3 Cara Merubah JPG Ke Word Dengan Hasil Bagus

Menulis ulang teks pada gambar secara manual merupakan hal yang melelahkan dan banyak waktu yang terbuang. Apalagi jika teks yang harus Anda tulis ulang tersebut ada banyak dan panjang. Tentu akan lebih mudah jika Anda tahu cara merubah JPG ke word karena bisa langsung mengedit teks tersebut di Microsoft Word.

Untuk merubah tulisan berformat Jpg menjadi dokumen Word yang bisa diedit, Anda dapat menggunakan metode convert Jpg to Word. Anda bisa memanfaatkan fitur Microsoft Word untuk mendeteksi gambar berformat Jpg dan memindahkan tulisannya ke dokumen word. Lebih praktis, bukan?

Sayangnya, fitur canggih convert Jpg to Word ini tidak tersedia untuk Microsoft Word di bawah versi 2019. Lantas, apakah ada cara lain untuk convert gambar Jpg ke Word?

Tentu ada! Anda bisa menggunakan software tertentu untuk merubah gambar Jpg jadi format teks. File hasil konversi ini bahkan bisa diubah menjadi Microsoft Word versi 2007, 2010, 2016, 2019. Berikut beberapa software yang dapat membantu Anda convert Jpg to Word:

Cara Merubah JPG Ke Word Menggunakan OnlineOcr

Cara merubah tulisan berformat Jpg ke word yang pertama adalah dengan menggunakan situs OnlineOcr. Situs yang dapat mengkonversi gambar menjadi teks ini bisa Anda akses secara gratis.

Melalui aplikasi OCR (Optical Character Recognition), Anda bisa merubah poster, foto, bahkan hasil scan menjadi dokumen word. File yang didukung situs ini tidak hanya Jpg. Anda bisa menggunakan file berformat PNG, Gif, tiff, dan PDF untuk dikonversi ke dalam word.

Berikut langkah konversi Jpg ke Word menggunakan OnlineOcr:

  1. Buka situs OnlineOcr.
  2. Unggah file yang ingin Anda konversikan dengan cara klik “Select file”.
  3. Pilih gambar Jpg yang dimaksud. Ukuran gambar yang diunggah sebaiknya tidak lebih dari 15 MB. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan gambar yang ada di sebuah situs. Caranya, salin link URL gambar dan isikan ke kolom yang tersedia di OnlineOcr.
  4. Pilih layanan bahasa untuk memudahkan proses konversi. Jika gambar tersebut berbahasa Inggris, Anda bisa memilih layanan bahasa Inggris atau Indonesia. Klik “CONVERT” apabila sudah selesai.
  5. Hasil konversi Anda akan muncul setelah beberapa detik. Unduh file kemudian periksa hasil konversi tersebut. Pastikan tidak ada tulisan yang hilang. Cara Merubah Jpg Ke Word

Merubah File JPG Menjadi Word Menggunakan Google Drive

Salah satu fungsi Google Drive selain untuk membuat dan mengedit dokumen, yang tidak banyak orang tahu, yaitu bisa untuk merubah file Jpg menjadi word. Berikut caranya:

  1. Masuk ke akun Gmail Anda, kemudian buka Google Drive.
  2. Tekan simbol “New”, kemudian pilih “File Upload”. cara upload file ke drive google
  3. Pilih gambar yang ingin Anda konversi jadi word.
  4. Klik kanan pada gambar yang telah terunggah, pilih “Open With (Buka dengan) > Google Docs (Google Dokumen)”. membuka jpg dengan google dokumen
  5. Salin hasil konversi tadi ke word untuk mengedit teks. convert jpg ke word dengan google doc

Cara Merubah File JPG Menjadi Word Menggunakan Anycovn.com

Berikut cara menggunakan situs ini untuk mengkonversi file Jpg Anda ke word:

  1. Siapkan file yang ingin dikonversi dan kunjungi situs Anycovn.com.
  2. Unggah gambar dengan klik “Pilih File”. Besar file yang bisa diunggah di situs ini tidak boleh lebih dari 50 MB. cara mengubah jpg ke word
  3. Klik tombol “Ubah” dan tunggu proses konversi selesai. jpg to word dengan anyconv
  4. Unduh file DOC atau DOCX hasil konversi.
  5. Sekarang Anda bisa mengedit file Word tersebut langsung di Microsoft Word.

Mengkonversi file Jpg ke word ternyata bukan hal yang sulit. Dengan 3 cara merubah Jpg ke word di atas, Anda tidak lagi capek menyalin teks gambar secara manual. Lebih hemat tenaga dan hemat waktu, bukan?