Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Ada lima cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi yang perlu kalian tahu, mulai dari menginstall aplikasi langsung di memori eksternal hingga memanfaatkan aplikasi penyimpanan data online.

Xiaomi dikenal sebagai salah satu smartphones canggih dengan harga yang cukup terjangkau. Karenanya, banyak orang memilih menggunakan produk ini ketimbang merek lain. Selain menawarkan banyak fitur canggih dan baru, Xiaomi juga dikenal memiliki memori internal yang cukup besar. Namun walaupun begitu, dengan banyaknya aplikasi baru, menarik, dan bermanfaat bermunculan, banyak dari kalian pasti mengalami kendala dengan memori penuh.

Nah untuk handphone Xiaomi, kalian tidak bisa memindahkan aplikasi yang telah kalian unduh secara manual ke kartu SD Xiaomi. Hal ini karena ponsel ini tidak memiliki fitur pindah aplikasi ke kartu SD Xiaomi. Eits, tapi jangan khawatir karena masih ada cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi bahkan tanpa root.

Memindahkan Data Aplikasi

Beberapa aplikasi memang tidak mengijinkan untuk dipindah ke SD card Xiaomi dan handphone lain tanpa root, misalnya aplikasi Whatsapp. Solusinya adalah dengan pengoptimalan. Kalian juga bisa memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi dengan memindahkan data aplikasi. Caranya, dengan meng-install aplikasi langsung dari SD card. Dengan ini, file data dan apk bawaan aplikasi akan tertinggal di kartu SD.

Untuk HP Xiaomi Redmi 2, Redmi 1s, dan Redmi Note 2, folder bisa dipindahkan dari memori internal ke kartu memori eksternal. Walaupun begitu, risiko gagalnya cukup tinggi. Jadi, lebih baik jika kalian meng-install langsung aplikasi yang dibutuhkan langsung di kartu SD. Jika aplikasi tersedia di memori eksternal, maka aplikasi akan pindah secara otomatis. Kalian bisa menggunakan cara yang sama untuk HP Xiaomi Redmi 5A dan Xiaomi Note 5A.

Aplikasi Pemindah Aplikasi

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi yang kedua ini bisa dibilang memiliki tingkat kesuksesan yang sangat tinggi. Dengan aplikasi pemindah aplikasi, kalian bisa memindahkan aplikasi ke SD card Xiaomi tanpa root dan aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Play Store. Namun, pastikan memilih aplikasi yang tidak memerlukan root smartphone agar proses pemindahan aman.

cara memindahkan aplikasi ke kartu sd xiaomi

Beberapa yang bisa kalian gunakan adalah aplikasi Link2SD atau AppMgrII. Dua aplikasi ini bisa digunakan dengan cukup mudah. Setelah ter-install, pilih aplikasi yang hendak dipindah dan tinggal pilih memindahkan ke SD card. Cara ini cukup mudah, efektif, dan cepat. Kalian bisa mengaplikasikannya pada smartphone Xiaomi Note 5A dan jenis lain.

Pengoptimalan

Tips berikutnya adalah dengan memanfaatkan memori internal khusus untuk aplikasi. Bagi kalian yang memiliki Xiaomi Redmi 5i, Redmi 2, dan Redmi Note 2, akan kesulitan memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Karena itu, cara paling simpel dan logis adalah pengoptimalan, yaitu dengan memanfaatkan memori atau ruang penyimpanan internal khusus untuk aplikasi-aplikasi yang perlu diunduh saja. Data-data lain seperti foto, video, mp3, dokumen, dan lain sebagainya bisa kalian simpan di SD card.

Jika data-data tersebut sudah tersimpan di memori internal, akan lebih mudah memindahkan mereka ke memori eksternal. Setelah dipindah, kapasitas memori internal kalian akan semakin besar sehingga kalian bisa mengunduh aplikasi baru. Jika cara ini tidak sesuai dengan kalian, maka bisa menggunakan dua cara yang disebutkan tadi.

Silakan baca juga tutorial Cara Memindahkan File dari Handphone ke Laptop.

Aplikasi Penyimpanan Data Online

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi penyimpanan data online, misalnya pCloud yang menyediakan versi gratis dengan kapasitas 10GB dan versi berbayar dengan kapasitas 2TB, Google Drive dengan versi gratis sebesar 15GB dan 2TB versi berbayar, IDrive dengan 5GB sebagai versi gratisnya sedangkan versi berbayarnya menawarkan hingga 5TB, serta OneDrive di mana versi gratisnya memberi space sebesar 5GB dan 6TB untuk versi berbayarnya.

Aplikasi-aplikasi ini membantu kalian mengosongkan memori internal tanpa perlu memindahkan aplikasi ke memori SD card Xiaomi. Jika keempat cara ini masih belum memuaskan, maka mau tidak mau kalian harus menggunakan root. Selanjutnya akan kami bahas tentang bagaimana memindah aplikasi menggunakan root.

Root Ponsel Xiaomi

Memindahkan aplikasi ke SD Card Xiaomi dengan root memang sering direkomendasikan. Walaupun begitu, cara ini pun tidak bisa dibilang aman, beresiko malah. Secara sederhana, root adalah teknik untuk membongkar atau memodifikasi ponsel agar bisa diotak-atik dengan mudah dan sesuka hati. Cara ini dibilang berisiko karena jika pada saat merubah sistem tidak berhasil, maka bukan hanya aplikasi kamu saja yang hilang tapi ponsel kamu pun bisa rusak. Dan perlu diingat, garansi tidak akan lagi berlaku jika ponsel telah melalui proses root.

Itu tadi lima cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi yang bisa kami bagikan dan semoga bermanfaat. Kalian juga bisa mengaplikasikan cara yang sama untuk jenis ponsel lain. Semoga kalian bisa menyimpan aplikasi dan data dengan aman dan optimal di ponsel kalian.