Cara Membuat Grid dan Layout Peta di ArcGIS

cara membuat grid dan layout di arcgis

Berikut ini tutorial cara membuat grid di ArcGIS, cara membuat layout di ArcGIS, dan tool-tool apa saja yang bisa digunakan untuk mendesain layout peta yang bagus dan menarik.

Sebuah peta tidak menarik dan informatif tanpa adanya grid, legenda, skala, symbol arah utara, judul peta, dan informasi-informasi tambahan lainnya.

Oleh karena itu, menguasai tehnik pembuatan grid dan layout sangat penting dikuasai bagi pengguna Software ArcGIS.

Dan berikut ini adalah tahapan yang bisa diikuti untuk membuat grid dan layout peta.

Cara Membuat Grid di ArcGIS

  1. Pada Table Of Contents ArcGIS siapkan data-data yang akan dibuatkan grid dan layot peta-nya. Tetapi anda bisa juga membuat grid dan layout tanpa data-data. Jadi nanti hasilnya hanya layoutnya saja dan tidak ada petanya.
  1. Klik tab Layout View yang berada di pojok kiri bawah layar penggambaran. Supaya lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

tab layou view arcgis

  1. Atur orientasi dan ukuran kertas dengan cara klik menu File > Page and Print Setup atau klik kanan pada layar Layout View, kemudian pilih Page and Print Setup.

atur orientasi ukuran kertas arcgis

  1. Pada kotak dialog Page and Print Setup yang muncul, lakukan beberapa pengaturan sebagai berikut.

Pada bagian Mape Page Size, unceklis kotak Use Printer Paper Settings. Standard Sizes, pilih A3, dan Orientation pilih Landscape. Untuk lebih jelas, lihat gambar di bawah ini.

kotak dialog page print setup arcgis

Kalau sudah diatur seperti contoh di atas, klik tombol OK.

Catatan :

Saya mengunceklis kotak Use Printer Paper Settings, karena pada printer yang saya miliki (Canon iP 2700 Series) ukuran kertasnya tidak ada yang A3. Sementara pada Map Page Size, pilihan ukuran kertas lebih banyak. Ada A0, A1, A2, A3, dll. Jika anda akan menggunakan pengaturan kertas berdasarkan nama printer, kotak Use Printer Paper Settings tidak perlu di unceklis.

Untuk keperluan peta anda, ukuran kertas dan orientasinya silahkan menyesuaikan. Saya memilih A3 dan Orientasi Landscape hanya untuk contoh saja.

  1. Setelah dilakukan pengaturan kertas, layout peta tampak seperti gambar di bawah. Data Frame tampak lebih kecil dari ukuran kertas. Karena defaultnya Data Frame besarnya seukuran kertas nama printer yang aktif (di laptop saya Canon iP 2700 dengan kertas A4).

layout peta hasil pengaturan kertas arcgis

Karena Data Frame besarnya seukuran kertas A4, sedangkan ukuran kertas A3 maka saya akan melakukan penyesuaian besar Data Frame agar layout petanya menjadi bagus dan proporsional. Untuk caranya silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya.

  1. Klik Data Frame, kemudian klik kanan pilih Properties.

pengaturan layout data frame arcgis

Catatan :

Untuk memperbesar, memperkecil, maupun menggeser data frame bisa juga dengan cara melakukan drag menggunakan bantuan mouse.

  1. Pada kotak dialog Data Frame Properties yang muncul, lakukan beberapa pengaturan sebagai berikut.

a. klik tab Size and Position. Kemudian pada bagian Position X dan Y diisi 2 cm. Sedangkan pada bagian Size, width diisi 27 cm dan Height 26 cm. Supaya lebih jelas, lihat gambar di bawah ini.

pengaturan size position data frame arcgis

b. Klik tab Grids. Kemudian klik tombol New Grid. Pada kotak dialog Grids and Graticules Wizard, pilih opsi Measure Grid : divides map into a grid of map units. Selanjutnya klik tombol Next.

grids and graticules wizard arcgis

c. Pada kotak dialog Create a measure grid, pilih option Grid and labels. Untuk Intervals biarkan saja 5000. Kemudian klik tombol Next.

create measure grid arcgis

d. Pada kotak dialog Axes and labels, unceklis kotak Major division ticks dan kotak Minor division ticks.

Kemudian pada bagian Labeling, klik tombol Text style. Pada kotak dialog Symbol Selector, Size pilih 14. Kalau sudah klik tombol OK.

Selanjutnya klik tombol Next.

pengaturan axes and labels arcgis

e. Pada kotak dialog Create a measure grid, unceklis kotak Place a border between grid and axis labels dan kotak Place a border outside the grid. Kemudian klik tombol Finish.

pengaturan create measure grid arcgis

f. Kembali ke kotak dialog Data Frame Properties. Sekarang sudah muncul pada kotak list, Measure Grid hasil pengaturan. Selanjutnya bisa klik tombol OK.

measure grid arcgis hasil pengaturan

Catatan:

Jika anda mau membuat grid lagi, bisa klik tombol New Grid lagi. Jadi dalam satu data frame, bisa membuat lebih dari 1 grid. Beberapa layout peta ada yang menggunakan 2 grid, biasanya kombinasi antara Measure Grid dan Graticule.

