Cara Mudah Mencari Masjid Terdekat atau Mushola Terdekat dari Lokasi Anda

lokasi masjid al akbar balangan

Sedang mencari masjid terdekat atau mushola terdekat dari lokasi anda berada? Sudah mencoba menggunakan aplikasi pencari masjid, tetapi hasilnya kurang akurat? Bahkan sudah menggunakan mesin pencari Google, tetapi hasilnya jauh?

Tenang, saya ada solusinya.

Dalam artikel tutorial ini, saya akan menunjukkan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencari mesjid-mesjid terdekat dengan lokasi anda berada. Baik anda sedang berada di desa, di kota, bahkan dimanapun selama masih ada koneksi internet.

Dan tanpa panjang lebar dengan kata pengantar, silahkan langsung ikuti berbagai tutorial cara mencari masjid terdekat di bawah ini.

Mencari Mushola atau Masjid Terdekat Menggunakan Google Asisten

Sebelum mulai, pastikan smartphone android yang anda gunakan sudah mendukung Google Asisten, memiliki koneksi internet, sudah terinstal aplikasi Google Maps, dan usahakan hp-nya sedang tidak terkunci agar mudah melakukan pencarian.

Jika semua sudah ok, silahkan langsung ikuti tutorial berikut ini.

  1. Pada smartphone android anda, ucapkan “ok google cari masjid terdekat” atau bisa juga ucapkan “ok google cari masjid”. Asisten Google akan langsung memproses permintaan anda seperti gambar di bawah ini.

memulai asisten google

  1. Asisten Google akan menampilkan hasil pencarian beberapa masjid terdekat dengan lokasi anda seperti gambar berikut.

cari masjid terdekat dengan google asisten

  1. Untuk menampilkan daftar hasil pencarian yang lainnya, tap kemudian geser ke atas tulisan hasil pencarain yang muncul (Untuk contoh di atas, tulisan Mesjid As Sa’adah). Hasilnya seperti gambar berikut.

daftar mesjid terdekat di google asisten

Catatan :

Daftar masjid hasil pencarian Google Asisten tidak langsung menampilkan perkiraan jarak. Oleh karena itu, untuk mengetahui jarak ke masing-masing masjid anda harus mengeceknya satu persatu dengan cara tap tulisan PETUNJUK ARAH di masing-masing masjid.

  1. Untuk contoh saya mentap tulisan PETUNJUK ARAH yang Mesjid As Sa’adah, kemudian apabila muncul pertanyaan mengenai aktifkan lokasi perangkat seperti gambar di bawah, pilih saja OK.

mengaktifkan lokasi perangkat

  1. Akan muncul tampilan peta dan informasi rute yang bisa ditempuh menuju masjid yang dimaksud, perkiraan jarak (800 m), perkiraan waktu (10 mnt dengan jalan kaki, 6 mnt dengan motor, dan 8 menit dengan mobil).

lokasi mesjid as saadah balangan

Jika ingin Google Maps memandu anda menuju masjid yang dimaksud, bisa tap tombol Mulai (tombol warna biru).

  1. Untuk mengecek perkiraan jarak dan waktu ke hasil pencarian masjid yang lainnya, silahkan kembali ke jendela Google Asisten. Kemudian lakukan kembali seperti langkah yang ke-4. Nanti tinggal dibandingkan mana yang terdekat.

Mencari Mushola atau Mesjid Terdekat Menggunakan Smartphone dan Google Maps

Aplikasi Google Maps bisa diinstal di handphone atau perangkat yang berbasis android, iOS (seperti iPhone), dan juga Windows Phone. Jadi silahkan install dulu aplikasi Google Maps pada perangkat anda jika ingin mencoba tutorial ini.

Setelah aplikasinya terinstall, jangan lupa nyalakan juga koneksi internetnya. Bisa menggunakan wifi ataupun data seluler. Selanjutnya silahkan ikuti tutorial berikut ini.

