2 Cara Membuat Company Profile Dengan Word Yang Menarik

Company profile yang menarik dapat mendatangkan banyak calon pembeli atau calon klien, investor dan mitra kerja. Berikut adalah cara membuat company profile dengan word.

Sebelum anda membuat company profile perusahaan, ada baiknya jika mempelajarinya terlebih dahulu. Sehingga, anda mengetahui apa saja yang wajib ada di dalamnya. Secara singkat company profile adalah wajah atau image dari suatu perusahaan.

Hal-hal yang biasanya dicantumkan di dalamnya adalah visi, misi, pencapaian, serta fokus kerja. Company profile dapat berupa media cetak seperti buku/booklet, ada juga yang berupa media digital seperti PDF dan juga memakai website. Selain komponen – komponen yang telah disebutkan sebelumnya, ada juga beberapa yang wajib dan pilihan untuk dicantumkan.

Tidak ada standar yang khusus dalam pembuatan company profile, namun disarankan agar membuat yang simple, padat dan menarik. Hal tersebut agar tidak memakan banyak waktu para pembaca. Berikut adalah cara membuat company profile dengan word.

Cara Membuat Company Profile Dengan Word Menggunakan Template + Desain Sendiri

1. Membuat Cover Depan (Wajib)

Adapun Langkah pertama dalam membuat company profile adalah dengan membuat cover depan. Hal ini dapat anda lakukan dengan mencari office template saat anda membuat dokumen baru pada Microsoft Word. Saat ingin membuat dokumen baru, anda bisa mengetik pada kolom yang berisi tulisan “Search for online templates” pada tabel New.

Untuk penggunaan tool Search for online templates bisa juga dibaca pada artikel Cara Membuat Brosur di Word.

Desain template yang disediakan melalui Microsoft Word hanya boleh digunakan dan di-edit saja. Desainnya sendiri tidak boleh diperjual belikan. Anda ketik “cover” atau “front” pada kolomnya. Jika sudah menemukan desain yang sesuai, pilih dan mulai isikan informasi singkat dari perusahaan anda, seperti nama, alamat kantor, nomor telepon kantor pusat, alamat web, akun sosial media, alamat email dan bidang usaha.

Anda juga dapat mengganti gambar yang ada pada template (jika ada) dengan klik pada gambar tersebut, kemudian klik tabel Format di bawah menu Drawing Tools dan klik Shape Fill.  Setelah itu, klik Pictures dan pilihlah gambar yang ada pada komputer anda.

2. Profil Perusahaan

Setelah selesai membuat cover depan, anda dapat memulai untuk menulis deskripsi perusahaan. Hal – hal yang umumnya dicantumkan adalah visi misi, deskripsi produk, layanan atau jasa yang ditawarkan beserta target pasarnya, anda juga dapat mencantumkan sejarah singkat dari berdirinya perusahaan anda.

Adapun hal lain yang dapat dicantumkan adalah kebijakan atau komitmen, susunan direksi, dan kelebihan dari bisnis atau perusahaan yang anda miliki (boleh dicantumkan boleh tidak). Tampilan atau layout sangat penting, pastikan anda menulis dengan efektif sehingga dapat mengatur ruang yang ada agar pembaca dapat membacanya dengan nyaman.

Untuk mencapai hal tersebut, anda bisa menggunakan fitur “Layout” pada Microsoft Word untuk membantu anda mengatur teks dan ruang yang ada. Baik itu membuat kolom teks, pengaturan spasi dan posisi gambar.

3. Prestasi Perusahaan

Tidak semua harus disebutkan, pilih yang penting dan benar – benar bagus saja. Jika terlalu banyak maka akan membuat pembaca bosan untuk membacanya. Anggap saja bagian ini adalah untuk dinilai oleh para calon pembeli, mitra baru dan investor.

Adapun prestasi perusahaan yang sebaiknya dicantumkan adalah penghargaan dari lembaga berkompeten, sertifikasi, testimoni dari klien, angka penjualan, dan liputan media masa terpercaya. Semakin banyak memang semakin bagus, tapi cantumkanlah yang sekiranya akan memberikan kesan bagus di mata.

