Cara Mengganti Email Facebook Melalui Laptop atau Handphone

Siapa yang tidak mengenal Facebook? Menurut katadata dari penelitian yang dipublish bulan Februari 2020, situs karya Mark Zuckerberg tersebut menempati ranking ketiga dari 10 media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Ada sekitar 82% orang masih menggunakannya, bahkan sejak masuk ke Indonesia. Fiturnya yang lengkap serta kemudahan dalam menemukan relasi maupun kawan lama menjadi alasan. Pun dengan pengaturan-pengaturan di dalamnya, dapat dilakukan dengan mudah, seperti cara mengganti email Facebook.

Cara Menambah Email Pada Facebook di Semua Perangkat

Setiap orang, tentunya memiliki alasan mengapa alamat surel Facebook harus diganti. Bisa jadi karena lupa kata sandi email atau email sudah tidak aktif lagi. Apa pun alasannya, kini Anda dapat menggantinya dengan mudah.

Bagaimana caranya? Pantau terus panduan ini untuk informasi detailnya.

Cara Mengganti Email Facebook di Laptop atau PC

Bagi Anda yang memiliki laptop atau PC (Personal Computer), bisa mulai mengganti alamat email di Facebook dengan mengikuti tutorial berikut:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke akun Facebook terlebih dahulu menggunakan surel dan password yang ada.
  1. Begitu sudah masuk di halaman beranda, klik tanda panah terbalik yang berada di pojok kanan atas. Kemudian, akan muncul beberapa pilihan menu di antaranya:

> pengaturan & privasi (setting & privacy)

> bantuan & dukungan (help & support)

> mode gelap (dark mode) untuk mengubah latar belakang layar menjadi gelap

> menu untuk mengembalikan ke mode klasik (switch to classic facebook).

Pada bagian ini, Anda tinggal pilih menu pengaturan & privasi (setting & privacy).

Cara Mengganti Email Facebook Di Laptop

  1. Langkah selanjutnya, pilih Pengaturan (settings). Akan tampil halaman berisi data pribadi.
  1. Pilih Kontak atau contact, kemudian klik Edit yang berada di bagian kanan.

edit kontak facebook

  1. Pilih link bertuliskan tambah alamat email lain atau nomor telepon. Jika kamu menggunakan bahasa Inggris, bisa pilih add another email or mobile number. Maka, akan muncul popup berisi kolom untuk menuliskan alamat surel baru beserta keterangan tentang konsekuensi dan apa yang harus dilakukan setelahnya. Bisa juga memilih Tambahkan nomor telepon Anda (add your phone number) di bagian bawah bila ingin memasukkan nomor telepon baru.

tambahkan email atau nomor ponsel lainnya

  1. Tuliskan alamat surel yang baru. Ingat, sebaiknya gunakan surel yang sering dipakai agar mudah untuk mengeceknya ketika harus melakukan konfirmasi.
  1. Begitu selesai, klik tombol tambahkan atau add. Selanjutnya, akan ada permintaan untuk memasukkan kata sandi akun Anda. Masukkan dengan benar dan klik tombol kirim.
  1. Sesudahnya cek email, Anda akan menerima pesan konfirmasi untuk memastikan jika surel yang digunakan bukan email palsu. Jika tidak menemukan di kotak masuk, silakan cek pada menu spam. Lalu, klik tombol verifikasi yang terdapat dalam badan pesan.
  1. Cek kembali pada bagian pengaturan kontak Facebook. Email baru sudah masuk dalam daftar dan berstatus dikonfirmasi atau confirmed.
  1. Terakhir, klik tombol Jadikan Utama atau make primary untuk menggantikan alamat email yang lama.

Cara Mengubah Email Facebook di Handphone atau Tablet

Bila Anda belum memiliki laptop atau PC, tenang saja. Kini, untuk mengubah email Facebook, juga bisa dilakukan menggunakan handphone atau tablet. Inilah cara mengganti email Facebook melalui telepon genggam.

  1. Login terlebih dahulu ke akun Anda menggunakan surel dan password yang sudah ada.
  2. Begitu masuk di halaman beranda, klik hamburger button atau tiga garis sejajar yang berada di pojok kanan atas.
  3. Pilih menu pengaturan (settings) yang berada di bagian bawah.
  4. Pada halaman pengaturan, pilih bagian Pengaturan Akun atau account settings. Kemudian pilih Informasi pribadi atau personal information.
  5. Klik pada bagian Info kontak atau contact info.
  6. Klik tambahkan alamat email yang berada di bawah rincian informasi pribadi.
  7. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman baru yang berisi kolom untuk menuliskan surel baru serta detail informasi mengenai apa yang harus dilakukan setelahnya. Pastikan membaca informasi yang tertera dengan baik dan teliti.
  8. Usai menuliskan email baru, pastikan Anda memasukkan kata sandi akun sebelum klik tombol Tambahkan Email.
  9. Begitu selesai, silakan cek kotak masuk surel atau bagian spam. Lakukan verifikasi dengan menekan tombol Verifikasi yang terdapat dalam badan pesan.
  10. Cek kembali pengaturan dalam Facebook, untuk memastikan jika status email baru sudah terkonfirmasi.
  11. Setelahnya, Anda dapat menjadikan alamat surel baru menjadi yang utama dan menghapus surel lama.

Jika mau membuat email baru, Anda bisa baca tutorialnya di Cara Membuat Email di Handphone dengan mudah dan gratis.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara mengganti email Facebook melalui berbagai perangkat mulai dari laptop atau personal computer, ponsel, serta tablet. Apa pun perangkat yang digunakan, pada dasarnya mengubah alamat surel untuk media sosial tidaklah sulit. Begitu pun bila ingin mengubah nomor telepon. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Selamat mencoba.