Cara Membuat Blog Offline dengan WordPress

Blogging tidak hanya bisa dilakukan secara online. Namun, blogging juga dapat dilakukan secara offline. Lalu, bagaimana cara membuat blog offline dengan WordPress?

Dengan blogging secara offline, Anda bisa memperoleh banyak keuntungan. Mulai dari tidak membutuhkan koneksi internet, hingga tidak perlu membeli hosting dan domain. Simak baik-baik panduan di bawah ini untuk mengetahui cara membuat blog secara offline di WordPress.

Cara Membuat Blog Offline dengan Wordpress

cara membuat blog offline dengan wordpress

Terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk dapat blogging secara offline menggunakan WordPress.

1. Unduh dan Install XAMPP

Hal pertama yang perlu dibutuhkan dalam blogging secara offline adalah web server yang terpasang di komputer. Maka dari itu, Anda membutuhkan XAMPP yang melayani database dan web server untuk instalasi WordPress.

Anda dapat mengunduh aplikasi XAMPP secara gratis di situs resminya. Aplikasi XAMP ini tersedia untuk Mac OS, Windows, dan Linux. Anda bisa memilih seri XAMPP yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah selesai diunduh, kemudian instal aplikasi XAMPP di komputer atau laptop Anda. Untuk Mac OS, klik installer .dmg kemudian pindahkan file aplikasi XAMPP ke folder Applications.

Jika Anda menggunakan Windows, klik installer XAMPP dua kali. Kemudian, ikuti petunjuk selanjutnya. Lalu, klik Next dan Next.

Sedangkan untuk Linux, Anda dapat membaca dokumentasi instalasi XAMPP di situs resminya.

Selanjutnya, aktifkan aplikasi XAMPP dan jalankan aplikasi tersebut di komputer Anda. Bagi Anda yang menggunakan Mac OS dan Windows, cukup klik ganda program XAMPP.

Maka, jendela XAMPP akan muncul secara otomatis. Lalu, jangan lupa untuk mengaktifkan Apache dan MySQL.

Apabila sudah aktif, langkah selanjutnya untuk install WordPress di localhost adalah buka browser. Kemudian, ketik URL: localhost atau 127.0.01. Jika Anda menggunakan sistem operasi Linux, aktifkan aplikasi XAMPP menggunakan Terminal dengan command line: sudo /opr/lampp/lampp start.

2. Unduh WordPress

Anda tentu sudah sangat familiar dengan WordPress, salah satu CMS blog yang paling disukai oleh para blogger di dunia. Nah, Anda dapat mengunduh WordPress secara gratis di situs resminya.

Setelah Anda mengunjungi situs resmi WordPress, Anda dapat mengunduh WordPress versi terbaru. Walaupun sebetulnya Anda dapat mengunduh versi yang lebih lama, namun mengunduh WordPress versi terbaru lebih disarankan. Hal tersebut dikarenakan supaya Anda dapat menggunakan berbagai fitur terbaru di WordPress.

3. Buat Database dan User

Langkah selanjutnya dari cara membuat blog offline dengan WordPress adalah membuat database dan juga user-nya. Caranya sama sekali tidak sulit, kok.

Buka browser, lalu ketik URL: localhost/phpmyadmin. Kemudian, klik “database” untuk  membuat database untuk blog WordPress offline Anda.

Pada “create new database”, isikan nama database milik Anda. Misalnya, nama databasenya adalah “miracle_db”. Lalu, klik “Create”.

Selanjutnya, Anda perlu membuat user yang nantinya akan mengakses database “miracle_db” yang sudah dibuat tadi. Caranya, klik tab “Check Privileges”.

Lalu, klik “add new user”. Lalu, isi form berisi user name, host name, password, re-type, authentication plugin, dan generate password. Kemudian, klik “add user account”.

Saat muncul jendela dengan tulisan “Global privileges”, klik “Check All”.

4. Install WordPress

Langkah pertama dalam instalasi WordPress adalah mengekstrak paket WordPress yang sebelumnya sudah diunduh. Untuk pengguna Mac, biasanya Anda akan menemukannya di /Applications/XAMPP/htdocs/. Lalu, buat folder dengan nama “blog”.

Salin dan tempel isi folder WordPress ke dalam folder tersebut.

Jika Anda pengguna Windows, folder XAMPP umumnya terletak di C:\ XAMPP. Kemudian buka folder htdocs dengan eksplor sampai C:\ XAMPP\htdocs\. Kemudian buat folder dengan nama “blog”. Lalu, salin isi folder ke C:\XAMPP\htdocs\blog\.

Sedangkan untuk pengguna Linux, Anda bisa menemukannya di folder /opt/lampp/htdocs/. Kemudian, lakukan langkah yang serupa seperti halnya di Mac dan Windows.

Lalu, ganti nama wp-config-sample.php menjadi wp-config.php. Selanjutnya, buka file wp-config.php menggunakan Notepad.

Kemudian, temukan kode detail database pada file tersebut. Anda perlu mengubah beberapa baris kode dengan detail database yang sebelumnya telah Anda buat.

Ganti “database_name_here” menggunakan nama database milik Anda. Ganti “username_here” dengan “root”.

Lalu, ganti “password_here” dengan password yang telah Anda buat sebelumnya. Tekan Ctrl dan huruf S secara bersamaan untuk menyimpan perubahan pada file tersebut.

Selanjutnya, Anda perlu membuka browser. Kemudian ketik URL: localhost/blog/. Lalu, Anda akan diarahkan ke halaman localhost/blog/wp-admin/install.php.

Akan muncul formulir yang perlu Anda isi mulai dari Site Tittle, Username, Password, dan Email. Anda juga harus mencentang kolom “Search Engine Visibility”.

Jangan lupa untuk menyimpan password untuk berjaga-jaga jika Anda lupa. Setelah Anda selesai mengisi semua informasi di form, klik “Install WordPress”. Kemudian, akan muncul notifikasi bertuliskan “Success!”.

Nah, instalasi WordPress di localhost xampp komputer Anda telah selesai. Anda sudah bisa memulai aktivitas blogging secara offline. Klik tulisan “Log in” untuk memulainya.

5. Memulai blogging

Untuk memulai blogging secara offline, Anda perlu masuk ke akun WordPress sebagai admin WordPress blog Anda terlebih dahulu. Ketikkan username dan kata sandi, kemudian tekan “Log in”.

Nah itu dia panduan lengkap cara membuat blog offline dengan WordPress untuk Anda. Sekarang, Anda bisa belajar membuat blog dan memulai aktivitas blogging offline dan mulai membuat berbagai konten.