4. Tambahan

Adapun hal – hal yang bisa ditambahkan adalah informasi penjualan tahunan, foto perusahaan, foto kegiatan, jumlah karyawan dan informasi – informasi terkait dengan perusahaan yang sekiranya menurut anda penting.

5. Apa yang Harus Anda Tekankan?

Langkah terakhir dalam cara membuat company profile dengan word adalah memastikan kembali bahwa anda sudah menekankan keunggulan, serta detail menarik dari produk, pelayanan atau jasa yang anda tawarkan. Penekanan informasi tersebut dalam company profile harus dibuat semenarik mungkin.

Adapun cara agar company profile anda terlihat menarik adalah dengan menambahkan ilustrasi yang mampu menyita perhatian pembaca. Selain itu, dapat juga ditambahkan gambar atau foto produk, diagram, tabel dan infografis menggunakan “Insert” pada bagian menu dokumen word anda.

Gunakanlah warna – warna yang dapat menarik perhatian, namun tidak melenceng dari perusahaan anda. Anda dapat menambahkan bingkai pada foto produk anda dengan klik gambarnya dan memilih “Picture Border” pada menu “Format” dibawah “Picture Tools”.

Cara Membuat Company Profile Dengan Word Menggunakan Template Online

Jika mencari template company profile di internet, Anda akan menemukan beberapa situs yang menyediakan. Baik yang menyediakan secara gratis maupun berbayar.

Karena sudah punya akun di situs template.net, saya mencoba melihat-lihat template-template company profile di situs ini. Dan ternyata ada yang gratis dan tampilannya banyak yang menarik.

Berikut ini saya contohkan cara mendapatkan template company profile gratis dari situs template.net.

  1. Daftar gratis di situs https://www.template.net/
  1. Login ke web template.net, kemudian pada kotak pencarian ketikkan Free Company Profile, kemudian enter. Akan muncul banyak contoh desain template, pilih salah satu template dengan cara mengklik template yang diinginkan.

cara membuat company profile dengan word

  1. Setelah mengklik template yang diinginkan, klik tombol Download Now, kemudian klik tombol Free Download. Pilih opsi Download in MS Word dan klik tombol Continue Dwonloading.
  1. File template hasil download dikompress dalam format zip, jadi extract dulu file hasil download menggunakan software WinRAR/WinZIP atau jika menggunakan Windows 10, bisa langsung klik kanan, pilih Extract All.
  1. Buka file template company profile dengan Microsoft Word. Kemudian edit teks, gambar, dan elemen lain sesuai kebutuhan.

Berikut ini contoh company template Free Creative IT Company Profile yang sudah dibuka di Microsoft Word.

Template Free Creative IT Company Profile

Jika Anda tidak menemukan contoh desain company profile yang cocok di situs template.net, silahkan coba cari situs lain melalui Google. Saya tes melakukan pencarian dengan kata kunci Template Company profile, ada beberapa situs penyedia company profile template yang muncul.

Atau jika Anda ingin membuat desain company profile yang unik, gunakan contoh company profile template sebagai ide untuk membuat yang lebih baik. Tetapi bisa juga memodifikasi template yang ada menjadi unik dan berbeda.

Jika ingin merubah hasil company profile yang dibuat menjadi file PDF langsung dari Word, gunakan tutorial di artikel Cara Mengubah Word ke PDF.

Tips dan Penutup

Desain company profile yang menarik harus terlihat rapi dan professional. Perhatikan warna font dan background yang digunakan, kedua hal tersebut harus selaras untuk memberi kemudahan dan kenyamanan kepada para pembaca untuk menangkap apa yang ingin disampaikan.

Dalam mencetak company profile gunakanlah bahan dengan kualitas yang bagus, sehingga dapat menjadi nilai tambah dimata para pembaca. Bahan cetak yang bagus cenderung akan lebih menarik dan dihargai, namun jangan melebihi bujet yang sudah dianggarkan.

Sebagai penutup, company profile yang menarik tidak semata – mata secara visual saja, tapi juga secara bagaimana anda menempatkan dan menjelaskan informasi perusahaan anda. Demikian langkah – langkah cara membuat company profile dengan word ini. Semoga dapat bermafaat untuk anda, terutama bagi yang tidak ingin keluar dana untuk membayar desainer grafis.