  1. Buka aplikasi Google Maps. Jika layanan lokasi belum diaktifkan, tap simbol seperti yang saya beri kotak merah pada gambar di bawah ini.

menyalakan layanan lokasi smartphone

  1. Jika muncul pertanyaan “Untuk melanjutkan, aktifkan lokasi perangkat, yang menggunakan layanan lokasi Google” seperti gambar di bawah, tap saja OKE.

kotak dialog aktifkan lokasi perangkat

  1. Ketikkan masjid pada kotak pencarian Google Maps, kemudian tap symbol kaca pembesar pada keyboard smartphone. Setelah itu di peta akan ditandai masjid-masjid yang dekat dengan lokasi kita berada dan juga ditampilkan informasi masing-masing mesjid. Supaya lebih jelas, silahkan lihat gambar berikut.

masjid masjid terdekat rumah

  1. Untuk memudahkan membandingkan perkiraan jarak masing-masing masjid, anda bisa tap symbol daftar (lihat yang saya beri tanda kotak merah pada gambar di atas). Setelah ditap akan tampil daftar masjid terdekat dengan lokasi anda seperti gambar di bawah ini.

daftar masjid terdekat google maps

Catatan :

Dari daftar seperti gambar di atas, anda bisa tahu mana langgar/masjid/musholla yang jaraknya paling dekat. Untuk beberapa masjid besar, bahkan anda bisa melihat rating dan review orang lain yang pernah berkunjung. Jika ingin membaca review, tinggal tap nama mesjidnya, kemudian tap tab ULASAN.

  1. Jika anda sudah memutuskan masjid mana yang akan didatangi, anda bisa tap symbol tanda panah disamping kanan nama masjidnya. Untuk contoh saya mentap symbol tanda panah LANGGAR AL-MURSIDUL AMIN dan munculah tampilan seperti gambar di bawah ini.

rute menuju mushola terdekat

Dari gambar di atas, anda bisa tahu rute yang bisa ditempuh menuju lokasi, perkiraan waktu (7 mnt dengan jalan kaki, 4 mnt dengan motor, dan 5 mnt dengan mobil), dan juga perkiraan jarak tempuh.

Kalau anda perhatikan jarak yang muncul pada daftar masjid hasil pencarian dengan jarak pada gambar di atas ini ada perbedaan. Jarak yang pertama 450 m dan yang kedua 600 m.

Anda tahu kenapa?

Jadi, jarak yang pertama adalah perkiraan jarak terdekat diantara lokasi kita dengan masjid secara langsung. Sedangkan yang kedua adalah perkiraan jarak dari rute kita berjalan kaki. Maka kalau menggunakan motor atau mobil perkiraan jaraknya bisa lain lagi, karena dihitung juga jarak putar balik dan lain-lainnya.

Untuk menambah referensi mengenai Google Maps, silahkan pelajari juga tutorial Cara Mencari Titik Koordinat Dengan Google Map dan Cara Mencari Alfamart / Indomaret Terdekat Dari Lokasi Anda Berada.

Cara Mencari Masjid Terdekat Menggunakan Laptop/PC

  1. Buka Google Maps. Alamatnya di https://www.google.co.id/maps/. Jika tidak sedang login ke akun Google, situs yang baru terbuka gambarannya seperti berikut ini.

tampilan awal google maps laptop

  1. Tentukan dari titik mana anda ingin mencari masjid terdekat. Caranya ketikkan alamat/posisi anda saat itu pada kotak Search Google Maps atau Telusuri Google Maps.

Untuk contoh, misalnya saya sedang berada di seberang kantor bupati balangan, maka saya mengetikkan kantor bupati balangan, kemudian tekan enter pada keyboard. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

kantor bupati balangan google maps

  1. Klik kanan di titik yang akan dijadikan acuan untuk mencari mesjid terdekat, kemudian pilih Cari di sekitar (Jika tampilan Google Maps anda dalam bahasa inggris, pilih Search nearby).

Untuk contoh saya menjadikan titik yang diberi kotak warna biru pada gambar di bawah sebagai titik acuan.

cari masjid terdekat dengan laptop

  1. Pada kotak pencarian Google Maps, ketikkan masjid kemudian tekan enter pada keyboard. Maka akan ditampilkan hasil pencarian masjid-masjid terdekat di sekitar titik acuan seperti gambar di bawah ini.

pencarian masjid di google maps

  1. Hasil pencarian Google Maps pada PC tidak langsung menampilkan jarak seperti pada pencarian di smartphone. Untuk mengetahui perkiraan jaraknya, anda harus menyorot hasil pencarian menggunakan mouse.

Pada gambar di bawah saya menyorot hasil pencarian Masjid Al-Akbar Balangan dengan cara mengarahkan pointer mouse ke hasil pencarian paling atas tersebut. Ketika disorot maka di peta akan tampil jarak, perkiraan waktu jika menggunakan mobil, dan rute perjalanan yang bisa ditempuh.

lokasi masjid al akbar balangan

Untuk membandingkan dengan hasil pencarian yang kedua dan yang lainnya, anda bisa menyorot satu persatu seperti di atas dan nanti tinggal dibandingkan untuk mencari mana masjid yang terdekat dari titik acuan yang sudah ditentukan.

