Cara Menghilangkan Iklan di Handphone Anda Dengan Mudah

Iklan bertujuan untuk mengenalkan suatu produk atau barang kepada pengguna. Namun, hal tersebut akan terasa mengganggu bila terus bermunculan dalam bentuk pop up atau selingan di tengah aktivitas yang dilakukan di handphone. Maka, untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan cara menghilangkan iklan di handphone ini.

Cara Menghilangkan Iklan di Handphone, Mudah serta Cepat

Ponsel sekarang seakan menjadi benda wajib yang harus ada dalam setiap aktivitas. Browsing, cek media sosial, menonton film, maupun bermain gim dapat dilakukan melalui satu perangkat kecil tersebut. Sayangnya, aktivitas menyenangkan itu kerap kali terganggu tayangan pariwara yang muncul di tengah-tengahnya. Akibatnya, mood melanjutkan kegiatan sebelumnya bisa berubah. Bisa juga muncul rasa jenuh dan lelah akibat secara terus menerus melihat pariwara promosi yang lewat.

Maka, untuk menghilangkannya, bisa menggunakan cara-cara ini:

A. Pasang aplikasi tambahan yaitu AdClear

Cara Menghilangkan Iklan di Handphone Dengan AdClear

Aplikasi pihak ketiga ini berfungsi untuk membersihkan serta memblokir segala ads yang masuk ke ponsel sewaktu beraktivitas di dunia maya atau bermain gim. Cara menggunakannya:

  1. Unduh aplikasi AdClear dari playstore terlebih dahulu, lalu pasang di ponsel.
  2. Setelahnya, buka aplikasi dan tekan tombol untuk mengaktifkan fitur pemblokiran secara otomatis.
  3. Buka browser selain chrome (Samsung Internet dan Yandex) di HP dan aktifkan ekstensi AdClear untuk membantu memblokir iklan-iklan yang menyisip di situs-situs pencarian yang Anda kunjungi.

B. Aktifkan pengaturan blokir iklan pada browser chrome

Umumnya, chrome menjadi browser default bagi pengguna Android. Agar aktivitas berselancar di beberapa situs nyaman, Anda bisa mengaktifkan pengaturan blokirnya melalui langkah ini:

menghilangkan iklan di browser chrome hp

  1. Terlebih dahulu buka chrome. Kemudian pilih menu Settings atau Pengaturan atau Setelan.
  2. Pada halaman Settings, pilih menu Site Settings atau Pengaturan Situs atau Setelan situs.
  3. Pilih fitur Iklan dan pop-up and redirects. Kemudian, aktifkan fitur tersebut agar browser secara otomatis memblokir ads yang tampil di situs yang sedang dikunjungi. Pastikan statusnya Diblokir seperti gambar di atas.

C. Menggunakan aplikasi NoRoot Firewall

NoRoot Firewall dapat berfungsi untuk menghapus semua potensi pariwara sekilas yang masuk di smartphone Android. Bukan hanya yang tampil di browser, tetapi juga pada aplikasi lain yang kemungkinan mendapat sisipan iklan.

Trik untuk memakainya adalah:

blokir iklan dengan noroot firewall

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasinya di play store, kemudian pasang di ponsel.
  2. Setelah selesai, buka aplikasi, kemudian pilih menu Apps.
  3. Tekan tombol start untuk mengecek aplikasi apa saja yang terdaftar di sistem.
  4. Pilih aplikasi yang tidak ingin menampilkan iklan ketika digunakan. Caranya dengan membubuhkan tanda centang dua kali pada aplikasi yang ingin dibebaskan dari pariwara sekilas tersebut. Selanjutnya, ads apa pun tidak akan muncul.

D. Mengatur security settings yang terdapat pada sistem

Selain menggunakan aplikasi dan pengaturan pada browser, Anda juga dapat mengaturnya melalui menu security settings yang terdapat pada sistem. Langkahnya:

  1. Buka menu settings atau Pengaturan. Kemudian pilih submenu security settings untuk mengatur keamanan ponsel.
  2. Aktifkan fitur jangan izinkan penginstalan aplikasi dari sumber yang tidak jelas. Tujuannya, agar sistem melakukan scanning semua aplikasi yang hendak di install serta memproteksi apabila sumbernya tidak jelas. Sehingga, Anda dapat terhindar dari malware yang sering masuk melalui aplikasi ilegal.

E. Memakai DNS66

DNS66 merupakan aplikasi penghapus ads yang mudah dan cepat. Ukuran filenya pun ringan, berkisar sekitar 3 Mb.  Adapun cara untuk menggunakannya adalah:

memblok iklan dengan aplikasi dns66

  1. Jika belum ada di handphone, download dan install Aplikasi F-Droid Repository (Salah satu Android Store yang aman dan terpercaya, fungsinya sama seperti Play Store).
  2. Cari dan download Aplikasi DNS66 dari F-Droid Repository. Kemudian install pada ponsel.
  3. Akses DNS66 dan tekan tombol start untuk memulainya. Bila muncul kotak konfirmasi, tekan yes.
  4. Ketika ada permintaan sambungan dari aplikasi, klik OK untuk mengaktifkannya.
  5. Kemudian, pilih tabulasi hosts dan tekan fitur adaway hosts file. Pada bagian action, klik deny.
  6. Pilih tab apps untuk melihat daftar aplikasi yang terdapat pada sistem. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin bebas iklan dengan menggeser toggle ke kanan.
  7. Terakhir, cek aplikasi atau browser yang dipilih untuk memastikan pariwara promosi sudah tidak lagi tayang.

Hapus Iklan di Ponsel iPhone

Bagi pemilik iPhone, bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk menghentikan penayangan iklan yang sering mengganggu ketika beraktivitas menggunakan ponsel.

A. Menggunakan menu Settings

Langkah-langkah untuk menghapus iklan yang sering muncul melalui pengaturan adalah:

batasi pelacakan iklan di iphone

  1. Buka menu Settings atau Pengaturan.
  2. Kemudian pilih menu Privacy atau
  3. Klik fitur Advertising atau Pengiklanan.
  4. Aktifkan fitur limit ad tracking atau Batasi Pelacakan Iklan untuk menghilangkan pariwara yang sering muncul dalam bentuk pop up ataupun lainnya.

B. Mengatur browser Safari

Bagi pengguna iPhone, Safari merupakan browser default yang sudah terinstall secara otomatis dari pabrik. Untuk menghilangkan iklan yang sering muncul ketika berselancar, langkahnya:

blokir pop up iklan di iphone

  1. Pertama, masuk ke menu settings atau Pengaturan.
  2. Kemudian, pilih menu Safari.
  3. Aktifkan fitur block pop-ups atau Blokir Pop-up untuk memblokir iklan yang tampil ketika browsing di Safari.

Mudah dan cepat, bukan? Silahkan gunakan trik untuk menghapus semua iklan yang tampil di browser maupun aplikasi smartphone dan iPhone di atas agar tidak mengganggu aktivitas berselancar di dunia maya. Selamat mencoba.