Berbagai Cara Melacak Handphone yang Hilang dengan Email

Saat ini, handphone memang bukan lagi barang mahal yang hanya dimiliki oleh kalangan tertentu. Harganya relatif murah dan mudah didapatkan oleh semua orang. Tetapi, jika Anda harus kehilangan hal-hal berharga yang tersimpan dalam memori telepon genggam seperti kenangan bersama keluarga atau data-data penting, itu merupakan pengalaman terpahit. Untuk mencegahnya, ikuti cara melacak handphone yang hilang dengan email berikut.

Melalui fitur yang sudah disediakan oleh pemilik operasi Android maupun iOS tersebut, Anda tidak perlu lagi mencari salinan data-data yang hilang, atau bahkan membuatnya. Cukup mengikuti langkah-langkah dalam tutorial ini, maka kemungkinan ponsel ketemu semakin besar.

Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Kehilangan

Namun, sebelum membahas mengenai cara-caranya, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan setelah kehilangan telepon genggam.

1. Tetap tenang dan jangan panik

Usahakan diri Anda tetap dalam keadaan tenang. Kepanikan dan ketakutan berlebih dapat membuat otak tidak bisa bekerja maksimal. Segala jalan seakan tertutup untuk menemukannya. Maka, cobalah tetap tenang dan mengingat dengan baik di mana terakhir menyimpan dan kapan itu terjadi.

2. Bertanya pada orang sekitar untuk memastikan

Begitu Anda berhasil mengingat kapan terakhir memegang dan meletakkannya di mana, segeralah bertanya pada orang-orang di sekitar. Siapa tahu di antara mereka ada yang melihat atau justru menjadi penyelamat dengan menemukannya.

3. Melakukan panggilan ke nomor Anda

Handphone hilang, belum tentu dicuri. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan panggilan menggunakan ponsel saudara atau teman terlebih dahulu. Sebab, bisa jadi HP Anda terselip di suatu tempat.

Cara Melacak Handphone yang Hilang dengan Email untuk Android

Bila ketiga usaha tersebut tidak juga berhasil, maka segeralah menggunakan cara melacak handphone yang hilang dengan email ini. Pasalnya, Google sudah mewajibkan semua pengguna smartphone Android untuk memiliki alamat surel setiap kali melakukan pengaturan di awal membeli. Hal tersebut berfungsi untuk memudahkan dalam mengakses play store.

Nah, bagaimana cara mencari ponsel yang hilang melalui email? Inilah langkah-langkahnya.

tool temukan ponsel anda dengan email

Cara Melacak Handphone yang Hilang dengan Email

  1. Pertama, pastikan Anda sudah login di akun Gmail yang terdaftar pada smartphone yang hilang.
  2. Klik hamburger button yang terletak di pojok kanan atas, tepatnya di samping foto profil email. Kemudian, pilih menu Account.
  3. Di halaman pengaturan akun tersebut, ketikkan kata kunci “find” atau “temukan”. Selanjutnya, pilih menu find your phone atau temukan ponsel Anda.
  4. Anda akan melihat daftar perangkat mana saja yang terhubung dengan akun Gmail tersebut. Kemudian, pilih perangkat yang hilang, contohnya Redmi Note 7. Setelahnya, masukkan kata sandi email dan tekan tombol next.
  5. Pilih menu locate kemudian klik tombol next steps untuk mengarahkan lokasi HP saat ini. Google akan membawa Anda pada fitur find my device dan memberikan peta tempat handphone berada. Melalui aplikasi tersebut, Anda bisa memutuskan untuk menyalakan alarm jika kemungkinan ponsel masih ada di sekitar, menguncinya dengan kata sandi agar tidak dapat dibuka orang lain, atau menghapus semua data yang ada. Pilihan ketiga akan memutus akses untuk menemukan ponsel melalui email nantinya.

Catatan: lokasi yang didapat pada fitur find my device, belum tentu akurat. Semua tergantung pada kondisi HP. Jika telepon genggam dalam keadaan mati sebelum Anda melacaknya, ada kemungkinan lokasinya tidak tepat. Berbeda, jika masih dalam keadaan menyala, maka kemungkinan sesuainya tinggi.

Langkah Menemukan Ponsel Hilang untuk iPhone

Selain Android, Anda juga dapat melacak iPhone yang hilang. Begini caranya:

melacak handphone hilang dengan icloud

  1. Pastikan Anda sudah login pada akun icloud yang terdaftar pada ponsel yang hilang.
  2. Masuk ke halaman https://www.icloud.com/find atau menggunakan aplikasi find my device di App Store.
  3. Klik Cari iPhone. Kemudian, sistem akan menampilkan perangkat yang terdaftar dalam akun tersebut.
  4. Pilih perangkat yang hilang untuk menemukan lokasi pastinya pada peta. Jika masih berada di sekitar Anda, bunyikan alarm untuk memudahkan dalam pencarian.
  5. Nyalakan fitur tandai sebagai hilang agar sistem mengunci ponsel dengan kata sandi serta membantu memantau lokasinya. Fitur ini juga akan menangguhkan pembayaran apa pun yang terhubung dengan Apple Pay. Anda juga dapat menambahkan pesan khusus pada layar berisi nomor telepon dan peringatan.

Alternatif Lainnya untuk Menemukan Telepon Genggam yang Hilang

Selain menggunakan email yang sudah tersedia di semua perangkat baik Android maupun iphone, Anda juga dapat menggunakan aplikasi lainnya untuk melacak keberadaan ponsel yang hilang. Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu coba:

  1. Aplikasi Prey Anti Theft.
  2. Google Maps.
  3. Aplikasi Mobile Number Locator.
  4. Android Device Manager.
  5. Akun resmi sesuai vendor perangkat. Contoh: Mi Cloud untuk pengguna Xiaomi dan Find My Mobile untuk pemakai perangkat Samsung.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan kembali smartphone yang hilang. Semoga dapat membantu untuk segera menemukannya. Selamat mencoba.