Cara Download Video Youtube di Handphone Android Dengan Aplikasi atau Tanpa Aplikasi

Setiap kali menonton video menarik di channel Youtube, apa yang Anda pikirkan? Mengunduh dan menyimpannya di ponsel. Agar kelak tidak perlu lagi streaming yang dapat menghabiskan kuota internet.

Namun, Anda tidak tahu caranya? Tenang saja. Kini, ada cara download video Youtube di handphone Android yang mudah dan cepat, baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

Nah, bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut.

Cara Download Video Youtube di Handphone Dengan Aplikasi

Ada beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunduh video dari kanal Youtube. Apa saja itu? Ini dia 2 aplikasi terbaik untuk download dari Youtube.

A. VidMate

VidMate merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengunduh video berkualitas HD dari berbagai platform, seperti Youtube, Facebook, DailyMotion, dan lainnya. Cara untuk menggunakannya cukup mudah, yaitu:

cara download video youtube di handphone

  1. Saat ini Aplikasi VidMate tidak tersedia di Play Store, jadi Anda harus download aplikasi dari situs resminya. Jadi silahkan download dulu menggunakan Google Chrome atau browser lain dari situs https://www.vidmateapp.com/. Kemudian install di handphone.
  2. Buka aplikasi VidMate yang sudah terpasang di HP. Selanjutnya klik menu Youtube. Anda akan diarahkan ke halaman resmi Youtube dan bisa mencari video kesayangan yang ingin diunduh.
  3. Begitu menemukan video yang dicari, tekan tombol download yang terdapat pada bagian bawah video. Namun sebelumnya, pilih dulu format yang diinginkan antara kualitas HD atau yang standar. Selanjutnya, dalam hitungan menit, video sudah tersimpan di telepon genggam dan siap ditonton kapan pun.

Selain cara mudah tersebut, ada juga cara lainnya untuk mengunduh video dari Youtube. Berikut langkahnya:

  1. Unduh dan pasang aplikasi VidMate yang diambil dari situs resminya. Begitu selesai, segera buka aplikasi resmi Youtube dan temukan video menarik yang ingin disimpan.
  2. Begitu sudah menemukan, klik tombol share dan pilih copy link.
  3. Kembali buka aplikasi VidMate, kemudian paste link tadi ke kotak yang tersedia. Tunggu beberapa saat dan tekan tombol Tidak lama setelahnya, video sudah tersimpan di ponsel.

B. Dentex

Sama seperti VidMate, Dentex juga merupakan aplikasi pihak ketiga yang berperan untuk mengunduh video-video dari kanal Youtube. Anda bisa mendapatkan video kesayangan melalui aplikasi ini dengan cara:

download video youtube dengan dentex

  1. Saat ini Aplikasi Dentex tidak tersedia di Play Store. Jadi unduh terlebih dulu aplikasi Dentex dari salah satu situs penyedia aplikasi. Search di Google Download Aplikasi Dentex, buka salah satu situs. Kemudian download dan pasang di ponsel.
  2. Buka aplikasi resmi Youtube dan pilih video yang ingin disimpan.
  3. Klik tombol share dan pilih ikon YouTube Downloader.
  4. Selanjutnya, pilih kualitas video dan format yang diinginkan sebelum menekan tombol Download Here.
  5. Cek pada bagian dashboard aplikasi Dentex. Di sana, akan muncul tampilan proses video-video yang sedang di-download, yang terhenti prosesnya, ataupun yang sudah selesai.

Cara Mengunduh Video Youtube di Handphone Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga dapat download video-video dari Youtube tanpa aplikasi tambahan. Berikut caranya:

A. Menggunakan aplikasi resmi dari Google

Seakan ingin memudahkan para penggunanya, Google juga memberikan fitur download pada aplikasi Youtube. Anda dapat melakukannya dengan cara:

download video dengan youtube

  1. Buka aplikasi resmi Youtube terlebih dahulu. Biasanya sudah terpasang ketika pertama kali setup handphone, sehingga tidak perlu mengunduh atau memasangnya dari playstore.
  2. Temukan video menarik yang ingin disimpan dalam memori ponsel. Begitu selesai, klik tombol download yang berada di bagian bawah video, tepatnya di atas deskripsi.
  3. Selang berapa menit kemudian, video sudah tersimpan di ponsel. Anda dapat mengeceknya pada menu profile, kemudian pilih fitur download. Daftar video-video yang siap ditonton secara offline terdapat di sana.

Catatan: beberapa video resmi yang memiliki copyright tidak dapat diunduh kecuali berlangganan sebagai pengguna premium.

B. Melalui halaman savefrom.net

Savefrom.net merupakan situs untuk mengunduh berbagai koleksi video dari beberapa platform, salah satunya Youtube. Anda dapat mengaksesnya melalui browser ponsel maupun laptop/PC.

Cara menggunakannya adalah:

pengunduh video savefrom net

  1. Buka aplikasi resmi Youtube dan cari video yang ingin diunduh. Klik tombol share dan pilih copy link.
  2. Buka browser apa pun yang terdapat di handphone, laptop, maupun PC.
  3. Ketikkan alamat url savefrom.net pada bagian url bar. Kemudian, paste link yang sudah didapatkan ke dalam kotak yang tersedia.
  4. Tunggu beberapa saat, detail video akan tampil. Anda dapat memilih kualitas mulai dari standar hingga HD serta format yang diinginkan. Pilihan antara mengunduh video saja atau audio saja juga tersedia.
  5. Terakhir, tekan tombol unduh.

Selain situs savefrom.net, Anda juga bisa mengunjungi situs vidpaw.com, keepvid.com, maupun Y2mate.com untuk mengunduhnya.

C. Menggunakan situs y2mate.com

Serupa dengan savefrom.net, kamu pun bisa menggunakan situs y2mate.com untuk mengunduh video favorit di Youtube. Caranya mudah, yaitu:

y2mate pengunduh video youtube

  1. Buka aplikasi resmi Youtube di ponsel. Kemudian cari video yang ingin diunduh.
  2. Ketika sudah menemukannya, play video dan tekan tombol share yang berada di bagian bawahnya. Pilih copy link.
  3. Buka situs y2mate.com pada halaman url browser. Paste link yang diperoleh.
  4. Tidak lama setelahnya, akan muncul detail informasi video beserta kualitas dan format yang bisa dipilih.
  5. Selanjutnya, tekan tombol unduh untuk menyimpannya di ponsel atau laptop.

Untuk menambah referensi, silahkan baca juga tutorial Cara Membuat Email di Handphone dengan mudah dan Cara Menghilangkan Iklan di Handphone.

Itulah tata cara yang mudah untuk menyimpan video dari kanal Youtube dan menikmatinya secara offline kapan dan di mana saja. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.