2 Cara Membuat Footnote di Word dengan Fitur Bawaan

Ketika Anda mengerjakan tulisan ilmiah maupun laporan, tentu tak lepas dengan yang namanya catatan kaki atau footnote. Catatan kaki merupakan keterangan yang dicantumkan untuk merujuk pada sumber teks yang dikutip. Untuk membuatnya, mudah sekali, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui cara membuat footnote di Word.

Penulisan catatan kaki atau footnote memiliki ciri yang khas, yaitu dicantumkan pada bagian bawah halaman dengan huruf yang lebih kecil. Penulisan footnote seperti ini berguna agar pembaca dapat dengan mudah memahami isi teks dan makna yang ingin disampaikan oleh penulis. Oleh sebab itu, keberadaan footnote akan sangat membantu bagi pembaca.

Footnote semata-mata tak hanya digunakan untuk memberikan keterangan sumber kutipan yang ada di dalam teks, namun juga digunakan penulis untuk memberikan komentar dalam teks yang dianggap penting, dapat juga untuk menunjukkan sumber lain yang membicarakan hal yang sama.

Banyaknya fungsi footnote yang dapat dicantumkan pada sebuah tulisan ilmiah menunjukkan betapa pentingnya menyertakannya dalam teks Anda. Namun sebelum kita lanjut ke cara membuat catatan kaki, ada baiknya untuk mengetahui apa tujuan membuat catatan tersebut.

Tujuan Membuat Catatan Kaki

Bagi Anda yang masih merasa asing dengan istilah ini, mungkin Anda masih kurang paham tujuan dibuatnya footnote dalam sebuah tulisan ilmiah. Sebagai informasi, catatan pada kaki yang dituliskan dalam sebuah teks biasanya tidak terlepas kaitannya dengan isi atau kalimat yang ada di dalam teks.

Maka dari itu, maksud dan tujuan dibuatnya catatan kaki atau footnote yaitu:

  1. Untuk menunjukkan pembuktian atau menuliskan sumber pustaka.

Contoh: Mahmud Hidayat, dkk., Bahasa dan Sastra Indonesia, (Klaten: Citra Aji Parama, 2004), hlm. 35

  1. Memberikan credit atau utang budi kepada pengarang yang dikutip tulisan atau pendapatnya. Namun apabila pernyataan yang disampaikan adalah hal yang umum bagi pembaca, Anda tidak perlu mencantumkan catatan kaki.
  2. Untuk memberikan petunjuk / rujukan mengenai lampiran, atau uraian yang telah dibahas pada halaman sebelumnya.
  3. Untuk menyampaikan keterangan tambahan untuk memperkuat pernyataan yang dituliskan dalam teks.
  4. Untuk memberikan komentar penulis terhadap pernyataan yang dituliskan di dalam teks yang dianggap penting, namun tidak dapat dituliskan di dalam teks karena akan mengganggu alur teks.
  5. Untuk menunjukkan sumber lain yang membahas hal yang sama. Biasanya diawali dengan kata / kalimat: lihat…, Bandingkan…, atau Uraian lebih lanjut dapat dilihat dalam…, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Footnote di Word

Setelah mengetahui tujuan dibuatnya footnote, Anda akan menyadari betapa pentingnya untuk menyisipkan footnote pada tulisan ilmiah. Maka dari itu, langkah berikutnya adalah bagaimana cara menyisipkan catatan kaki pada teks di Microsoft Word.

Cara membuat footnote di Microsoft Word cukup mudah, nantinya footnote tersebut secara otomatis akan muncul di margin paling bawah dokumen Word Anda. Panjang pendeknya kata yang akan dituliskan juga dapat disesuaikan tergantung kebutuhan karya tulis Anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

A. Membuat Footnote Menggunakan Tombol Shortcut

Cara ini merupakan cara paling praktis dan cepat untuk membuat catatan kaki di Microsoft Word.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word pada komputer / laptop Anda, kemudian buka dokumen yang akan disisipkan catatan kaki atau footnote.
  2. Letakkan kursor pada akhir kalimat atau blok kalimat yang akan diberikan catatan kaki. blok kalimat yang akan dibuat footnote
  3. Tekan tombol Alt + CTRL + F pada keyboard secara bersamaan.
  4. Kolom catatan kaki secara otomatis akan muncul pada bagian bawah dokumen Anda.
  5. Tambahkan catatan kaki sesuai kebutuhan Anda. Cara Membuat Footnote di Word
  6. Untuk menambahkan catatan kaki lainnya, Anda dapat mengulangi langkah-langkah seperti di atas.

B. Cara Membuat Footnote di Word Melalui Menu Reference

  1. Buka aplikasi Microsoft Word pada komputer / laptop Anda.
  2. Buka dokumen yang akan disisipkan catatan kaki.
  3. Tempatkan kursor pada akhir paragraf yang akan diberikan catatan kaki. Anda juga bisa blok kalimat atau paragraf yang akan diberikan catatan kaki.
  4. Pada baris menu di atas / Ribbon, pilih tab ‘References’.
  5. Klik sub menu ‘Insert Footnote’. Cara Membuat Catatan Kaki di Word
  6. Setelah itu, secara otomatis catatan kaki akan muncul pada bagian bawah halaman.
  7. Anda dapat menuliskan sumber referensi pada area catatan kaki yang ada pada bagian bawah halaman tersebut.
  8. Untuk menambahkan catatan kaki, Anda dapat mengulangi langkah-langkah seperti di atas.

Mengedit Catatan Kaki di Word

Anda dapat mengedit isi catatan kaki sesuai dengan kebutuhan. Misalnya apabila Anda ingin mengganti font huruf, ukuran huruf, cetak tebal, atau garis bawah. Anda juga dapat mengganti warna catatan kaki ke warna yang diinginkan dan dapat mengganti posisi catatan kaki.

Referensi catatan kaki yang sudah terbentuk dibawah, sama seperti teks Word yang di atas. Jadi untuk mengeditnya, Anda bisa membloknya kemudian merubah warnanya atau membesarkan ukuran hurufnya. Intinya untuk mengedit, perlakukan sama saja seperti teks MS Word biasanya.

Standar penulisan catatan kaki memang berbeda-beda, tergantung gaya penulisan yang ingin digunakan, apakah APA, MLA, Chicago, atau lainnya. Sehingga ada baiknya sebelum Anda menulis catatan kaki, ketahui terlebih dulu dengan pasti mengenai pedoman penulisan karya ilmiah yang akan digunakan.

Untuk menambah pengetahuan, silakan baca juga tutorial Cara Membuat Grafik di Word.

Akhir Kata

Berikut tadi telah dipaparkan mengenai cara membuat footnote di Word dengan mudah dan cepat. Anda dapat segera mengaplikasikannya untuk tulisan ilmiah seperti laporan, jurnal, bahkan skripsi. Semoga artikel tutorial ini bermanfaat!