Cara Membuat Google Form yang Menarik

Selain bisa mendapatkan jawaban dengan cepat dan memberikan tampilan menarik, Google Form juga bisa memberikan analisis data lengkap. Cari tahu cara membuat Google Form mudah berikut.

Selain Google Docs, Google Drive, dan Google Sheets, Google Form saat ini digunakan oleh lebih banyak orang dan perusahaan karena kecanggihan dan kemudahannya. Hadir sebagai salah satu bagian dari banyak fitur yang ditawarkan Google, Google Form dapat dimanfaatkan dan diakses secara gratis melalui browser. Tidak hanya gratis, fitur ini juga cukup mudah digunakan.

Google Form mampu memenuhi kebutuhan penelitian dengan menggunakan metode survei, kuesioner secara online, pendaftaran online, dan kebutuhan sejenis lainnya mulai dari formal hingga non formal. Cara membuat Google Form ini juga cukup mudah. Bahkan, kamu juga bisa menambahkan tema, warna, gambar, dan pilihan lain untuk membuatnya tampil lebih menarik. Penasaran? Yuk simak Bersama.

Keunggulan Google Form

Kenapa banyak orang sekarang memanfaatkan Google Form dan kenapa kamu juga harus menggunakan fitur ini? Sebelum masuk ke pembahasan cara membuat Google Form, yuk simak beberapa keunggulan yang bisa kamu manfaatkan, diantaranya:

1. Mendapatkan Jawaban Secara Cepat

Dengan bantuan Google Form, kamu bisa mendapatkan dan mengumpulkan hasil survei, kuis, atau jajak pendapat secara cepat. Kamu juga bisa membuat Form secara dadakan dan jawaban yang kamu butuhkan akan didapatkan secara instan. Karena metode yang digunakan adalah survei online, feedback yang didapatkan pun sangat cepat.

2. Tampilan Menarik

Membuat pertanyaan, kuis, atau survei kamu tampil menarik bagi koresponden bisa dilakukan menggunakan Google Form. Ada cukup banyak template dan tema yang bisa kamu pilih saat membuat Form.

3. Banyak Pilihan Template Pertanyaan

Selain beragam template dan tema untuk membuat Form kamu tampil menarik, fitur ini juga menyediakan berbagai template pertanyaan. Kamu bisa memilih short answer, multiple choice, checkbox, dan lain sebagainya.

4. Analisis Data yang Lengkap

Berbeda dengan aplikasi pembuat Form lainnya, kamu bisa mendapatkan sajian data dan analisis yang lengkap di sini.

Silakan baca juga tutorial Cara Membuat QR Code Google Map.

Cara Membuat Google Form Melalui Link Google

Cara membuat Google Form pertama adalah menggunakan link Google yaitu kunjungi situs forms.google.com. Jika belum login ke akun Google, silakan login dulu. Setelah masuk ke halaman Google Form, langsung klik Blank (Kosong) atau pilih template di mana kamu selanjutnya akan masuk ke halaman editing dari Form tadi.

Cara Membuat Google Form yang menarik

 

Di halaman editing ini, kamu bisa memilih beberapa pilihan editor yang tersedia. Pastikan kamu memilih warna atau template sesuai dengan kebutuhan. Beberapa fitur yang tersedia adalah:

1. Mengganti Judul

Caranya dengan menekan menu “Untitled form” atau”Formulir tanpa judul” di kiri atas dan ubah judul sesuai keinginan.

2. Menambahkan Deskripsi

Klik “Form description” atau “Deskripsi formulir” di bawah judul dan berikan deskripsi yang mampu menjelaskan judul Google Form.

Google Form Default

3. Menambahkan Pertanyaan

Klik Untitled Question atau “Pertanyaan Tanpa Judul” dan masukkan pertanyaan yang kamu inginkan. Jika kamu ingin mengubah pertanyaan, klik panah ke bawah. Apabila pertanyaan sudah sesuai, tambahkan opsi Response. Nah untuk menambahkan pertanyaan wajib, klik Required atau Wajib diisi.

Setelahnya, klik Add Question untuk menambahkan lebih banyak pertanyaan. Menu Duplicate digunakan apabila kamu ingin menyalin pertanyaan yang sama. Jangan khawatir jika lupa menyimpan pengaturan yang dibuat karena perubahan disimpan secara otomatis. Untuk melihat apakah tampilan sudah sesuai dengan yang diharapkan, gunakan Pratinjau.

Nah opsi jawaban pun yang disediakan juga ada beberapa tipe, yakni kotak centang atau Checkboxes, pilihan ganda atau Multiple choice, Short answer and Paragraph, Dropdown, Date and Time, dan Linear scale. Sebagai tambahan, ada juga opsi File Upload jika ada dokumen yang diperlukan dari responden.

Google Form memiliki 12 jenis fitur meliputi 9 jenis pertanyaan disertai foto, video, dan bidang teks. Gunakan ikon + di side bar kanan untuk menambahkan foto, video, atau media lain ke Form yang sedang kamu buat. Pertanyaan yang sudah kamu tambahkan pun bisa diatur ulang nantinya.

Setiap fitur pada Google Form memiliki fungsi duplikat di sisi kanan. Pada menu ini juga tersedia tombol hapus dan pilihan tambahan lainnya. Pertanyaan bisa kamu ubah kapan saja. Namun, apabila tipe jawaban berubah bentuk, maka pengaturan Form akan diatur ulang.

Silakan baca juga tutorial Cara Scan Barcode Google Map.

Mengirimkan Google Forms

Google Form yang telah kamu buat bisa dikirim melalui email, pesan chat dengan mengirimkan link Form tadi, melalui situs web, bahkan di media sosial. Silakan ikuti cara mengirimkan google form yang mudah berikut ini:

  1. Klik Kirim/Send di bagian kanan atas Form
  2. Kamu bisa mengirim Google Form ke beberapa alamat email secara bersamaan. Cukup kumpulkan alamat email yang dituju.
  3. Pilih metode untuk mengirim formulir.
  4. Pada kolom Kepada/To, masukkan alamat email. Penyesuaian konten subjek dan pesan juga bisa dilakukan.
  5. Klik menu Insert Link dan copy paste link Google Form kamu ke email atau kolom chat.
  6. Mengirimkan link Google Form lewat media sosial pun cukup mudah. Cukup pilih salah satu ikon media sosial yang dituju dan klik.

Selain mengirimkan secara personal, kamu juga bisa mengirimkan link Form kamu melalui website. Berikut Langkah-langkahnya

  1. Klik Kirim/Send di pojok kanan atas pada Google Form-mu.
  2. Selanjutnya, pilih ikon <> di bagian kanan.
  3. Nanti akan muncul kode embed. Copy link Embed HTML yang muncul.
  4. Paste link embed di laman dashboard WordPress kamu dan klik
  5. Klik Custom HTML dan tentukan di mana kamu akan menempatkan
  6. Klik Add Widget.
  7. Paste link Embed HTML yang tadi telah kamu

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat Google Form atau Google Formulir ini. Dengan fitur dari Google ini, mendapatkan data atau jawaban bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.