Cara Membuat Akun Google di Laptop dengan Mudah

Walaupun terlihat rumit, cara membuat akun Google di laptop sebenarnya cukup simpel dan cepat. Yuk ikuti langkah-langkah di bawah dan dapatkan akun Google kalian sekarang!

Membuat akun Google di laptop atau komputer bukanlah hal rumit. Walaupun terlihat ribet, tapi sebenarnya langkah-langkahnya cukup simpel dan cepat. Kalian hanya perlu mengikuti panduan dan akun Google pun sudah jadi. Di sini, kami akan berbagi cara membuat akun Google di laptop dengan mudah.

Master Info Masuk

Sebelum melangkah ke cara membuat akun Google di laptop, tahukah kalian kalau akun Google juga disebut sebagai master info masuk? Ya, karena akun Google inilah yang nantinya akan digunakan untuk membuka produk internet lainnya seperti Gmail, Google Adsense, Google Play Store, YouTube, dan produk lainnya dari Google.

Setelah mendaftar dan memiliki akun Google, kalian baru bisa menggunakan produk-produk tadi. Ini berarti dengan satu akun, kalian bisa mengakses banyak produk Google. Karena itulah akun Google disebut sebagai master info masuk.

Untuk menambah referensi, silakan baca juga Cara Membuat Google Form dengan mudah dan menarik.

Syarat Daftar Akun Google

Sebelum mendaftarkan akun Google, sebaiknya kalian tahu syarat-syarat membuat akun Google berikut:

  1. Pemilik akun yang berhak mengelola akunnya sendiri harus berusia minimal 13 tahun.
  2. Apabila hendak membuat akun untuk anak berusia di bawah 13 tahun, maka Google akan memberikan alternatif berupa tambahan pemegang akun dengan pengawasan orang tua atau perwalian dengan Google Family Link.
  3. Kalian memiliki nomor ponsel aktif.
  4. Menyiapkan akun email lain sebagai opsi pemulihan apabila kalian lupa sandi atau password pada saat login menggunakan akun Google.

Cara Membuat Akun Google di Laptop

cara membuat akun google di laptop

Nah sudah tahu kan fungsi akun Google dan syarat pendaftarannya. Selanjutnya, berikut ini langkah-langkah membuat akun Google di laptop, notebook, dan PC atau komputer.

  1. Klik link pendaftaran akun ini.
  2. Ketik nama depan dan nama belakang di kolom yang tersedia. Misalkan David Beckham. Maka David menjadi nama depan dan Beckham menjadi nama belakang.
  3. Setelah kolom nama sudah tersisi, masukkan nama pengguna. Nama pengguna ini adalah nama yang akan menjadi akun email kalian. Google biasanya akan secara langsung memberikan beberapa rekomendasi. Misalkan nama dan tanggal lahir akan dijadikan satu. Contoh Davidbeckham1975@gmail.com atau Davidbeckham75@gmail.com.

Apabila nama pengguna yang kamu ketik sudah terpakai oleh pengguna lain, biasanya akan muncul note berwarna merah, maka Google akan memberikan opsi lain. Karena akun ini akan kalian gunakan setiap kali login, sebaiknya catat nama pengguna agar kalian tidak lupa dan gagal masuk ke akun yang sudah terbentuk.

  1. Setelah berhasil memasukkan nama pengguna, selanjutnya ketik password Gmail atau kata sandi yang berisi delapan karakter, bisa berupa angka, huruf, tanda baca, atau gabungan ketiganya. Untuk keamanan akun, sebaiknya hindari menggunakan kata sandi menggunakan tanggal lahir. Sama seperti nama pengguna, kata sandi ini sangat diperlukan setiap kali login jadi jangan sampai lupa ya.
  2. Setelah kata sandi sudah sesuai, ketik kembali kata sandi tadi di kolom selanjutnya. Pastikan kata sandi yang kalian ketik sama dengan kata sandi yang dimasukkan di kolom sebelumnya. Berbeda satu karakater saja, Google tidak akan bisa memproses pendaftaran kalian. form pembuatan akun google
  3. Selanjutnya, masukkan tahun, bulan, dan tanggal lahir kalian. Cukup klik pilihan angka dan bulan yang sesuai dengan tanggal lahir kalian.
  4. Kolom berikutnya adalah memilih gender atau jenis kelamin.
  5. Setelah memilih gender, masukkan nomor ponsel yang aktif di kolom berikutnya. Nomor handphone ini juga berfungsi sebagai verifikasi apabila kalian gagal login ke akun Google.
  6. Berikutnya adalah memasukkan alamat email lain yang sudah kalian miliki. Kolom ini optional jadi kalaupun kosong, pendaftaran tetap dilanjutkan.
  7. Pilih lokasi tinggal kalian.
  8. Apabila semua sudah terisi dengan benar, klik tombol Langkah Berikutnya.
  9. Setelah mengklik Langkah Berikutnya, akan muncul halaman Privasi dan Persyaratan Akun. Halaman ini berisi syarat dan ketentuan umum bagi pengguna akun Google. Scroll ke bawah untuk membaca secara lengkap.
  10. Di bagian paling akhir halaman ini, ada tombol Saya Setuju.
  11. Setelah klik Saya Setuju, Google akan menampilkan kolom yang meminta kalian untuk mengisi nomor ponsel aktif. Kalian bisa memasukkan nomor ponsel yang sama yang diketik di langkah 8 tadi. Setelah selesai, pilih Text Message dan klik Continue.
  12. Tunggu beberapa saat karena Google sedang mengirimkan kode verifikasi berupa enam digit angka ke nomor kalian.
  13. Jika SMS telah masuk, masukkan kode verifikasi yang dikirim Google tadi dan klik Continue.
  14. Setelah selesai, Google akan menampilkan ucapan Selamat di halaman depan dan akun Google atau Gmail di laptop sudah bisa kalian gunakan.

Untuk menambah pengetahuan, silakan baca juga artikel Cara Share Lokasi Google Map.

Itu tadi cara membuat akun Google di laptop atau komputer yang sebenarnya cukup mudah. Karena akun ini cukup penting dan sedikit susah jika hendak membuat akun baru terutama dengan nomor ponsel aktif yang sama, sebaiknya catat dengan baik nama akun Gmail dan kata sandi kalian. Semoga bermanfaat!