  1. Grid dan label hasil pengaturan sudah tampil pada data frame seperti gambar di bawah. Untuk menghilangkan angka desimal pada label koordinat, caranya klik Data Frame. Kemudian klik kanan, pilih Properties.

label dan grid hasil pengaturan arcgis

  1. Pada kotak dialog Data Frame Properties, pilih tab Grids. Kemudian klik tombol Properties.
  1. Pada kotak dialog Reference System Properties, klik tab Labels. Kemudian klik tombol Additional Properties.

kotak dialog reference system properties arcgis

  1. Pada kotak dialog Grid Label Properties, klik tombol Number Format.
  1. Pada kotak dialog Number Format Properties, pilih option Number of significant digits. Kemudian klik tombol OK > klik tombol OK > klik tombol OK > klik tombol OK.

kotak dialog menghilangkan label desimal arcgis

  1. Hasil pembuatan grid beserta pengaturannya sampai dengan langkah ke-12 tampak seperti gambar berikut.

cara membuat grid di arcgis

Cara Membuat Layout Peta di ArcGIS (Judul, Legenda, Symbol Arah Utara, Skala)

Layout peta bentuknya bisa bermacam-macam. Tiap instansi, lembaga, perusahaan, atau siapapun yang memproduksi peta biasanya menggunakan layout peta yang berbeda-beda. Bahkan dalam satu lembaga-pun, bentuk layout peta bisa berbeda-beda tergantung jenis peta yang dibuat.

Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan salah satu bentuk layout peta yang bisa dibuat. Saya akan menggunakan tool-tool yang bisa digunakan di ArcGIS untuk membuat sebuah layout peta.

Harapannya anda bisa memahami tool-tool ini dan bagaimana cara memanfaatkannya untuk mendesain sebuah layout peta. Sehingga nanti anda bisa membuat berbagai layout peta sesuai kebutuhan.

Saya akan menggunakan hasil akhir dari pembuatan grid pada tutorial di atas. Adapun tahapan lanjutannya sebagai berikut.

  1. Tampilkan Toolbars Draw. Caranya klik menu Customize, kemudian pilih Draw. Untuk gambaran, lihat tampilan berikut.

cara memunculkan toolbars draw arcgis

Catatan : Kalau Toolbars Draw sudah tampil di layar ArcGIS anda, silahkan lewati langkah ini.

  1. Pada toolbars Draw, klik Rectangle. Kemudian buat kotak dengan ukuran bebas dan boleh diletakkan di bagian mana saja pada layout peta.

toolbars draw rectangle arcgis

  1. Klik kotak Rectangle yang baru dibuat. Kemudian klik kanan, pilih Properties. Pada kotak dialog Properties lakukan beberapa pengaturan sebagai berikut.

a. Pada tab Symbol, bagian Fill Color pilih No Color. Supaya lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

kotak dialog properties rectangle arcgis

b. Klik tab Size and Position. Kemudian pada bagian Position, X isi dengan 30 cm dan Y isi dengan 2 cm. Pada bagian Size, Widht isi dengan 10 cm dan Height isi dengan 26 cm. Hasil pengisian tampak seperti gambar berikut.

pengaturan size position rectangle arcgis

c. Kalau sudah diatur semua, klik tombol OK.

  1. Pada toolbars Draw, klik lagi Rectangle. Kemudian buat kotak dengan ukuran bebas dan boleh diletakkan di bagian mana saja pada layout peta.
  1. Klik kotak Rectangle yang baru dibuat. Kemudian klik kanan, pilih Properties. Pada kotak dialog Properties lakukan beberapa pengaturan sebagai berikut.

a. Pada tab Symbol, bagian Fill Color pilih No Color.

b. Klik tab Size and Position. Kemudian pada bagian Position, X isi dengan 1 cm dan Y isi dengan 1 cm. Pada bagian Size, Widht isi dengan 40 cm dan Height isi dengan 28 cm.

c. Kalau sudah diatur semua, klik tombol OK.

  1. Pada toolbars Draw, klik Line. Kemudian buat garis dengan ukuran bebas dan boleh diletakkan di bagian mana saja pada layout peta.
  1. Klik garis yang baru dibuat. Kemudian klik kanan, pilih Properties. Pada kotak dialog Properties klik tab Size and Position.

Selanjutnya pada bagian Position, X isi dengan 30 cm dan Y isi dengan 21.5 cm. Pada bagian Size, Widht isi dengan 10 cm dan Height isi dengan 0 cm. Kalau sudah diatur semua, klik tombol OK.

Hasil sementara pembuatan dan pengaturan layout peta tampak seperti gambar berikut.

cara membuat layout di arcgis

  1. Buat judul peta dengan cara klik menu Insert > Title. Buat judul, misalnya PETA KABUPATEN. Kemudian klik OK.

Geser judul peta menggunakan mouse ke kotak kosong bagian atas.