Hasil Mencoba Mencari Masjid/Mushola Terdekat Menggunakan Beberapa Aplikasi di Play Store

Ketika mengetikkan kata masjid terdekat di kotak pencarian Play Store, muncul banyak aplikasi pencari mesjid. Saya penasaran untuk mencoba beberapa aplikasi yang muncul di hasil pencarian. Sekalian ingin membuktikkan aplikasi mana yang bisa digunakan dan direkomendasikan ke teman-teman.

Dan berikut ini adalah ulasan singkat hasil mencoba beberapa aplikasi tersebut.

Aplikasi Masjid Terdekat

Di smartphone yang saya gunakan, aplikasi masjid terdekat bisa diinstall. Tetapi ketika mencoba fitur Masjid Terdekat dan Cari Masjid, aplikasinya tertutup sendiri. Saya coba berkali-kali, tetap aplikasinya menutup sendiri.

Tampilan aplikasinya seperti gambar berikut ini.

aplikasi masjid terdekat

Sepertinya aplikasi ini belum kompatibel dengan android versi terbaru. Semoga kedepannya segera ada update dari pengembang aplikasinya.

Aplikasi Dewan Masjid

Saya mencoba mencari mesjid terdekat menggunakan aplikasi dewan masjid. Hasilnya muncul satu mesjid yang jaraknya cukup jauh. Tampilan hasil pencariannya seperti gambar berikut.

aplikasi dewan masjid

Kalau dibandingkan dengan pencarian mesjid dari Google Maps, hasilnya lebih banyak dan lebih lengkap Google Map. silahkan bandingkan dengan hasil pencarian pada tutorial mencari masjid dengan Google Maps di atas, karena titik acuan yang saya gunakan sama.

Aplikasi ini sebenarnya petanya menggunakan Google Maps juga, tetapi sayang sekali database masjidnya tidak sama dengan yang digunakan Google Map.

Aplikasi Masjid

Di Play Store saya menemukan juga aplikasi untuk mencari masjid di sekitar anda. Namanya aplikasi masjid. Setelah diinstall, saya coba untuk mencari masjid dan hasilnya seperti gambar di bawah.

aplikasi masjid di playstore

Saya belum mencoba aplikasi ini jika posisi saya sedang di kota besar, tetapi saya yakin database mesjidnya tidak selengkap Google Maps.

Aplikasi Masjid near me

Hasil pencarian mesjid-mesjid terdekat dengan Aplikasi Masjid near me sama dengan hasil pencarian di Google Maps. Sebenarnya wajar, karena aplikasi ini petanya berbasis Google Maps juga.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Setelah aplikasi terinstall, anda cukup buka aplikasinya dan langsung ditampilkan daftar mesjid terdekat. Pada peta juga ditandai lokasi-lokasi mesjid di sekitar anda seperti gambar di bawah ini.

aplikasi masjid near me

Kelebihan aplikasi masjid near me, selain menampilkan jadwal sholat anda juga tidak perlu mengetikkan mesjid terdekat ataupun mesjid ketika mencari lokasi mesjid di sekitar.

Adapun kekurangannya, anda tidak ditunjukkan rute yang bisa ditempuh dan juga perkiraan waktu tempuh ke lokasi mesjid hasil pencarian. Jika anda ingin melakukan hal tersebut, aplikasi akan membawa anda untuk membuka Google Maps secara otomatis. Iya ujung-ujungnya Google Maps juga.

Kesimpulan

Dari uraian yang sudah saya sampaikan di atas, ada 2 jenis cara untuk mencari masjid terdekat. Yaitu menggunakan Laptop/PC dan menggunakan smartphone.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari mesjid/mushola/langgar di smartphone ada 3. Yaitu Google Asisten, Google Maps, dan Masjid near me. Untuk aplikasi lain belum saya sarankan. Karena dari hasil percobaan, hasilnya kurang memuaskan.

Dari semua cara yang sudah diuraikan, saya pribadi paling menyarankan menggunakan aplikasi Google Maps di smartphone. Karena lebih simpel, lebih mudah membandingkan jarak, ditunjukkan rute dan perkiraan waktu tempuh, dan database masjidnya paling lengkap.

Demikian tutorial mengenai cara mencari masjid terdekat atau mushola terdekat yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa anda praktekkan dan semoga bermanfaat.

shares