kalah mudah dengan menggunakan Amazon Gift Card (AGC). Untuk kamu yang masih tidak tahu apa itu Amazon Gift Card, yuk simak pembahasannya di artikel ini.

Apa yang dimaksud dengan Amazon Gift Card

Untuk kalian yang masih bingung apa yang dimaksud dengan Amazon Gift Card (AGC), AGC adalah salah satu alternatif metode pembayaran Amazon yang berupa voucher belanja atau voucher diskon. Voucher potongan harga ini bisa kamu gunakan dalam setiap pembelian produk di situs web Amazon.com. Kamu bisa mengaplikasikan voucher ini untuk pembayaran produk digital maupun fisik tanpa batasan, namun tidak bisa digunakan untuk pembelian AGC lain.

Pada awalnya, AGC merupakan cara Amazon membayar affiliate marketer-,nya. Affiliate marketer adalah mereka yang membantu memasarkan produk-produk Amazon melalui tautan yang pihak Amazon sediakan. Ketika seseorang membeli produk dari tautan tersebut, maka affiliate mendapatkan komisi sebesar 4 hingga 6 persen dari harga produk tersebut.

apa itu amazon gift card

AGC inilah yang diperjualbelikan oleh affiliate marketer sebagai voucher potongan belanja. Kamu bisa menemukan voucher ini diperjualbelikan secara umum di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan forum jual beli seperti Kaskus, Facebook, dll. AGC juga bisa ditemukan pada situs web resmi Amazon, tetapi kamu memerlukan kartu kredit untuk membelinya.

Kartu ini bisa menjadi pilihan pembayaran yang praktis terutama untuk kamu yang tidak memiliki kartu kredit maupun paypal verified.

Jika Anda membutuhkan Amazon Gift Card, Saya sedang menjual dengan harga murah meriah. Silakan ke halaman ini Jual Amazon Gift Card Murah.

Tipe-tipe AGC

Untuk lebih mengenal apa yang dimaksud dengan Amazon Gift Card, kita juga perlu mengenal tiga tipe AGC yang bisa dibeli di situs web Amazon.com, antara lain:

1. AGC yang bisa dijadikan e-gift untuk keluarga atau teman di mana pihak Amazon mengirimkan kode digital yang dikirimkan ke pihak pembeli. Pembeli hanya perlu memasukkan kode digital pada akun Amazon.com-nya dan meng-klik klaim voucher pada saat melakukan pembelian.

2. AGC yang bisa dicetak sendiri di rumah

amazon gift card standard

Tipe AGC ini disediakan dalam tiga jenis desain, yaitu desain standart, animasi, dan kustom foto atau video.

  • AGC dengan desain standart memiliki berbagai varian desain yang disesuaikan dengan momen dan tema. Tema-tema yang disediakan antara lain: hari jadi, kelahiran bayi, ulang tahun, hari raya keagamaan seperti Natal, Valentine, dan masih banyak lagi sehingga cocok untuk dijadikan kado personal untuk keluarga dan teman tersayang.
  • Desain kedua adalah desain animasi gambar hewan lucu dengan video singkat.
  • Desain ketiga yang ditawarkan adalah desain yang bisa dikustomisasi dengan menambahkan foto atau video dari galeri yang terdapat pada komputer/tab/smartphone kita. Video durasi kurang dari 30 detik dengan besaran file maksimal 7MB.

Pengiriman AGC bisa melalui email dan teks. Untuk pengiriman melalui email, kita bisa mengatur tanggal pengirimannya. Nilai nominal voucher bervariasi mulai dari $25, $50, $75, $150, dan nilai yang ditentukan sendiri.

3. AGC yang dikirimkan pihak Amazon dalam bentuk paket.

amazon gift card box

AGC tipe ini dikemas di dalam boks maupun amplop, tergantung varian yang kita pilih. Bahkan ada juga kemasan berupa pop up box dengan kisaran harga $20 hingga $2,000, tergantung nilai nominal dari voucher. Kamu bisa memberikan tambahan sentuhan personal dengan memberikan pesan pribadi yang ditulis pada catatan sebelum checkout pesanan AGC.

Cara Menggunakan AGC

Isilah saldo Amazon menggunakan AGC dan lanjutkan dengan Langkah-langkah berikut ini”

  • Login pada situs web Amazon.
  • Pilih menu “Your Account”
  • Klik menu “Apply a Gift Card to Your Account”
  • Masukkan kode pada kolom “Enter Claim Code”. Pastikan untuk memasukkan kode dengan cara ketik manual, bukan dengan copy paste.
  • Klik “Apply to Your Account”
  • Pergilah ke toko atau produk yang mau dibeli, maka harga produk tersebut akan mendapatkan potongan sebesar nominal AGC yang kamu punya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai AGC

Beberapa hal yang disebutkan ini bisa menjadi kelebihan maupun kekurangan dari AGC. Pertama, tidak ada pungutan biaya tambahan seperti pajak. Kedua, AGC tidak memiliki masa kadaluarsa sehingga bisa digunakan kapan saja hingga kapan pun. Ketiga, tidak bisa dikembalikan maupun di-refund. Keempat, AGC bersifat non-transferrable dan tidak dapat diuangkan sehingga hanya bisa digunakan dibarengi dengan pembelian barang.

Untuk referensi, silakan baca juga Cara Mendapatkan Amazon Gift Card.

Untuk memaksimalkan fungsi AGC, belilah produk yang harganya di atas nominal AGC. Mengapa? Karena jika kamu membeli produk yang harganya di bawah nominal AGC, maka tidak berlaku pengembalian berupa uang dan sisanya hangus begitu saja.

Itulah pengertian dari apa itu Amazon Gift Card. Semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi kamu yang ingin berbelanja online di situs Amazon. Berbelanja menjadi lebih praktis dan mudah, apalagi dengan memiliki AGC.