  1. Buat symbol arah utara dengan cara klik menu Insert > North Arrow. Pilih jenis arah utara sesuai kebutuhan. Untuk contoh saya memilih ESRI North 3. Kemudian klik OK.

Geser symbol arah utara menggunakan mouse ke posisi di bawah judul.

  1. Buat teks skala dengan cara klik menu Insert > Scale Text. Pilih jenis teks skala sesuai kebutuhan. Untuk contoh saya memilih Absolute Scale. Kemudian klik OK.

Geser teks skala menggunakan mouse ke posisi di bawah symbol arah utara.

Untuk merubah teks skala sesuai keinginan, caranya klik Data Frame, kemudian pilih skala pada Drop Down Map Scale. Untuk contoh saya memilih skala 1:100.000

cara merubah skala peta di arcgis

  1. Buat teks biasa dengan cara klik menu Insert > Text. Tulis Skala. Kemudian geser menggunakan mouse ke posisi sebelah kiri tulisan angka skala.
  1. Buat legenda dengan cara klik menu Insert > Legend. Pada kotak dialog Legend Wizard, masukkan semua layer, kemudian klik tombol Next.

Pada bagian Legend Title, tulis LEGENDA. Kemudian klik tombol Next > Next > Next. Kemudian Finish.

Geser legenda yang dihasilkan ke kotak kosong bagian bawah menggunakan mouse.

  1. Hasil pembuatan dan pengaturan layout sampai langkah ke-25 tampak seperti gambar di bawah ini.

cara membuat grid dan layout di arcgis

Tools Untuk Membantu Pembuatan Layout di ArcGIS

Ada beberapa tool atau alat bantu yang bisa digunakan untuk pembuatan layout dan tidak saya gunakan pada tutorial di atas. Tool-tool ini sangat penting diketahui kalau anda ingin membuat layout peta yang bagus dan menarik.

Oleh karena itu pada bagian ini saya akan menunjukkan tool-tool tersebut beserta fungsi dan cara menggunakannya.

  1. Dynamic Text

Fungsinya untuk menampilkan teks dinamis pada layout peta. Misalnya data Author, Document Path, Coordinate System, dll.

Cara menggunakannya, klik menu Insert > Dynamic Text. Kemudian pilih jenis dynamic text yang dikehendaki.

  1. Scale Bar

Fungsinya untuk menampilkan skala batang pada layout peta. Ada banyak variasi skala batang yang bisa dipilih tergantung selera dan kebutuhan pengguna.

Cara menggunakannya, klik menu Insert > Scale Bar.

  1. Picture

Fungsinya untuk memasukkan gambar atau logo pada layout peta. Jenis file gambar yang bisa dimasukkan adalah JPEG, GIF, TIFF, EMF, BMP, PNG, dan JP2.

Cara menggunakannya, klik menu Insert > Picture.

  1. Object

Fungsinya untuk memasukkan object atau data dari software lain, seperti AutoCAD Drawing, PDF Document, Microsoft Excel, dll.

Cara menggunakannya, klik menu Insert > Object.

Catatan : Kalau hanya ingin memasukkan datanya saja tanpa terkoneksi dengan Excelnya, gunakan tutorial yang ini Cara Memasukkan Data Excel ke ArcGIS

  1. Rulers

Fungsinya untuk menampilkan rulers atau alat seperti penggaris di bagian kiri dan atas layout view. Dengan adanya rulers ini, pengguna dengan mudah mengetahui panjang serta lebar ukuran kertas dan objek-objek lainnya pada layout peta.

Cara mengaktifkannya, klik kanan di bagian kosong layout view. Kemudian pilih Rulers > Rulers.

  1. Guides

Fungsinya untuk membuat garis panduan secara horisontal maupun vertikal disepanjang layout view. Jadi nanti kalau mau mensejajarkan objek-objek pada layout peta secara akurat, bisa menggunakan guides ini.

Cara mengaktifkannya, klik kanan di bagian kosong layout view. Kemudian pilih Guides > Guides. Setelah itu buat guides dengan cara melakukan klik satu kali disepanjang Rulers yang horisontal maupun vertikal. Guides bisa dibuat lebih dari satu.

  1. Grid

Fungsinya untuk menampilkan grid pada layout peta. Jadi nanti kalau mau menempatkan objek, pengguna akan terbantu sekali dengan adanya grid ini.

Cara mengaktifkannya, klik kanan di bagian kosong layout view. Kemudian pilih Grid > Grid.

Itulah 7 alat bantu tambahan yang bisa digunakan untuk mendesain layout yang menarik. Mohon maap saya tidak menjabarkan secara detail cara menggunakannya. Saya harap anda bisa mengexplore sendiri manfaat dan variasi penggunannya.

Untuk menambah referensi, silahkan pelajari juga tutorial ArcGIS yang Cara Memotong Peta di ArcGIS, Cara Menampilkan Label di ArcGIS dan Cara Membuat Poligon di ArcGIS.

Demikian tutorial cara membuat grid dan layout di ArcGIS yang bisa saya sampaikan. Semoga tutorialnya bisa anda ikuti dan semoga bermanfaat.

shares